Boleh Ditiru, Begini Cara Membantu Anak Supaya Cerdas

Cara Membantu Anak Supaya CerdasBangkit.co.id– mempunyai anak yang cerdas adalah impian semua orang tua, tetapi kecerdasan itu tak bisa datang begitu saja tanpa faktor pendukung yang harus dilakukan, peran orang tua bukan hanya membiayai segala keperluan tetapi juga harus membantu supaya anak menjadi cerdas, ini sebagian dari rasa syukur karena hadirnya anak dalam sebuah hubungan keluarga merupakan suatu hal yang paling ditunggu-tunggu dan menjadi kesempurnaan dalam berumah tangga, kehadiran buah hati akan mampu melengkapi kekosongan sebuah harta yang tak dapat dibeli dengan rupiah juga tak tergantikan dengan apa pun.

Cara agar anak menjadi cerdas bisa dibantu oleh orang tua sebagai pendukung, selain menyekolahkan. Mengutip keterangan dari dokter spesialis tumbuh kembang anak yaitu Prof Soedjatmiko ada 3 hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak supaya cerdas juga aktif dalam keseharian.

Cara Membantu Anak Supaya Cerdas

1. Orang tua wajib memperhatikan kebutuhan nutrisi anak.

2. Stimulasi anak harus bermaon supaya otak bisa bekerja dengan baik, ditambah dengan imunisasi sebagai perlindungan dari penyakit.

3. Untuk anak yang masih berusia dibawah 6 bulan cukup diberikan ASI tanpa makanan pendukung, sumber protein dan lemak menyusul diberikan setelah usianya 6 bulan ke atas atau biasa disebut MPASI.

4. Selain memperhatikan nutrisi untuk perkembangan si anak, untuk membantunya supaya cerdas bisa memberikan perangsang otak, perhatian, dan permainan yang disukai.

5. Mengajak bayi bicara selain mempererat ikatan orang tua dan Si Kecil, juga berfungsi untuk melatih kemampuan verbalnya dan kemampuan mengekspresikan emosi.

6. Mengajak anak jalan-jalan, faktanya bukan cuma orang tua yang merasa jenuh balita pun merasakan hal serupa.

7. Buatlah anak anda sering tertawa untuk membentuk sense of humor yang secara otomatis terbentuk ketika anak tertawa lebar.

8. Bernyanyi saat memandikan bayi, hasil riset mengatakan mendengar lagu atau sejenisnya bisa membantu anak lebih mudah belajar matematika

9. Disaat sedang menyusui bayi tiba-tiba terdengar suara cicak. Anda berpura-pura kaget trus katakan, “Oh, cuma cicak kok,” lalu tertawalah. Bayi Anda akan belajar tentang cara bercanda dan itu akan membuatnya disukai banyak teman saat dewasa.

Untuk membantu anak supaya cerdas tidak harus mengikuti les. Orang Tua dapat mendukung perkembangan otak Orang Tua bahkan saat masih dalam kandungan. Ingatlah untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi. Hal-hal seperti menyusui, undangan untuk bermain, membaca buku cerita dan undangan untuk berbicara terkadang tidak terpikirkan sebelumnya. Namun, kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangan otak dan membantu mendidik anak-anak.

Jika masalah pertumbuhan anak Orang Tua membuat Orang Tua khawatir atau jika ada masalah belajar yang menyulitkan untuk menunjukkan potensi Orang Tua, Orang Tua dapat meminta anak Orang Tua mengunjungi dokter atau psikolog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *