Meteran Listrik Prabayar Muncul Pesan Periksa

Biang Kerok Meteran Listrik Prabayar Muncul Pesan Periksa

Meteran Listrik Prabayar Muncul Pesan PeriksaBangkit.co.id – ada kemudahan ada juga kesulitan saat meteran listrik pulsa mati memang ada banyak kasus yang dialami pelanggan PLN setelah berpindah menggunakan sistem pulsa, terutama saat ada pesan PERIKSA walhasil listrik padam tanpa bisa berbuat apa-apa. Jalan satu-satunya untuk mengatasi adalah menghubungi PLN dengan menelepon ke 123.

Disaat Listrik rumah mati orang pasti akan befikir lebih mudah menggunakan sistem lama, tinggal mencari mana yang konslet dan memutus arus maka listrik sudah bisa nyala kembali dengan mengalahkan ruangan yang dirasa bermasalah dan baru memperbaiki keesokan harinya. Tetapi sekarang hal ini tak bisa dilakukan saat Meteran Listrik Prabayar muncul Pesan PERIKSA maka rumah akan langsung gelap gulita dan hanya bisa menunggu petugas datang untuk memasukan kode reset meteran listrik pulsa sampai akhirnya rumah kita nyala kembali.

Bicara tentang pesan PERIKSA yang muncul pada meteran Listrik Prabayar yuk kita koreksi sebenarnya apa sih biang kerok yang menyebabkan masalah ini terjadi.

Penyebab Meteran Listrik Prabayar Muncul Pesan Periksa

  1. Buruknya Kualitas kabel
    Ini adalah Salah satu penyebab yang membaut pesan PERIKSA muncul. Apabila kualitas kabel buruk atau dibawah standar maka meteran Listrik prabayar akan mudah muncul indikasi Periksa. Standarnya, kabel intalasi listrik primer adalah 1,5 mm, jika menggunakan kabel dengan ukuran di bawah itu bisa memunculkan error pada meteran listrik.
  2. Salah Pasang Ground
    Mungkin terlihat sepele, tetapi salah pasang Ground Listrik juga bisa membuat pesan error dengan tulisan Periksa muncul. Ada bagusnya pasang ground sebelum pemasangan meter KWh.
  3. Terdapat Kebocoran Listrik
    Bukan hanya kualitas kabel yang dibawah standar, apabila ada sambungan kabel yang longgar, atau mungkin terkelupas juga bisa menyebabkan pesan Error pada meteran listrik prabayar.
  4. Tegangan Listrik Tak Stabil
    Kondisi tegangan listrik yang naik turun serta adanya gangguan jaringan juga berpotensi menimbulkan error tulisan periksa di meteran listrik.
  5. Tombol Temper
    Pada meteran listrik Prabayar mempunyai tombol keamanan yang fungsinya untuk meproteksi meteran dari gangguan dari luar. Tombol ini akan berguna untuk mengamankan meteran dari orang yang mencoba membukanya. Ketika cover dibuka maka otomatis tombol temper akan menyala dan terjadi Error periksa.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Pesan Periksa

Seperti yang Bangkit sampaikan di awal, jika meteran listrik anda terjadi error dan muncul pesan periksa satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah menghubungi petugas PLN dengan menelephon ke 123, nanti akan ada petugas yang datang dengan membawa kode Reset Temper meteran Listrik.

Apabila semua petugas sedang sibuk biasanya petugas yang anda telp melalui 123 tadi biasanya akan memberikan kode reset temper meteran listrik kepada anda dan nantinya anda akan dibimbing untuk memasukkannya. Apabila kode reset tersebut telah dimasukkan dan indikator PERIKSA hilang itu berarti kesalahan terjadi hanya pada meteran saja dan tidak ada masalah pada instalasi listrik anda.

Sejauh ini admin bangkit juga sudah mengalami Meteran Listrik Prabayar Muncul Pesan Periksa ini sebanyak 2x semenjak berganti ke listrik pulsa, dan keduanya dapat diatasi dengan mereset meteran listrik tersebut, tentu saja kita panggil petugas karena sama sekali tidak paham dan takut jika berurusan denga Listrik.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *