Mana yang lebih baik?, Realme 5i Atau Redmi Note 8

Mana yang lebih baik?, Realme 5i Atau Redmi Note 8

Realme 5i Atau Redmi Note 8Bangkit.co.id– Realme baru saja meluncurkan smartphone pertamanya untuk tahun 2020, Realme 5i, yang diposisikan sebagai pengganti Realme 5. Realme 5i membawa perubahan desain kecil dan perubahan spesifikasi dibandingkan dengan Realme 5 dan bahkan Realme 5s, tetapi tidak ada yang berubah terlalu drastis. Tentu, ini menimbulkan pertanyaan – apakah itu telepon terbaik yang dapat Anda beli dengan harga di bawah Rs. 10.000 sekarang? Dan bagaimana perbandingannya dengan rekan-rekannya?

Salah satu pesaingnya adalah Redmi 8, yang harganya sedikit lebih rendah, tetapi melihat spesifikasi kedua ponsel secara berdampingan, sepertinya Realme 5i menawarkan nilai yang lebih baik dalam banyak aspek. The redmi Note 8 adalah pesaing lain, harga terhadap 5s Realme, yang sangat mirip dengan Realme 5i tetapi dengan spesifikasi sedikit lebih baik. Anda dapat melihat seberapa mirip semua model Realme dalam perbandingan cepat ini .

Redmi Note 8, bagaimanapun, menawarkan tampilan resolusi lebih tinggi, kaca belakang, dan port USB Type-C dengan pengisian cepat – semua fitur yang hilang dari Realme 5i. Jadi, apakah masuk akal untuk membeli Realme 5i atau memasukkan sedikit uang lebih banyak dan mendapatkan Redmi Note 8? Kami memutuskan untuk mencari tahu.

Desain Realme 5i vs Redmi Note 8

Realme telah mengutak-atik desain 5i sedikit, dibandingkan dengan 5 dan 5-an. Ini sedikit lebih ramping di 9mm dan sedikit lebih ringan di 195g. Bagian belakang masih terbuat dari plastik laminasi tetapi desainnya berbeda. Alih-alih pola potongan berlian khasnya, Realme telah menggunakan ‘Desain Sunrise’ baru yang juga terlihat bagus. Bahkan, kami menyukainya lebih baik, karena lapisan matte tidak reflektif dan sidik jari tidak mudah terlihat.

Redmi Note 8 di sisi lain lebih ramping dan lebih ringan dari Realme 5i, dengan ketebalan 8,35 mm dan berat 188g. Bagian belakangnya memiliki tampilan mengkilap, yang memang menarik sidik jari dengan mudah, tetapi Gorilla Glass 5 sama dengan tampilan, yang memberikan tampilan dan nuansa premium.

Dalam hal konektivitas, kedua ponsel memiliki dua slot Nano-SIM plus slot kartu microSD khusus. Keduanya juga memiliki soket headphone tetapi Redmi Note 8 mencetak beberapa poin tambahan di sini karena memiliki port USB Type-C, dibandingkan port Micro-USB pada 5i. Redmi Note 8 juga memiliki blaster IR di bagian atas, yang tidak dimiliki 5i. Kedua ponsel memiliki satu speaker di bagian bawah. Penempatan tombol bagus untuk keduanya dan keduanya memiliki tonjolan yang sama-sama tebal di bagian belakangnya, karena modul kamera.

Realme 5i dan Redmi Note 8 memiliki layar berukuran sama, masing-masing berukuran 6,5 inci dan 6,3 inci. Namun, ada perbedaan besar dalam resolusi. 5i memiliki layar HD + (1600×720) dengan kepadatan 269ppi, tetapi Redmi Note 8 memiliki Full-HD + (2340×1080) yang bekerja hingga 403ppi. Perbedaan dalam ketajaman dan kualitas gambar terlihat jelas ketika Anda melihat gambar dan video pada kedua ponsel secara berdampingan. Nada warna default Redmi Note 8 sedikit lebih dingin, tetapi Anda dapat mengubah ini di aplikasi Pengaturan.

Kedua ponsel memiliki sensor sidik jari kapasitif belakang. Redmi Note 8 menawarkan paket yang sedikit lebih baik dalam paket ritel. Anda mendapatkan bungkus silikon dan pengisi daya cepat 18W, yang tidak datang dengan 5i.

Spesifikasi dan perangkat lunak Realme 5i vs Redmi Note 8

Realme 5i dan Redmi Note 8 keduanya sama-sama cocok ketika datang ke SoC. Kedua ponsel menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 665, yang cukup kuat dan sedikit peningkatan dibandingkan dengan Snapdragon 660 SoC yang populer.

5i hanya tersedia dalam satu konfigurasi, dengan 4GB RAM dan 64GB penyimpanan untuk Rs. 8,999. Redmi Note 8 dimulai dengan jumlah RAM dan penyimpanan yang sama, tetapi pada Rs. 9.999. Ada juga opsi dengan 6GB RAM dan 128GB penyimpanan untuk Rs. 12.999.

Realme 5i memiliki baterai 5.000 mAh, yang lebih besar dari yang 4.000 mAh di Redmi Note 8. Kedua ponsel memiliki dual-band Wi-Fi ac, Bluetooth 5, radio FM, dan sensor yang sama. Redmi Note 8 mendukung sertifikasi Google Widevine L1, sehingga aplikasi seperti Netflix dapat mengalirkan konten dalam resolusi lebih tinggi daripada HD.

Realme dan Xiaomi keduanya menggunakan skin Android yang disesuaikan untuk smartphone mereka masing-masing. ColorOS Realme telah menjadi lebih ramping selama bertahun-tahun dan versi pada 5i memiliki laci aplikasi dan mode gelap seluruh sistem. Ada banyak aplikasi pra-instal dari Realme dan vendor pihak ketiga. Untungnya, OS Realme tidak terlalu banyak mengirim spam kepada Anda dengan iklan atau pemberitahuan yang tidak diinginkan. Pemberitahuan spam yang masuk dari aplikasi dapat dinonaktifkan.

Redmi Note 8 beroperasi pada MIUI 11, yang juga berbasis Android 9 Pie. Antarmuka dipoles dan Anda mendapatkan banyak opsi untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa UI. Masalah dengan MIUI adalah bahwa Anda mendapatkan banyak iklan yang tidak diinginkan yang membuat spam pemberitahuan Anda teduh dan dalam aplikasi stok, yang tidak dapat dihentikan. Ini bisa sangat menjengkelkan setelah beberapa saat. Kedua ponsel belum menerima pembaruan Android 10.

Kinerja Realme 5i vs Redmi Note 8

Sebagai penulis harian, Realme 5i dan Redmi Note 8 melakukan pekerjaan yang layak dalam menangani multitasking, dan keduanya memuat aplikasi dengan cukup cepat dalam pengujian kami. Meskipun kami menggunakan Redmi Note 8 versi 6GB, kami mendapatkan angka yang sama dalam tolok ukur. Di AnTuTu, 5i mengembalikan skor 170.480 poin sedangkan Note 8 mengembalikan 174.277. Di Geekbench 5, kami mendapat 310 dan 1.308 poin untuk 5i dan 309 dan 1.324 dari Redmi Note 8, masing-masing untuk pengujian single dan multi-core. Sedangkan untuk tes grafis, Realme 5i memimpin karena harus membuat game dengan resolusi lebih rendah. Di sini, 5i memberi kami 49fps sedangkan Note 8 hanya mengembalikan 32fps dalam uji T-Rex GFXbench.

Realme 5i memiliki kinerja yang sedikit lebih baik dalam permainan, karena tampilan beresolusi lebih rendah. Redmi Note 8 juga tidak buruk, tetapi kami harus sedikit menurunkan pengaturan grafis di game seperti PUBG Mobile untuk mendapatkan framerate yang serupa, seperti pada 5i. Kami tidak melihat adanya masalah pemanasan pada salah satu ponsel.

Pengenalan wajah dan sidik jari cepat di kedua ponsel, namun kami menemukan Realme 5i lebih cepat di keduanya. Sensor sidik jari pada Note 8 juga sedikit lebih kecil, sehingga tidak semudah memukul seperti pada 5i.

Redmi Note 8 menawarkan pengalaman menonton video yang lebih baik, berkat layar resolusi yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan streaming video full-HD dari YouTube dan sumber lain, yang terlihat jernih dan tajam. The 5i hanya akan streaming hingga resolusi 720p dari YouTube dan video tampak sedikit berombak di kali. Speaker kedua ponsel tidak menghasilkan kemiripan bass, tetapi yang ada di Realme 5i terdengar sedikit lebih keras.

Realme 5i jelas lebih baik daripada Redmi Note 8 dalam hal daya tahan baterai. Kapasitas tidak hanya lebih tinggi, tetapi juga bertahan jauh lebih lama (lebih dari 24 jam) daripada Redmi Note 8 (sekitar 13 jam) dalam uji putaran baterai video HD kami. Kedua ponsel akan dengan mudah menahan Anda sepanjang hari kerja dengan sekali pengisian daya, meskipun dengan penggunaan berat, tetapi Realme 5i akan membuat Anda sedikit lebih lama sebelum harus mengisi ulang dayanya. Redmi Note 8 menawarkan pengisian daya yang jauh lebih cepat (18W), dibandingkan dengan pengisian 10W yang lebih lambat pada 5i.

Kamera Realme 5i vs Redmi Note 8

Kedua ponsel ini memiliki kamera selfie tunggal dan empat kamera belakang. Sensor utama adalah satu-satunya faktor pembeda nyata di sini. Realme 5i memiliki sensor 12 megapiksel, sedangkan Redmi Note 8 memiliki sensor 48 megapiksel. Sisa dari sensor belakang sama pada kedua ponsel: kamera sudut lebar 8 megapiksel; kamera makro 2 megapiksel; dan sensor kedalaman 2 megapiksel. Untuk selfie, 5i memiliki kamera 8 megapiksel, sedangkan Note 8 memiliki kamera 13 megapiksel.

