Lebih Fleksibel, Begini Cara Mudah Menggunakan Hashtag di Tiktok

Cara Mudah Menggunakan Hashtag di Tiktok yang sedang trens saat ini TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini. Salah satu alat paling berguna dalam aplikasi untuk pengguna dan pembuat adalah tagar. Di TikTok, hashtag digunakan oleh pengguna untuk mencari konten yang menarik bagi mereka. Tagar adalah bagian besar dari semua media sosial, tetapi TikTok tampaknya membuatnya lebih berguna.

Sebagian besar tagar TikTok digunakan untuk judul video. Namun, yang membedakan tagar TikTok dari situs media sosial lainnya adalah proses yang tersedia. Mencari topik di bawah, ada banyak cara untuk menggunakan hashtag di TikTok.

Bagaimana Tagar Bekerja di TikTok Sebelum kita masuk ke dalam kesenangan, penting untuk mengetahui apa itu hashtag dan bagaimana cara kerjanya di dunia media sosial. Sederhananya, hashtags adalah bentuk metadata yang dapat ditulis atau ditandai. Di era media sosial, hashtag menjadi penting.

Tagar digunakan, terutama di aplikasi seperti TikTok, Twitter, dan Instagram, untuk membuat konten tertentu dapat diakses oleh pengguna. Untuk informasi lebih lanjut, lihat deskripsi hashtag. Namun, tagar TikTok memiliki fitur tambahan dibandingkan dengan aplikasi lain. Inilah cara platform menggunakannya:

Cara Menggunakan Hashtag di TikTok

Ada empat cara utama Anda dapat menggunakan tagar TikTok: mencari konten, menambahkan ke favorit Anda, berbagi, dan menandai unggahan Anda.

1. Mencari Konten

Cara paling umum untuk menggunakan tagar adalah sebagai filter konten. Anda dapat mencari tagar untuk memunculkan konten yang menyertakan tag.

  1. Untuk menemukan tagar yang Anda inginkan di TikTok, Anda harus terlebih dahulu mengetuk bilah pencarian di bagian atas beranda.
  2. Atau, ketuk Tab Teman di bagian bawah layar (kami telah menjelaskan cara menggunakan tab Teman TikTok untuk panduan lebih lanjut) dan gunakan bidang pencarian di bagian atas aplikasi.
  3. Ketik topik yang Anda inginkan, misalnya #fyp. TikTok akan mencantumkan topik dan tagar, biasanya dari yang paling populer hingga yang paling tidak populer.

2. Menambahkan Tagar ke Favorit

Hal lain yang dapat dilakukan pengguna TikTok adalah favorit dan mengikuti tagar, sehingga mereka dapat menyimpannya untuk masa depan.

  1. Setelah Anda mengetikkan tag yang Anda cari, ada simbol bookmark di bawah tagar dan tombol Tambahkan ke Favorit .
  2. Cukup tambahkan hashtag ke favorit Anda, dan itu akan disimpan ke profil Anda.
  3. Untuk mengakses apa pun yang Anda simpan, seperti tagar, suara, atau efek, buka profil Anda dan di bawah bio Anda, ada ikon bookmark.
  4. Gulir ke Hashtags, dan di sana Anda akan menemukan apa pun yang telah Anda simpan.

TikTok kemungkinan menggunakan favorit Anda untuk menginformasikan konten lain apa yang disarankan kepada Anda. Jadi menyimpan hashtag dapat meningkatkan rekomendasi video Anda.

3. Berbagi Hashtag di Tiktok

TikTok juga memungkinkan Anda untuk membagikan tagar, baik itu hanya kepada teman Anda di aplikasi atau membagikan daftar konten tagar ke platform lain.

  1. Saat Anda berada di halaman hasil hashtag, akan ada panah di sudut kanan atas, tombol bagikan .
  2. Ketuk tombol bagikan dan pilih cara Anda ingin membagikan tag.
  3. Anda juga memiliki opsi untuk memilih kode QR , yang menghasilkan kode untuk tagar tersebut, sehingga proses berbagi menjadi lebih mudah.

4. Menandai Konten Anda Sendiri

Jika Anda membuat konten di TikTok dan ingin memperluasnya melampaui pengikut Anda, Anda dapat menambahkan tagar ke video Anda sendiri.

  1. Saat Anda memberi teks pada TikTok Anda, ada fitur Tagar di bawah kotak teks.
  2. Masukkan hashtag yang ingin Anda gunakan. TikTok juga menyarankan sejumlah tag terkait yang populer.
  3. Pilih hashtag atau hashtag yang ingin Anda gunakan berdasarkan isi video.

Tips Menggunakan Hashtag di TikTok

Setelah Anda berkenalan dengan berbagai cara menggunakan tagar di platform, Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin mencari konten, betapapun spesifiknya, kecil kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda cari.

Misalnya, jika Anda ingin mencari rekomendasi buku dari genre tertentu, hanya dengan mencari #bookrecommendation akan menghasilkan terlalu banyak hasil. Sementara mempersempit apa yang Anda cari, seperti buku misteri, Anda akan mencari #mysterybookrecommendation atau #mysterybookrec.