8 Jenis Makanan Penurun Asam Urat Alami

8 Jenis Makanan Penurun Asam Urat Alami Yang Jarang Orang Ketahui

Bangkit.co.id – Makanan penurun asam urat yang akan kami ulas pada kesempatan ini, diharapkan dapat menjadi referensi buat anda yang sedang mengalami asam urat tinggi saat ini. Asam urat tinggi memiliki hubungan erat dengan proses membentuknya kristal di dalam ginjal, dengan demikian fungsi ginjal tidak menjadi optimal. Singkat kata asam urat dalam jumlah yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit komplikasi.

Pada prinsipnya untuk menanggulangi kadar asam urat di dalam tubuh yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Langsung saja, untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa obat penurun asam urat secara alami yang dapat membantu tubuh mengendalikan kadar asam urat, antara lain sebagai berikut.

 

Makanan Penurun Asam Urat Secara Alami

  1. Sayuran

Ada berbagai jenis sayuran yang dapat membantu tubuh menurunkan jumlah asam di tubuh kita. Contohnya seperti sayuran hijau, selain baik untuk asam urat juga dipercaya dapat membantu menurunkan jumlah gula darah serta melangsingkan tubuh. Hasilnya yaitu jumlah asam dan kolesterol akan menurun, sayuran hijau sangat baik karena didalamnya terkandung kalori yang rendah serta kaya akan serat. Sayuran untuk penurun asam urat contohnya seledri.

  1. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami merupakan jenis minyak yang sangat bagus untuk menetralkan kadar asam urat dan kolesterol. Minyak biji rami didalamnya terkandung 55 % asam lemak omega 3 dan 45 % serat. Disamping itu minyak ini juga mengandung kalium yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan jantung dan darah. Minyak biji rami ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti minyak yang umumnya kita dapatkan  dari jenis kacang, dan biji-bijian. Kedua jenis makanan ini bila anda terkena asam urat sangat dilarang karena memiliki purin yang tinggi.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Segala jenis makanan yang berserat tinggi bisa anda jadikan sebagai resep makanan penurun asam urat. Serat bisa membantu proses penyerapan dan pencernaan zat makanan di tubuh kita. Disamping itu serat juga bermanfaat untuk menyerap kadar asam urat di darah di keluarkan melalui saluran urin. Serat juga dapat menjaga proses metabolisme di tubuh yang berguna juga untuk mengurangi resiko kolesterol. Contohnya : seledri, sawi, brokoli, oats, wortel, kale, tomat, serta kubis.

  1. Pisang

Buah pisang ternyata merupakan buah penurun asam urat tinggi yang dipercaya mampu menurunkan jumlah kadar asam urat di tubuh. Pisang didalamnya terkandung kadar gula yang rendah, serta sumber kalium yang dapat menetralkan kadar asam urat. Kalium ini dalam prosesnya akan membantu mencairkan asam di tubuh dan mengeluarkannya lewat urin. Selain itu kalori yang terkandungan di dalam  pisang mempunyai efek relaksasi yang lama sehingga dapat menurunkan berat badan serta menurunkan kolesterol.

  1. Susu Rendah Lemak

Semua jenis susu rendah lemak dipercaya mampu mengatasi kadar kolesterol dan asam urat tinggi. Susu ini merupakan sumber tenaga atau protein yang bagus buat tubuh, karen mempunyai kadar purin yang rendah, sehingga aman untuk penderita asam urat. Susu ini bisa anda jadikan sebagai pengganti makanan jenis daging sapi, kambing, dan unggas.

  1. Alpukat

Alpukat didalamnya terkandung kadar gula yang rendah serta dapat memberikan efek basa yang mampu melawan kadar asam di tubuh. Selain itu buah ini juga sangat sehat bagi tubuh karena memiliki lemak tidak jenuh tunggal yang berkhasiat membasmi kolesterol jahat dalam tubuh. alpukat akan membersihkan kolesterol jahat dan diganti oleh kolesterol sehat. Alpukat juga bermanfaat menurunkan berat badan, karena berat badan juga erat hubungannya dengan resiko asam urat yang tinggi. Agar lebih maksimal dianjurkan mengkonsumsi alpukat dalam campuran salad buah dan sayur.

  1. Air dan Teh Hijau

Air dan teh hijau sangat baik untuk menetralkan asam urat di tubuh. Air ini membantu tubuh untuk mengalirkan zat asam urat lewat saluran urin. Sedangkan teh hijau berperan untuk mengeluarkan semua kotoran dan limbah didalam tubuh yang dapat memicu asam urat. Selain itu teh hijau juga mampu menurunkan kadar LDL dengan zat antioksidannya. Minumlah minimal 2 cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu tubuh agar lebih sehat setiap saat.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mempunyai asam urat tinggi. Hal ini karena di dalamnya terkandung  purin yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi, asalkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu ikan salmon juga mampu memperkecil resiko komplikasi penyakit yang umumnya kerap menimpa para pengidap kolesterol tinggi seperti stroke dan jantung. Salmon juga dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap bermacam penyakit radang.

Demikianlah artikel singkat tentang makanan penurun asam urat yang perlu anda ketahui. Dengan memanfaatkam obat alami diatas diharapkan dapat mengatasi asam urat yang anda derita, dan yang terpenting obat-obatan diatas aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

One Comment

  1. Hati-hati dengan penyakit asam urat. Siapa saja orang yang berisiko atau mudah kena sakit asam urat?

    Ya, mereka adalah orang yang sangat suka mengonsumsi jeroan, hidangan laut, daging merah, suka mengonsumsi minuman beralkohol, dsb.

    Selain itu, Anda yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik. Mereka juga rawan atau mudah terkena sakit asam urat.

    Bagaimana cara mencegahnya? Kurangi konsumsi makanan penyebab asam urat seperti disebutkan di atas. Boleh makan tetapi jangan berlebihan.

    Ada baiknya Anda juga sering mengonsumsi buah dan makanan lain seperti disebutkan dalam artikel di atas. Jangan menunggu waktu sampai sakit. Mulai sekarang hindari makanan dan cara hidup yang mudah kena asam urat.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *