Menunggu Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 2020 Jadwal 22 Mei

Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 2020, Bangkit.co.id – Penentuan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi akan diumumkan setelah sidang isbat selesai dilaksanakan, menurut jadwal yang beredar sidang akan digelar pada tanggal 22 Mei 2020. Sambil menunggu hasil sidang isbat kita bisa mempersiapkan untuk membayar zakat fitrah ditempat terdekat.

Meskipun saat ini kita sedang berada pada masa pandemi karena virus corona tetapi Sidang Isbat 1 Syawal 2020 akan tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Berdasarkan informasi yang kita peroleh sidang Isbat besok akan dipimpin langsung oleh Mentri Agama Fachrul Razi.

Dikutip dari suara.com “Agus mengatakan tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Maghrib,sidang Isbat dibuka Menag Fachrul dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.”

Bagaimana Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 2020 ?, yap bersama kita tunggu apakah malam ini kita sholat tarawih lagi atau menggemakan takbir, pastinya jangan takbir keliling ya sob mengingat ada bahaya covid-19 yang seakan mengancam keselamatan kita semua.

Fakta Menarik Sidang Ssbat 1 Syawal 1441 H

1. Sidang isbat 1 Syawal 1441 H digelar sebagian online

Sidang isbat yang menentukan Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020 digelar sebagian online. Undangan menghadiri sidang hanya untuk Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan Komisi VIII DPR RI.

Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam bisa mengikuti sidang isbat melalui aplikasi online. Aturan ini untuk meminimalkan kontak fisik dan menurunkan risiko penularan COVID-19, sambil tetap memenuhi kepentingan umat.

2. Sidang isbat 1 Syawal 1441 H memanfaatkan medsos

Pembatasan kehadiran fisik juga diterapkan pada aturan peliputan sidang isbat. Kemenag akan bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat bisa berkoordinasi dengan TVRI.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” kata Agus. Media sosial Kemenag adalah KementerianAgamaRI di facebook, kemenag_ri di Instagram, @Kemenag_RI di Twitter, dan Kemenag RI di YouTube.

3. Sidang Isbat 1 Syawal 1441 H diawali paparan posisi hilal

Proses sidang isbat dilakukan seperti Ramadhan tahun sebelumnya. Sesi pertama pada pukul 17.00 WIB adalah pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H dari tim Falakiyah Kemenag. Selanjutnya sidang dibuka Menteri Agama RI.

Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 2020 akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” kata Agus.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *