Awas, Penyakit Jantung Koroner Di Usia Muda

Awas, Penyakit Jantung Koroner Di Usia Muda

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil. Penyempitan tersebut dikarenakan adanya suatu plak pada dinding pembuluh darah kecil atau dikenal dengan pengerasan arteri. Pembuluh darah kecil ini bertugas memasok darah dan oksigen menuju ke jantung.

Jika terjadi suatu hambatan dalam proses pemasokan, jantung bisa saja mengalami suatu masalah yang besar. Padahal gaya hidup dan pola makan kebanyakan orang saat ini banyak yang mengandung tinggi lemak dan merupakan salah satu faktor utama penyebab pembuluh darah menyempit dan tidak dapat memasok darah dan oksigen menuju ke jantung.

Penyakit Jantung Koroner Di Usia Muda

Untuk saat ini penyakit jantung koroner di usia muda sudah mulai umum terjadi. Jika dulu penyakit jantung identik dengan orang tua saja yang dianggap memiliki risiko terjadinya serangan jantung. Untuk saat ini, orang yang berusia muda pun juga memiliki risiko serangan jantung yang sama besarnya.

Gaya hidup orang muda, khususnya orang yang tinggal di daerah perkotaan pada umumnya tidak memiliki gaya hidup yang cukup baik. Mengkonsumsi junk food, rokok, alkohol dan kurangnya waktu istirahat akibat kerja yang terlalu keras menjadi gaya hidup orang muda perkotaan saat ini.

Selain itu, stres dan kurangnya waktu untuk melakukan aktivitas olahraga bisa menjadi salah satu pemicu serangan jantung di usia muda. Kadar kolesterol tinggi, diabetes mellitus, dan hipertensi merupakan beberapa faktor yang dapat mengarah pada terjadinya serangan jantung.

Orang yang memiliki tubuh terlalu gemuk juga memiliki risiko besar menderita penyakit jantung, belum lagi jika ada suatu riwayat keturunan keluarga yang juga pernah mengalami masalah terhadap serangan jantung.

Jika kamu memiliki salah satu atau pun beberapa faktor risiko yang sudah dijelaskan diatas, sebaiknya untuk segera memeriksakan kesehatan jantung pada dokter spesialis jantung agar dapat segera memperoleh pemeriksaan yang lengkap meliputi ECG untuk dapat mengetahui apabila ada suatu kelainan yang terjadi pada organ jantung kamu. Hal ini sekaligus bertujuan untuk memperoleh penanganan yang cepat dan tepat.

Mulailah untuk mengubah gaya hidup sejak dini, seperti halnya berhenti merokok mulai saat ini. Kebiasaan merokok ternyata tidak hanya dapat merusak kesehatan paru – paru saja, namun hal ini juga bisa berisiko merusak kesehatan jantung dan menimbulkan penyakit jantung. Selain itu usahakan untuk dapat menghindari stres dari pekerjaan dan beban hidup, menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi serta melakukan aktivitas olahraga rutin dan teratur setidaknya sekitar 3 kali dalam seminggu menjadi hal yang sangat disarankan untuk mencegah munculnya penyakit jantung koroner di usia muda.

COMMENTS