5 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami, Layak Dicoba

5 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami, Layak Dicoba

Bangkit.co.id – Cara mengobati asam urat lebih disarankan untuk dilakukan secara alami. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek negatif dari berbagai obat olahan yang berbahan kimia. Penyebab penyakit ini timbul karena terdapat pengkristalan natrium urat baik diluar persendian ataupun sebaliknya. Penyakit asam urat ini hanya satu dari 200 jenis radang sendi yang sering menghampiri seseorang.

Umumnya rasa sakit karena asam urat akan dirasakan kurang lebih 3 sampai 10 hari, puncak rasa sakitnya dihari ke enam sampai sepuluh hari sehabis penyakit ini kambuh. Sehabis masa 10 hari itu, rasa sakit ini umumnya akan reda atau hilang sendiri, dan tubuh kembali dalam keadaan normal lagi. Akan tetapi, walaupun nampak sembuh,  penyakit asam urat ini dapat kumat kembali sewaktu-waktu tanpa ada gejala yang pasti. Dalam keadaan seperti ini anda memerlukan solusi cara mengobati asam urat agar tidak kambuh lagi tentunya.

Berdasarkan beberapa hal diatas, admin akan mencoba menjelaskan tentang cara mengobati asam urat dengan cepat secara alami yang aman untuk anda semua. Informasi ini admin kutif dari sumber informasi yang sangat terpercaya. Yuk, kita simak.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Mengatasi asam urat tidak harus dilakukan lewat medis atau dokter saja, anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mengobati penyakit ini. Adapun cara mengobati asam urat alami ini antara lain :

  1. Mengkonsumsi Jus Buah Cerry

Yang pertama anda dapat mencoba cara mengobati asam urat tinggi dengan menggunakan buah cerry. Buah cerry mempunyai senyawa asam yang sangat pekat. Zat asam inilah yang dapat menyeimbangkan kadar asam urat di dalam darah dan urine. Disamping itu buah cerry didalamnya  juga terkandung nutrisi dan kalium yang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri di area persendian. Dari sebuah data yang diluncurkan oleh Harvard University, cerry juga mempunyai zat antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Zat antioksidannya dapat mengatasi radikal bebas berbahaya, sedangkan anti-inflamasi mengatasi timbulnya peradangan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengatasi asam urat pada dasarnya cukup mudah, anda dapat mengkonsumsi air putih setiap hari sekitar 8-10 gelas. Air putih adalah jenis minuman yang sangat bagus untuk menetralkan asam urat di ginjal. Dengan meminum air putih secara rutin, maka kadar asam urat di tubuh tidak akan berubah menjadi pekat, sehingga resiko pengkristalan di area sendi kemungkinannya sangat kecil.

  1. Mengkonsumsi Makanan Basa

Cara mengobati asam urat yang efektif berikutnya adalah asupan makanan basa. Dalam bukunya Dr Theodore A yang berjudul “Alkalinize or Die” diungkapkan bila kita rutin memakan makanan basa seperti sayur, buah,  biji, dan sebagainya maka dapat secara efektif membantu menetralkan kadar asam urat. Asam urat di tubuh akan diproses oleh ginjal, nah makanan basa ini fungsinya membantu melarutkan asam urat lalu mengeluarkannya lewat urine.

  1. Konsumsi Jus Lemon

Selanjutnya yaitu cara mengobati asam urat dengan lemon. Buah lemon termasuk salah satu jenis buah yang sangat asam. Ternyata zat asam yang banyak inilah yang berkhasiat untuk pengobatan asam urat tinggi. Karena, kandungan asam ini berperan untuk membantu tubuh menghasilkan kalsium karbonat yang kemudian menetralkan asam urat.

  1. Konsumsi Cuka Madu

Cuka madu buat sebagian orang sepertinya kurang familiar. Kalau di negara Arab Saudi cuka madu ini dikenal dengan nama propolis, umumnya obat asam urat ini di jual oleh pedagang khusus obat tradisional herbal. Propolis adalah sekumpulan resin lebah yang dapat membantu tubuh menghasilkan sifat basa, sehingga sangat efektif guna menetralisir asam urat di dalam tubuh.

Apabila anda telah melakukan tahapan pengobatan asam urat diatas namun belum memperoleh hasil yang memuaskan, sebaiknya anda periksakan diri ke dokter segera. Hal ini agar anda bisa memperoleh tindakan terbaik kedepannya.

Demikianlah sedikit informasi tentang  cara mengobati asam urat secara alami yang dapat anda coba di rumah. Jangan lupa, untuk selalu menjalankan pola hidup sehat supaya asam urat tidak kambuh kembali. Semoga bermanfaat!

COMMENTS