Inilah Tips Dasar Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Inilah Tips Dasar Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Inilah Tips Dasar Mencegah Risiko Penyakit Jantung, Kita semua tentunya menginginkan memiliki hidup sehat. Namun hanya saja terkadang karena beberapa kebiasaan sehari – hari yang tidak sehat, hal ini terkadang dapat berisiko terkena penyakit berbahaya seperti halnya penyakit jantung. Mulai dari kebiasaan pola makan, aktivitas sehari – hari dan gaya hidup pada setiap harinya. Jadi sebaiknya cintai jantung mulai sejak dini. Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat kamu lakukan mulai dari sekarang untuk dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini informasinya.

Tips Dasar Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Melakukan olahraga kardio

Melakukan aktivitas olahraga kardio pada setiap minggu dapat menjadi cara terbaik untuk mencegah tubuh terkena penyakit jantung. Pilihan jenis olahraga juga beragam, seperti halnya melakukan olahraga lari, berenang dan bersepeda. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang paling nyaman dan pas untuk kesehatan tubuh.

Membuat jadwal berlibur atau bersantai secara rutin

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa emosi yang negatif dapat berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan jantung. Mengalami depresi, cemas berlebih dan stres ternyata dapat melemahkan jantung. Apabila hal ini tidak segera diatasi, maka kekebalan tubuh dapat menurun dan energi menjadi lebih cepat berkurang. Jadi pentingnya untuk meluangkan waktu berlibur dan menenangkan diri.

Jangan merokok dan hindari minuman beralkohol

Merokok menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan jantung. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit kanker. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya konsumsilah minuman yang baik dan sehat untuk dapat menjaga daya tahan jantung tetap kuat dan sehat serta terhindar dari penyakit jantung.

Tidur yang cukup setiap harinya

Ketika tubuh tidak memperoleh waktu tidur yang cukup, hal ini dapat membuat tubuh mengalami kondisi sleep deprivation. Kondisi seperti ini akan membuat sistem hormon yang ada dalam tubuh menjadi tidak seimbang, level hormon stres dalam tubuh dapat meningkat dan kesehatan jantung menjadi terganggu. Pada orang dewasa, sebaiknya memiliki waktu tidur sekitar 7-8 jam tidur pada setiap malamnya.

Membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam

Mengkonsumsi garam secara berlebihan ternyata dapat mengarahkan pada semakin tingginya risiko terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ternyata dapat memicu penyakit serangan jantung dan stroke. selain itu membatasi mengkonsumsi daging merah berlebih, pasalnya hal ini dapat meningkatkan risiko kanker usus besar karena didalam daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam daging merah.

Itulah beberapa tips dasar yang bisa kamu coba untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung dengan baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

COMMENTS