Sayuran untuk penderita asam urat

6 Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Yang Aman Dikonsumsi

Sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi cukup banyak macamnya, walaupun sebagian sayuran ada kandungan asam uratnya. Seandainya bila Anda atau salah satu anggota keluarga saat ini ada yang terkena gejala asam urat tinggi, pastinya segala upaya akan dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tindakan tersebut perlu dilakukan agar tidak menimbulkan keadaan yang lebih parah. Nah, yang menjadi pertanyaan upaya apa yang harus dilakukan supaya kadar asam urat didalam tubuh mempunyai frekuensi yang stabil dan normal?

Pada prinsipnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memelihara kestabilan kadar asam urat di dalam tubuh supaya senantiasa normal. Namun kadang kita sering merasa malas dan ragu untuk melakukannya atau mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk mempersingkat waktu, dibawah ini adalah beberapa jenis sayuran yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol. Apa saja itu? Yuk, kita simak selengkapnya berikut ini :

Daftar Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

  1. Daun Salam

Sayur untuk pasien asam urat yang pertama yaitu daun salam. Daun salam selain terkenal untuk menyedapkan masakan, ternyata mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Daun salam dapat memproduksi minyak essential yang berkhasiat untuk mengatasi bermacam masalah kesehatan, seperti asam urat dan kolesterol. Caranya yaitu, siapkan 10 lembar daun salam, kemudian rebus memakai 10 gelas air sampai tersisa 7 gelas. Setelah airnya dingin minumlah secara rutin sehari 1 kali.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau untuk penderita asam urat serta banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini karena brokoli kaya akan sulfur, serat, asam amino, serta vitamin C yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat. Caranya yaitu,  dengan dikukus atau dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah.

  1. Seledri

Jenis sayuran untuk penderita asam urat selanjutnya yaitu seledri. Pada umumnya daun seledri merupakan bahan penyedap makanan, seperti pasta, sup, salad, dan sebagainya. Disamping sebagai penyedap masakan, daun seledri ternyata mampu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam darah. Cara membuatnya yaitu, rebuslah daun seledri didalam 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, jadikanlah ramuan ini sebagai minuman sehat minimal  1 kali dalam sehari.

  1. Tomat

Tomat mempunyai zat likopen yang berfungsi sebagai antioksidan di tubuh kita. likopen ini adalah senyawa yang membentuk warna tomat menjadi merah. Disamping itu, tomat juga tinggi kandungan kalium dan vitamin B6 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat di tubuh kita. Cara yaitu, dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

  1. Sawi putih

Sayur sawi untuk penderita asam urat seperti sawi putih. Sawi putih ternyata berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan asam urat di tubuh kita. Kandungan vitamin E dan C, serta betakaroten yang terkandung di sayuran ini mampu  mencegah terjangkitnya oksidasi kolesterol jahat. Dengan rutin mengonsumsi sawi putih, anda akan imun terhadap penyakit kardiovaskular. Disamping itu, zat fitonutrient yang terdapat di sawi putih dapat menurunkan kadar asam urat, dengan mengeluarkan asam urat dari tubuh lewat air kencing.

  1. Serai

Serai disamping untuk penyedap masakan, juga mempunyai khasiat untuk kesehatan. Banyak penelitian mengungkapkan jika serai mempunyai sifat anti-hiperkolesterolemia dan anti-hiperlipidemia. Hal ini berarti bila serai adalah tumbuhan herbal yang dapat membantu terciptanya kadar kolesterol yang sehat. Proses ini dilakukannya dengan cara memelihara kesehatan trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sayuran untuk penderita asam urat yang mesti anda ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi jenis sayuran lainnya, seperti jagung, bayam, sawi hijau dan sebagainya.  Pada prinsipnya melakukan pola hidup sehat secara benar dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit seperti, asam urat, kolestrol dan penyakit lain pada umumnya. Salam sehat, semoga bermanfaat!

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *