Mau Tahu?, Jenis Penyakit Jantung Bawaan Lahir

Mau Tahu?, Jenis Penyakit Jantung Bawaan Lahir

Mau Tahu?, Jenis Penyakit Jantung Bawaan LahirPenyakit jantung bawaan merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya suatu kelainan jantung sejak masa bayi atau bahkan sejak dalam kandungan. Hal ini terjadi karena adanya suatu kelainan pada struktur jantung dan fungsi jantung yang gagal, sehingga hal ini bisa saja mengakibatkan terganggunya struktur organ jantung ketika masa pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Jenis penyakit jantung ini memiliki suatu tindakan yang berbeda antara satu dengan lainnya, hal ini tergantung pada golongan seperti sianotik atau non sianotik keparahan defek jantung dan kelainan struktur. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit jantung bawaan yang dapat dibawa ketika anak dilahirkan,

Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Sekat bilik yang berlubang VSD (Ventracular Septal Defect)

Penyakit yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai  dengan  adanya lubang pada sekat bilik organ jantung, sehingga hal ini dapat menyebabkan kebocoran aliran darah yang ada pada bilik kiri dan kanan yang dapat mengakibatkan darah rendah kandungan oksigen untuk masuk kedalam paru – paru. Kelainan penyakit jantung ini bisa menimbulkan gejala seperti sesak nafas, mudah merasa lelah, mengalami kesulitan untuk menyusui, gampang tidur dan mengalami gangguan pertumbuhan.

Penyakit PDA (Persisten Duktus Arteriosus Persisten)

Penyakit jantung ini merupakan suatu kelainan yang terjadi pada pembuluh darah yang dapat menghubungkan antara arteria pulmonalis bersama dengan aorta distal dari arteri subklavia. Hal ini dapat mempengaruhi perubahan pada saat bayi lair dan penyakit ini tetap terbuka secara otomatis sampai usia bayi dewasa.

PS (Pulmonary Stenosis)

PS adalah suatu penyempitan pada katup paru – paru, katup ini memiliki fungsi yang dapat mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik jantung menuju organ paru – paru. Terjadinya penyempitan ini dapat membuat bilik kanan pada organ jantung harus terus bekerja dengan keras untuk dapat memompa darah menjadi semakin lama penyempitan ini dapat melebar dan kembali normal.

Sekat serambi jantung berlubang/ ASD (Aprial Septal Defect)

Kelainan penyakit jantung ini adalah kelainan organ jantung yang memunculkan lubang disekitar dua serambi organ jantung. Kelainan penyakit jantung bawaah ini hampir sama seperti kelainan VSD, yaitu adanya aliran darah kaya oksigen yang kembali menuju paru – paru. Kelainan penyakit jantung ini banyak terjadi pada bayi perempuan dibandingkan pada bayi laki – laki.

TF (Tetralogi Fallot)

Ini merupakan kondisi kelainan organ jantung bawaan yang mengalami suatu gangguan yang meilbatkan beberapa kondisi seperti adanya suatu lubang pada sekat jantung, terjadinya penyempitan pada organ paru – paru (PS), terjadinya pembesaran pada bilik kanan jantung dan adanya suatu akar aorta yang ada pada bagian atas lubang. Jenis kelainan jantung  bawaan ini merupakan kelainan jantung yang paling berbahaya.

COMMENTS