Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Dan Anak

Khasiat / Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Dan Anak

Khasiat / Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Dan Anak, Ikan salmon merupakan salah satu jenis dari ikan laut. Ikan salmon ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pangan. Spesies ikan salmon masih sebangsa dengan ikan trout. Yang membedakan hanya pada migrasi hidupnya. Ikan salamon akan berpindah tempat, sedangkan ikan trout akan menetap ditempat.

Ikan salmon ini dapat ditemukan di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Keunikan dari ikan salmon lahir diperairan tawar, kemudian bermigrasi ke lautan. Pengolahan daging ikan salmon cukup mudah. Rata-rata masyarakat menjadikan sup ikan salmon dengan beberapa tambahan bahan lainnya. Citra rasa yang dihasilkan cukup nikmat, sehingga sangat menggugah selera makan.

Selain rasanya yang sangat nikmat, daging ikan salmon juga mengandung gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja kandungan gizi yang terdapat pada ikan salmon?. Sebelumnya kita tengok kembali artikel sebelumnya yaitu Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

Kandungan gizi ikan salmon :

– Energi yang terkandung pada ikan salmon sebesar 142 kkal
– Lemak yang terkandung pada ikan salmon sebesar 6,34 gr
– Protein yang terkandung pada ikan salmon sebesar 19,84 gr
– Kalsium yang terkandung pada ikan salmon sebesar 12 mg
– Zat besi yang terkandung pada ikan salmon sebesar 0,80 mg
– Seng yang terkandung pada ikan salmon sebesar 0,64 mg
– Sodium yang terkandung pada ikan salmon sebesar 44 mg
– Fosfor yang terkandung pada ikan salmon sebesar 200 mg
– Kalium yang terkandung pada ikan salmon sebesar 490 mg
– Magnesium yang terkandung pada ikan salmon sebesar 29 mg
– Vitamin A yang terkandung pada ikan salmon sebesar 40 IU

Selain itu, pada ikan salmon juga terdapat kandungan vitamin D, B6, dan Vitamin E. Semuanya tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yang terkenal pada ikan salmon adalah kandungan omega 3 nya. Dengan adanya gizi tersebut, maka sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Apa saja manfaatnya?

Berikut adalah ulasan singkat tentang manfaat ikan salmon, antara lain:
Meningkatkan Fungsi Otak
Manfaat yang pertama dari ikan salmon adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Kandungan omega 3 inilah yang akan menutrisikan otak. Sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer itu sendiri merupakan melemahnya sel syaraf dan dapat mengakibatkan penurunan daya ingat seseorang.

Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi ikan salmon ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin B6 pada ikan salmon. Selain itu, vitamin B6 ini juga mampu meningkatkan energi, menjaga kesehatan sistem syaraf dan otot tubuh.

Menurunkan Depresi
Manfaat yang ketiga dari ikan salmon adalah dapat digunakan sebagai penurun depresi. Depresi ini mungkin terjadi akibat beban pikiran yang terlalu berlebihan. Nah, untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi olahan ikan salmon. Kandungan omega 6 pada ikan salmon sangat ampuh dalam mengurangi depresi dan stres.

Menjaga Kesehatan Mata
Ikan salmon juga dipercaya untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A pada ikan salmon. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari beberapa macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan mata.

Menurunkan Resiko Diabetes
Manfaat selanjutnya dari ikan salmon ini dapat menurunkan resiko diabetes type 2. Diabetes ini terjadi akibat kenaikan kadar gula darah sehingga insulin tidak mampu untuk mengontrolnya lagi. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan salmon dapat membantu insulin dalam mengontrol kadar glukosa darah.

Mencegah Inflamasi
Inflamasi atau yang disebut dengan peradangan ini dapat menyerang siapa saja. Pada umumnya peradangan dapat terjadi dibagian persendian ataupun ruas-ruas tulang. Hal ini dapat menyebabkan tubuh terasa sakit ketika digerakkan. Kandungan gizi pada ikan salmon ternyata dapat mencegah terjadinya inflamasi.

Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E yang terkandung dalam ikan salmon ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat ini dapat terlihat jelas. Dengan asupan vitamin E yang cukup, Anda dapat terhindar dari masalah kulit seperti keriput ataupun kulit kering.

Itulah beberapa manfaat utama yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi ikan salmon. Mungkin masih adalah manfaat lainnya yang belum tercantumkan disini. Jadi, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mengkonsumsi ikan salmon. Harga daging ikan salmon ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan ikan lainnya. Akan tetapi, kandungan gizinya jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh. Demikianlah artikel tentang manfaat ikan salmon.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *