Pemerintah Malaysia Siap Kirim Pasukan Ke Yerusalem, Jika Dibutuhkan

Bangkit.co.id – Pemerintah Malaysia Siap Kirim Pasukan Ke Yerusalem, Jika Dibutuhkan. Malaysia menyatakan siap kirim pasukan Militer menuju Yerusalem sebagai respon dari keputusan Trump yang mendeklarasikan sebagai Ibu Kota Israel, pendeklarasian ini diyakini memancing amarah dalam skala Internasional.

“Kami siap menjalankan perintah dari Panglima Angkatan Bersenjata jika kami dibutuhkan,” kata Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein saat berpidato pada Sabtu, 9 Desember 2017, seperti dikutip dari CNBC.

Sejak dahulu Negara Palestina juga Israel bersama mengklaim jika Yerusalem adalah Ibu Kota mereka, dan Malayasia menjadi salah satu yang mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Kemelut ini terjadi setelah Trump memberikan peryataan yang sekaligus mendeklarasikan Yerusalem sebagai Ibu kota Israel.

Dari pihak PBB sebenarnya telah menetapkan bahwa Yerusalem adalah Ibu kota Internasional, hal ini sangat berbeda dengan apa yang diputuskan Presiden Amerika tersebut.

“Awal pekan ini kami dikagetkan dengan berita mengkhawatirkan itu, yang akan mengganggu stabilitas geopolitik global,” ucap Hussein.

Mengutip Channel News Asia, Hussein mengatakan Malaysia harus disiagakan untuk menghadapi segala kemungkinan.

Baca: Menlu Lebanon Minta Arab Berikan Sanksi Pada AS Atas Yerusalem

“Sebagai Menteri Pertahanan, saya percaya diri bahwa kami akan melaksanakan perintah dari komandan tertinggi Angkatan Bersenjata Malaysia, Yang di-Pertuan Agong, Sultan Muhammad V,” ujar Hussein.

Menurut Hussein, pernyataan Amerika Serikat yang menjadikan Yerusalem ibu kota Israel menampar wajah seluruh umat Islam di dunia.