Mengetahui Faktor Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Gagal Ginjal

Mengetahui Faktor Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab gagal ginjal adalah salah satu penyebab yang menunjukan suatu keadaan dimana ginjal tidak berfungsi secara optimal. Situasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau dipicu oleh penyakit tertentu. Secara fungsional ginjal adalah satu organ yang bekerja dalam proses penyaringan limbah serta zat berbahaya di dalam darah. Karena setiap hari tubuh kita pasti banyak kemasukan zat berbahaya yang bersumber dari makanan, minuman dan obat-obatan. Sehingga ginjal mempunyai tugas yang berat karena bertugas menjaga tubuh tetap sehat.

Gagal ginjal awalnya dapat diakibatkan oleh penyakit ginjal yang kronis. Penyakit ini dalam prosesnya memiliki tahap yang lumayan lama dengan menggerogoti fungsi ginjal. Tanda ginjal kronis akan divonis sebagai gagal ginjal saat ginjal hanya dapat berfungsi sebesar 16% saja. Gagal ginjal ini bisa membuat tubuh tidak dapat lagi menyaring bermacam zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita.

Singkat kata ketika ginjal sudah rusak maka tidak akan bisa lagi menjalankan fungsinya secara baik. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab gagal ginjal dan gejalanya :

Baca Juga: 10 Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal Yang Sangat Penting Untuk Anda Ketahui

Penyebab Gagal Ginjal Secara Umum

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah situasi dimana tubuh tidak mempunyai jumlah cairan yang tercukupi, sehingga mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Ada beberapa tingkatan dehidrasi mulai dari tingkat ringan, berat sampai ke tahap yang parah. Dehidrasi bergantung terhadap berat badan dan kadar cairan yang terbuang dari tubuh. Tanda awal dehidrasi yaitu saat tubuh terus merasa haus dan warna urin memiliki warna yang keruh. Disamping itu, dehidrasi juga dapat ditandai oleh sakit kepala tiba-tiba, lelah, mulut dan bibir lebih kering, serta kadar urin yang sangat sedikit. Dehidrasi yang parah merupakan faktor utama penyebab gagal ginjal karena tidak adanya cairan yang dapat diserap oleh ginjal, sehingga apabila sudah kronis dapat berujung pada gagal ginjal.

  1. Diabetes

Saat tubuh mempunyai jumlah gula yang sangat tinggi atau dikenal  dengan diabetes, maka ginjal kita pekerjaannya akan sangat berat. Ginjal akan menyerap darah dengan kadar yang tinggi sehingga mengakibatkan pembuluh darah yang tugasnya sebagai penyaring darah bekerja terlalu banyak. Selanjutnya seiring berjalannya waktu ginjal tidak akan mampu menyaring bermacam limbah dari darah hingga mengakibatkan kebocoran. Ketika ginjal kehilangan fungsinya ditandai dengan penemuan protein tinggi didalam urin. Ginjal tidak dapat bekerja lagi dan terjadilah gagal ginjal.

  1. Hipertensi

Keadaan seseorang yang hipertensi menjadikan pembuluh darah bekerja sangat keras karena arus darah terlalu kuat. Situasi ini bisa mengakibatkan pembuluh darah menjadi rusak termasuk juga pembuluh darah yang ada di area ginjal. Arteri besar serta pembuluh darah kecil yang mengalir ke ginjal bisa menjadi rusak, lalu secara bertahap ginjal akan mengalami penurunan fungsi dan mengakibatkan banyak cairan limbah yang berkumpul di ginjal.

  1. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik bisa mengakibatkan kerusakan fungsi ginjal karena terlalu banyak zat beracun yang perlu disaring oleh ginjal. Penyakit ini secara bertahap akan mengakibatkan ginjal tidak berfungsi, dan dalam kondisi terparah akan menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ini umumnya diderita oleh orang yang usianya sekitar 55 tahun ke atas.

  1. Glomerulonefritis

Penyakit ini menyebabkan peradangan pada bagian penyaringan di ginjal yang menyerang bagian nefron. Peradangan ini menyebabkan banyak kotoran dari sisa metabolisme yang seharusnya keluar tapi hanya menumpuk di bagian ginjal. Penyakit ini bisa menjadi faktor penyebab gagal ginjal dalam waktu yang sangat cepat.

  1. Refluks Nefropati

Penyakit ini biasanya dipicu oleh semua zat yang sudah melewati sistem saringan ginjal dan keluar melewati urin dan masuk lagi ke area ginjal. Penyebab hal ini karena terdapat masalah di kantung kemih yang tak bisa memeras sehingga katup yang normalnya menuju ureter tidak dapat berfungsi. Secara bertahap penyakit ini kedepannya akan mengakibatkan gagal ginjal.

  1. Konsumsi Obat Berlebihan

Obat-obatan penyebab gagal ginjal secara spesifik akan kelihatan dampaknya jika dilakukan secara berlebihan. Keseringan meminum bermacam jenis obat-obatan yang didalamnya terkandung bahan lithium dan siklosporin bisa menjadi pemicu penyakit gagal ginjal. Hal ini karena ginjal bekerja sangat berat untuk menyaring berbagai jenis limbah yang berasal dari sisa obat di tubuh. Dalam kondisi terparah dari keseringan minum obat secara berlebih akan mengakibatkan gagal ginjal permanen.

Demikianlah ulasan singkat tentang penyebab gagal ginjal yang perlu anda ketahui. Pada prinsipnya pola hidup sehat untuk menghindari penyebab gagal ginjal merupakan langkah yang sangat penting guna mencegah gagal ginjal. Semoga bermanfaat!

COMMENTS

WORDPRESS: 0