8 Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Yang Harus Dihindari

8 Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Yang Harus Dihindari

Pantangan asam urat perlu anda waspadai untuk meminimalisir terserangnya bahaya penyakit ini. Mungkin banyak yang bertanya jenis makanan apa saja yang harus dihindari. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius karena angka penderita penyakit asam urat ini cukup tinggi di Indonesia. Asam urat adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kandungan asam urat di dalam darah dalam jumlah yang tinggi. Walaupun tidak menyebabkan kematian, tetapi bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa sampai menimbulkan cacat.

Penyebab penyakit ini bervariasi tergantung situasi dan kondisi seseorang. Akan tetapi faktor pemicu yang kerap menjadi penyebabnya adalah faktor keturunan atau genetik, hal ini merupakan kelainan jumlah pembuangan asam urat lewat urin sangat sedikit dibanding kondisi normal seseorang, sehingga kadar asam urat didalam darah menjadi menumpuk. Keadaan ini bila didiamkan bisa memicu munculnya rasa nyeri di area persendian.

Pada dasarnya, untuk menanggulangi penyakit asam urat yaitu dengan menghindari pantangan asam urat alami, dengan cara tidak mengonsumsi makanan yang didalamnya terkandung asam urat yang tinggi. Disamping itu, dianjurkan untuk penderita asam urat agar tidsk mengkonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi protein dalam jumlah banyak dan mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Selain itu sangat dianjurkan untuk meminum air putih paling tidak 2.5 liter setiap hari.

Pantangan Makanan Bagi Gejala Asam Urat

Dibawah ini merupakan artikel pantangan asam urat yang sebisa mungkin harus di hindari karena didalamnya terkandung asam urat yang sangat tinggi :

  1. Ekstrak Daging

Menu pantangan asam urat yang pertama yaitu ekstrak daging. Ekstrak daging yaitu sejenis bubuk yang umumnya menjadi bahan dasar pembuatan kaldu yang dicampur air. Walaupun tidak populer, sebuah penelitian kedokteran mengungkapkan jiks ekstrak daging memiliki kandungan asam urat yang cukup tinggi. Oleh karena itu makanan ini harus dihindari bila tidak ingin terkena asam urat.

  1. Jeroan Hewan

Jeroan yang dimaksud disini seperti otak, usus, babat, hati, paru-paru serta organ hewan lainnya. Kandungan asam urat yang ada didalam makanan ini sangat tinggi karena sel penyusun organ jeroan ini penyumbang jumlah asam urat yang sangat banyak.

  1. Minuman Beralkohol

Alkohol merupakan minuman pantangan asam urat yang sebaiknya di dihindari, seperti, rum, minuman beralkohol ataupun jenis makanan fermentasi lainnya. Efek alkohol yang Anda minum bisa meningkatkan kadar asam urat didalam darah dan bisa menjadi pemicu serangan asam urat.

  1. Jenis Ikan

Banyak jenis ikan pantangan asam urat namun anda jangan khawatir terlebih dahulu, karena tidak semua jenis ikan harus dipantangi. Anda hanya disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan yang didalamnya terkandung asam urat yang tinggi. Apa saja jenis ikan yang perlu anda pantangi?  Ikan tersebut antara lain seperti ikan teri, sarden, herring dan makerel. Secara spesifik disebutkan jenis ikan tenggiri, kembung masuk kedalam jenis makarel juga. Cukup mencengangkan bukan? Faktanya ikan ini memiliki kadar asam urat yang tinggi dan wajib bagi anda penderita asam urat untuk menghindarinya.

  1. Jenis Kerang

Semua jenis kerang merupakan pantangan bagi asam urat dikarenakan kadar asam urat didalamnya sangat tinggi. Makanan ini ada baiknya untuk dihindari agar tidak terserang asam urat, karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada keterkaitan antara jumlah orang yang banyak mengonsumsi kerang dengan yang menderita karena penyebab diatas.

  1. Semua Jenis Makanan Laut

Makanan laut dikenal memiliki banyak kandungan asam urat. Tetapi, beberapa makanan laut kandungan asam uranya merupakan kategori sedang. Yang harus benar-benar dihindari yaitu kerang dan ikan karena didalamnya mengandung asam urat yang cukup tinggi.

  1. Ragi dan Makanan Mengandung Ragi

Ragi sering kita pakai untuk membuat makanan seperti roti dan kue. Cukup mengherankan bila makanan yang mengandung ragi ternyata memiliki kadar asam urat yang tinggi dan ada baiknya untuk dihindari. Penelitian mengungkapkan jika kurangnya kadar ragi didalam makanan berdampak terhadap jarangnya terkena serangan asam urat sehingga kadar asam urat dudalam darah akan menurun.

  1. Semua Jenis Daging

Daging putih dan merah di dalamnya terkandung kadar asam urat, terutama, pada jenis daging merah. Akan tetapi, isi kandungan yang ada pada daging tidak terlalu tinggi, sehingga tidak apa-apa bila anda sesekali mengonsumsi daging merah seperti daging sapi asalkan tidak terlalu berlebihan.

Setelah membaca artikel diatas anda dapat menyimpulkan bahwa pantangan asam urat adalah menghindari semua jenis makanan yang dapat memicu munculnya penyakit asam urat di tubuh kita. Diharapkan juga, sedikit banyak bisa menjawab pertanyaan yang sering anda fikirkan selama ini, mengapa kadar asam urat tidak turun-turun, atau bahkan kerap mengalami serangan asam urat. Yang terpenting anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi jenis sayuran hijau walaupun memiliki kandungan asam uratnya tetapi tidak tinggi kadarnya. Yang tidak kalah penting lagi yaitu untuk meminum air putih yang banyak, karena air putih sudah terbukti mampu menurunkan risiko serangan asam urat. Demikianlah semoga bermanfaat.

COMMENTS