Lihat! Daftar Ponsel Penerima Update Android Nougat 7.1.1

Lihat! Daftar Ponsel Penerima Update Android Nougat 7.1.1

Bangkit.co.id—Google secara resmi telah merilis versi terbaru dari sistem operasi ponsel mereka yaitu Android 7.0 Nougat kepada beberapa pengguna ponsel Pixel. Saat ini selang tiga bulan, update terbaru sistem operasi ini telah didistribusikan, yaitu Android 7.1.1.

Sebelumnya, selain ponsel merek Pixel, beberapa ponsel lain yang telah menerima sistem operasi ini adalah LG G5 Verizon dan beberapa ponsel seri dari Sony Xperia.

Dikutip dari Neowin, Google telah memberikan pemberitahuan bahwa update terbaru Android 7.1.1 sudah bisa dilakukan secara over the air sejak tanggal 6 Desember 2016 hingga beberapa minggu kedepan. Inilah beberapa perangkat tersebut:

  • Pixel
  • Pixel XL
  • Pixel C
  • Nexus 5X
  • Nexus 6
  • Nexus 6P
  • Nexus 9
  • Nexus Player
  • General Mobile 4G (Android One)

“Sementara perangakat lain yang sudah didukung dengan Android Beta akan segera menerima versi finalnya,” tulis Google.

Untuk pembaruan dari Android 7.1.1 adala lebih banyak pada sisi stabilitas dan performa. Sedangkan untuk fitur, sebagian besar merupakan warisan dari versi utamanya, Android 7.0.

Apa saja fitur baru dari pembaruan Android 7.1.1? inilah 7 fitur paling bermanfaat dari sistem operasi ini.

  1. Pindah Cepat (Quick Switch)

Dengan fitur ini pengguna dapat dengan mudah pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa harus menutupnya. Caranya mudah, yaitu dengan double tap tombol overview di sebelah kanan layar. Fitur ini mirip dengan kombinasi alt+tab di computer Windows.

  1. Pembaruan Emoji

Sebanyak lebih dari 1.500 karakter emoji atau emoticon disisipkan dalam Android Nougat. Pengguna bisa juga memilih warna kulit denga menekan lama emoji tersebut. Fitur ini mirip dengan apa yang dimiliki Whatsapp.

  1. Multi Windows

Yang berbeda dari sistem operasi ini adalah mengijinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Aplikasi yang dijalankan bersamaan akan tampil dalam setengah ukuran layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna tinggal menekan lama tombol overview. Pengguna juga bisa memilih dua aplikasi apa yang dijalankan. Namun, dengan catatan, ponsel yang digunakan harus sudah kompatibel dengan fitur ini.

  1. Baterai Tahan Lama

Fitur penguat baterai Doze yang pertama kali dikenalkan pada versi Android Masrhmallow kembali dipasangan dalam Android Nougat, tentu dengan banyak perbaikan. Untuk menghemat konsumsi energi, fitur Doze memiliki sensor dalam ponsel yang berfungsi untuk mendeteksi apakah ponsel sedang bekerja atau tidak bahkan ketika berada dalam tas atau saku.

  1. Aplikasi Langsung (Instant Apps)

Fitur ini memberikan fasilitas kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi secara langsung tanpa mendownload dari Google Play sehingga penggunna juga tidak perlu melakukan penginstalan. Android Nougat akan langsung membuka dan mejalankan sebuah aplikasi ketika pengguna mengklik sebuah tautan yang terhubung dalam aplikasi tertentu. Untuk prosesnya pun dijanjikan tidak membutuhkan waktu lama, yaitu secepat membuka sebuah halaman situs web.

  1. Penghemat Data

Android Nougat memberikan layanan penghematan data (data saver) kepada pengguna. Cara kerja fitur ini adalah secara otomatis akan membatasi penggunaan data yang dirasa berlebihan dengan cara membatasi kecepatas streaming, mereduksi kualitas gambar, dsb.

  1. Pengembangan Enkripsi

Dalam hal perlindungan, Android Nougat memiliki sistem enkripsi lebih baik. Setiap folder atau file akan terekripsi dan terlindung secara terpisah. Hal ini berbeda dengan sistem enkripsi pada Android versi sebelumnya yang melakukan enkripsi secara menyeluruh.

COMMENTS