10 Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal Yang Sangat Penting Untuk Anda Ketahui

10 Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal Yang Sangat Penting Untuk Anda Ketahui

Ciri ciri penyakit batu ginjal wajib diketahui oleh masyarakat luas supaya mereka mengetahui bila ada penyakit ginjal di dalam tubuhnya. Mendeteksi apa ciri ciri penyakit batu ginjal dapat memudahkan penanggulangannya dibanding mengobati ginjal saat sudah kronis. Sangat disayangkan banyak orang yang baru mengetahui bahwa dirinya terserang ginjal saat sudah pada tahapan kronis. Ketika sudah kronis, penyakit ini akan sangat susah disembuhkan.

Pengidap ginjal di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat membuat seseorang mudah terkena ginjal. Ginjal kronis dapat mengakibatkan gagal ginjal, sedangkan gagal ginjal pengobatannya harus seumur hidup. Maka dari itu pencegahan lebih efektif daripada pengobatan gagal ginjal. Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang terkena penyakit batu ginjal yang harus anda waspadai :

 

Ciri Ciri Orang Yang Menderita Penyakit Batu Ginjal

  1. Pucat

Ciri ciri kena penyakit batu ginjal yang pertama adalah pucat. Apabila sel darah merah yang dihasilkan oleh tubuh sedikit dapat menyebabkan kulit tubuh menjadi pucat. Coba lihatlah telapak tangan anda, apakah warnanya pucat atau kemerahan. Bila telapak tangan anda pucat kemungkinan anda terkena anemia.

  1. Cepat Lelah

Kurangnya oksigen dan sel darah merah didalam tubuh dapat membuat pengidap ginjal gampang lelah. Hal ini karena oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses memecah makanan menjadi energi. Bila oksigen yang berada di tubuh tidak mencukupi hasilnya adalah makanan yang diurai menjadi energi akan sedikit. Kurangnya energi di tubuh dapat mengakibatkan pengidap ginjal menjadi cepat lelah dan lemas.

  1. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Seseorang yang mengidap batu ginjal akan merasa sakit saat buang air kecil, hal ini karena ketika saluran kemih  dipakai berkemih, batu ginjal akan menekan saluran kemih, sehingga anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

  1. Urin Berwarna Keruh

Tanda lain orang terkena batu ginjal yaitu mempunyai urin yang warnanya keruh. Virus dan bakteri yang masuk ke tubuh seseorang dapat menginfeksi ginjal sehingga fungsinya sebagai penyaring urin tidak dapat dilakukan. Urin yang dapat disaring ginjal, saat keluar akan berwarna bening sedangkan ketika ginjal tidak dapat menyaring urin maka urin akan berwarna keruh.

  1. Mual

Ciri ciri gejala penyakit batu ginjal selanjutnya yaitu penderita akan merasakan mual, hal ini karena adanya penumpukan cairan di perut. Ketika perut penuh oleh cairan, lambung dapat tertekan dan mengakibatkan rasa mual.

  1. Tubuh Bengkak

Menumpuknya sisa cairan metabolisme yang tak dapat dikeluarkan, dapat mengakibatkan pengidap ginjal mengalami bengkak. Tubuh pengidap ginjal akan nampak menggembung karena menumpuknya cairan ini. Tubuh yang pada umumnya bengkak yaitu tangan kaki, dan juga perut.

  1. Susah Buang Air Kecil

Ciri ciri punya penyakit batu ginjal akan merasa susah saat buang air kecil. Batu ginjal yang telah membesar dapat menghambat saluran kecing dan membuat anda susah saat berkemih. Batu ginjal ini dapat juga menyerang ibu hamil. Ibu hamil yang normalnya sering kecing, ketika umur kehamilannya sudah besar justru akan merasa sulit saat buang air kecil.

  1. Perut Kembung

Pengidap ginjal yang mempunyai  cairan yang menumpuk di dalam tubuhnya dapat mengakibatkan perut kembung setiap hari. Sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Pengidap ginjal akan mempunyai nafsu makan yang sedikit, hal ini karena rasa tidak nyaman di perut dan juga di bagian tubuh lainnya. Pengidap ginjal akan tidak nyaman saat perutnya terisi oleh makanan. Bila sudah begini, berat badannya secara drastis akan menurun. Pengidap ginjal akan kurus dalam waktu yang tidak lama.

  1. Air Kencing Berbusa

Anda perlu mencurigai bila ada busa di air kencing anda. Mungkin saja anda terserang radang ginjal. Hal ini karena nefron ginjal yang rusak, sehingga mengakibatkan air kencing anda menjadi berbusa.

Demikianlah ciri ciri penyakit batu ginjal yang perlu anda ketahui, sehingga diharapkan anda dapat mendeteksi dini gejala batu ginjal ini dan dapat segera dilakukan penanganan yang intensif. Semoga bermanfaat!

COMMENTS