8 Manfaat Jus Wortel Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

8 Manfaat Jus Wortel Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat, Wortel adalah salah satu sayuran yang populer seluruh dunia. Wortel dikenal dengan kaya vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya yang ekonomis, wortel merupakan salah satu makanan baik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain digunakan sebagai bahan kuliner, ternyata wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar dan di olah menjadi jus. Namun perlu anda ketahui bahwa khasiat dan manfaat dari wortel begitu banyak untuk kesehatan, hal ini merupakan adanya kandungan vitamin A yang memang sangat dibutuhkan oleh anggota tubuh terutama mata. Bahkan wortel juga memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Wortel Untuk Tubuh Kandungan baik pertama yang terdapat pada jus wortel ialah kalori, dalam satu porsi jus wortel maka ada sekitar 80 kalori yang terkandung. Kedua ialah vitamin dan miner tiap cangkir jus wortel maka akan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Ketiga vitamin A dalam satu cangkir jus wortel, maka kebutuhan harian vitamin A sudah terpenuhi sekitar 340 persen. Keempat kalium merupakan elektrolit penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh jika secangkir jus wortel maka berarti kebutuhan harian yang pada kalori sudah 18 persen didapatkan.

Kelima zat besi yang terdapat pada satu cangkir jus wortel tersedia. Keenam vitamin C pada jus wortel terkandung sebanyak 3 miligram, yang sangat penting bagi kekebalan tubuh. Ketujuh vitamin E tiap satu cangkir jus wortel 0,3 miligram yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan hormon dan menjaga kesehatan sel-sel pada tubuh. Kedelapan vitamin B : pada 100g jus wortel segar maka terdapat 0,01 miligram vitamin B1 dan mengandung 0,02 miligram pada vitamin B2, yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme serta sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf dan otak agar berfungsi dengan baik

Kesembilan makronutrisi, lemak yang terkandung pada makronutrisi merupakan salah satu makronutrien yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Secangkir jus wortel hanya terdapat 0,7 gram lemak. protein yang terdapat pada jus wortel antara 10 dan 35 persen, kandungan karbohidrat pada satu porsi cangkir jus wortel terdapat 18 gram karbohidrat. Karena wortel memiliki khasiat dan manfaat yang sangat banyak maka anda perlu untuk mengetahui manfaat dari jus wortel dan kandungan baik apa saja yang terdapat pada wortel jika kita sering mengkonsumsi jus wortel setiap hari. Dari kandungan yang terdapat pada jus wortel namun masih ada yang belum anda ketahui yaitu mengenai manfaat dari jus wortel.

Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan fungsi hati

Wortel merupakan salah satu metode yang paling berguna untuk mendetoksifikasi liver. Cukup dengan minum 2 atau 3 gelas jus wortel setiap hari nya. Minum jus wortel dalam jumlah 2 atau 3 gelas akan membuat kulit anda menjadi warna oranye karena racun pada empedu sedang dibersihkan dari liver anda.

2. Baik bagi kesehatan kulit
Jus wortel ternyata juga dapat membantu mengatasi kondisi psoriasis dan masalah kulit kering lainnya karena memiliki kandingan vitamin A yang tinggi. Jika anda kurang dalam mengkonsumsi vitamin A , maka kemungkinan besar anda akan mengalami kerusakan dan kekeringan pada bagian rambut, kuku serta kulit.

3. Memperkaya laktasi
Jus wortel bisa membantu untuk memperkaya jumlah keluar nya ASI pada ibu menyusui. Selain itu, jus wortel juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada masa selama kehamilan. Mengkonsumsi jus wortel merupakan salah satu cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk mendapatkan asupan vitamin A.

4. Menyehatkan paru-paru
Jus wortel merupakan salah satu yang terbaik untuk mempromosikan kesehatan paru-paru. Maksud dari adanya hal ini untuk melindungi sistem pernafasan dari risiko infeksi, serta membantu melawan efek samping buruk pada tubuh yang berhubungan dengan polusi udara yang disebabkan oleh asap rokok. Vitamin A yang terdapat pada jus wortel dapat membantu mengurangi risiko emphysema yang merupakan salah satu risiko paling besar bagi perokok aktif dan perokok pasif.

5. Mengatur kadar gula darah
Ternyata wortel juga dapat membantu mengatur kadar gula pada darah anda. Hal ini disebabkan karena jus wortel memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, yang telah berbanding balik dengan kadar gula darah yang tinggi.

6. Mencegah Kanker
Jus wortel mengandung antioksidan jenis karotenoid, yang dapat menurunkan resiko kanker pada payudara pascamenopause sebesar 20%. Dan manfaat jus wortel dapat menurunkan 50% resiko terjadinya beberapa penyakit kanker, seperti usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih. Serta bebrapa study penelitian lain telah menunjukkan hasil yang sama dengan kanker paru-paru. Para peneliti percaya, bahwa efek ini disebabkan dengan adanya kandungan xanthophylls, gamma-karoten, likopen, lutein, dan alpha-karoten pada wortel.

7. Merangsang nafsu makan dan meningkatkan fungsi pencernaan
Jus wortel akan membantu anda untuk merangsang sekresi cairan pencernaan oleh tubuh setelah anda mengkonsumsi jus wortel sekitar 20 menit sebelum makan. Dengan demikian, maka nafsu makan anda akan meningkat. Jus pada wortel juga terdapat serat larut, yang sudah pasti akan sangat membantu organ pencernaan agar bisa bekerja dengan lancar. maka sudah pasti anda akan terhindar dari masalah gangguan pada pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, dan lain-lain.

8. Meningkatkan penglihatan
Untuk manfaat dari jus wortel ini sudah pasti tidak asing lagi, semua sudah tahu jika mengkonsumsi jus wortel sangatlah baik untuk penglihatan. Karena wortel mengandung beta-karoten dan lutein, sejenis senyawa yang juga ditemukan terkonsentrasi pada retina mata. Senyawa ini bermanfaat untuk melindungi penglihatan, khususnya pada saat malam hari. Hati kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, dan kemudian senyawa ini masuk ke retina dan menjadi rhodopsin salah satu zat yang diperlukan untuk penglihatan yang sehat pada malam hari

Walaupun menyehatkan, mengkonsumsi jus wortel juga harus dibatasi. Demikianlah artikel tentang manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh, semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *