Kenali Ciri – Ciri Gejala Stroke Sejak Dini

Kenali Ciri – Ciri Gejala Stroke Sejak Dini

Kenali Ciri – Ciri Gejala Stroke Sejak Dini, Banyak orang yang  mengalami masalah kesehatan saat ini salah satunya yang seringkali terdengar adalah penyakit stroke. Hal ini tentunya sudah banyak yang mengetahui dan sering mendengar penyakit stroke. Stroke sendiri merupakan suatu kondisi yang terjadi pada tubuh ketika distriusi darah ke bagian tertentu yang ada pada otak menjadi tiba – tiba terganggu. Di dalam jaringan otak, jika aliran darah menjadi berkurang, hal ini dapat menyebabkan terjadinya reaksi biokimia yang dapat merusak bahkan dapat mematikan sel – sel saraf yang ada pada otak. Sehingga hal ini dapat menyebabkan jaringan otak menjadi kehilangan fungsinya.

Kenali Ciri – Ciri Gejala Stroke Sejak Dini

Berikut ini beberapa informasi mengenai gejala stroke yang perlu diwaspadai sejak dini.

Gangguan penglihatan

Jika seseorang yang terkena stroke dapat mengakibatkan penglihatan menjadi kabur, bahkan salah satu penglihatan bisa kehilangan fungsinya. Selain itu, gejala stroke yang lebih terlihat adalah melemahnya otot pada bagian wajah, bagian lengan dan terjadinya gangguan ketika berbicara yang biasanya terlihat pada seseorang yang terkena stroke.

Susah berbicara

Jika seseorang terkena stroke, kemampuan untuk memahami perkataan orang lain dan kemampuan dalam mengekspresikan diri melalui kata – kata menjadi menurun. Tes sederhana dengan cara menyuruh untuk mengucapkan beberapa kalimat biasanya dilakukan oleh dokter untuk mengetahui seberapa besar orang tersebut terkena stroke.

Bagian lengan dan kaki lunglai

Jika seseorang terkena stroke, salah satu lengan atau kaki menjadi lunglai atau bhakan keduanya mendadak lunglai, lumpuh dan bahkan mati rasa. Tidak hanya itu saja, pada sisi otak yang terkena stroke berkebalikan dengan sisi tubuh yang menjadi lumpuh.

Kehilangan keseimbangan

Jika seseorang merasa mual dan susah untuk berjalan, hal ini bisa saja menjadi salah satu gejala stroke. Pada umumnya pasien merasa bingung, pasalnya mereka tidak dapat membedakan antara gejala stroke dengan gejala penyakit lainnya.

Nyeri

Walaupun gejala nyeri tidak hanya merupakan suatu gejala umum penyakit stroke, namun jika yang dirasakan nyeri secara mendadak pada salah satu bagian lengan, kaki, sebagian dada, dan bahkan sebagian wajah hal ini jangan dianggap sepele. Ada baiknya untuk segera melakukan konsultasikan dan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Sakit kepala akut

Jika terkena sakit kepala akut, sebaiknya segera mewaspadai gejala ini. apalgi sakit kepala tersebut merupakan sakit kepala yang sangat menyiksa, hal ini bisa saja merupakan salah satu gejala stroke.

Wajah murung

Gejala stroke juga bisa saja menyebabkan otot wajah menjadi lemah secara mendadak pada salah satu sisi.

Kelelahan

Terjadinya perubahan kondisi mental, khususnya pada wanita merupakan salah satu gejala stroke yang terjadi pada penderita.

Itulah beberapa gejala stroke yang perlu diwaspadai sejak dini. Semoga bermanfaat.

COMMENTS