Di siang hari, Redmi Note 8 melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan lanskap, menangkap rentang dinamis yang lebih baik, detail, dan white balance. Memang melampaui gambar, tetapi selama Anda tidak memotong terlalu banyak, Anda harus baik-baik saja. 5i menghasilkan gambar yang relatif lebih lembut dan tidak cukup memperbaiki nada kekuningan di depan bangunan. Bahkan dalam bidikan close-up, Redmi Note 8 mengelola kontras yang lebih baik, dan putih tampak seperti seharusnya. Realme 5i sekali lagi memiliki gambar yang sedikit lebih lembut dengan nada warna yang lebih hangat.

Kamera Realme 5i vs Redmi Note 8
Kamera Realme 5i vs Redmi Note 8

Dalam mode Portrait, Redmi Note 8 menghasilkan lebih banyak warna kulit yang tampak alami dan detail yang lebih baik pada subjek kami. Realme 5i cenderung menghaluskan kulit terlalu banyak, dan warnanya agak terlalu hangat untuk kita sukai. Deteksi tepi ditangani dengan baik pada kedua ponsel.

Sedangkan untuk kamera sudut lebar, kami menemukan bahwa Realme 5i melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dengan detail dan warna. Namun, ketika datang ke kamera makro, Redmi Note 8 yang mengelola detail lebih baik.

Realme 5i melakukan pekerjaan sedikit lebih baik dengan selfie, karena HDR pada ponsel ini bekerja lebih baik daripada implementasi Xiaomi, terutama ketika memotret melawan cahaya. Mode potret pada kamera selfie bekerja dengan baik di kedua ponsel, tetapi Redmi Note 8 menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih jelas.

mode Portrait, Redmi Note 8
mode Portrait, Redmi Note 8

Rekaman video naik hingga 4K pada kedua ponsel, tetapi tidak ada yang mendukung stabilisasi pada resolusi ini. Kualitas videonya bagus dan warnanya terlihat punchy dalam cuplikan gambar dengan kedua ponsel. Video distabilkan pada 1080p, dan di sini Realme 5i menawarkan rekaman stabil yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Redmi Note 8. Kamera sudut lebar pada kedua ponsel dapat digunakan untuk merekam video juga, dan di sini Redmi Note 8 menawarkan warna yang lebih baik, tetapi 5i melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan stabilisasi.

Dalam cahaya redup, Redmi Note 8 memberi kami detail yang lebih baik secara umum. Objek muncul lebih kuat dan suara tidak diucapkan seperti pada Realme 5i. Menggunakan mode ‘Night’ pada kedua ponsel, Redmi Note 8 terus memberikan gambar keseluruhan yang lebih baik, dengan detail yang lebih tajam dan lebih sedikit noise. Realme 5i juga memangkas banyak gambar dalam mode ini untuk mengimbangi goyangan tangan, sehingga Anda mendapatkan lebih sedikit adegan di bingkai Anda.

Bahkan selfie yang dipotret dengan Redmi Note 8 dalam cahaya yang kurang ideal tampak lebih baik. Untuk video yang direkam pada malam hari, output Redmi Note 8 memiliki noise lebih rendah pada 1080p dibandingkan dengan Realme 5i. Namun pada 4K, kedua ponsel menghasilkan banyak noise warna, membuat rekaman agak tidak dapat digunakan.

Mana yang lebih baik?, Realme 5i Atau Redmi Note 8

Realme sekali lagi memodifikasi formulanya hanya sedikit untuk membuat smartphone anggaran yang sangat bagus. Desain tweaked Realme 5i ( Review ) terlihat bagus, dan dengan harga Rs yang diminta. 8.999 untuk konfigurasi RAM 4GB tunggal, ia menawarkan nilai bagus. Plus, perangkat lunak yang relatif ramping, masa pakai baterai yang sangat baik, dan kinerja game yang layak semuanya berfungsi baik. Beberapa hal yang bisa membuatnya lebih baik adalah penggunaan port Tipe-C atau setidaknya pengisian cepat. Layar full-HD + mungkin meminta terlalu banyak pada harga ini, tetapi di sinilah membayar Rs. 1.000 lebih banyak untuk Redmi Note 8 masuk akal.

Penawaran Xiaomi adalah salah satu dari sedikit ponsel di Rs. 10.000 untuk menawarkan port Tipe-C, pengisian cepat, kaca belakang, kamera yang layak, dan layar full-HD + yang tajam – semuanya dalam paket yang sangat stylish dan terlihat premium. Jika Anda dapat hidup dengan sifat MIUI yang bersifat spam, maka gunakan Rs. 1.000 lebih untuk Redmi Note 8 ( Ulasan ) sangat berharga.

Tidak ada pemenang yang jelas di sini, itu sudah pasti. Jika Anda ingin menghemat sedikit uang, maka Realme 5i adalah pilihan yang baik, selain itu untuk sedikit lebih banyak, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih premium dengan Redmi Note 8. Realme juga memiliki 5s ( Ulasan ) di Rs. 10.000 dengan kamera 48 megapiksel, tetapi masih kekurangan fitur seperti kaca belakang atau layar full-HD +, yang membuat Redmi Note 8 menjadi penawaran yang lebih baik.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *