Youtube menjadi ladang penghasilan incaran banyak orang saat ini, Berikut Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dengan menggunakan strategi terbaik guna mempermudah para kreator.
Ingin belajar cara menghasilkan uang di YouTube? Berikut adalah cara paling efektif untuk mulai menghasilkan uang dari video YouTube Anda.
Meskipun siapa pun dapat menikmati mengunggah video ke YouTube untuk bersenang-senang, mungkin akan tiba saatnya ketika Anda ingin benar-benar mendapatkan penghasilan dari konten video Anda. Jika Anda berpikir untuk menghabiskan waktu serius di saluran Anda, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube.
Yang benar adalah bahwa sangat sedikit orang yang akan menjadi kaya di YouTube, jadi penting untuk menetapkan ekspektasi yang realistis. Namun, sebagai YouTuber, Anda memiliki beberapa opsi untuk memonetisasi video dan menghasilkan uang dari pekerjaan Anda. Mari kita lihat cara menghasilkan uang di YouTube dengan membahas metode monetisasi paling populer.
1. Beriklan melalui Program Mitra YouTube
Seperti kebanyakan layanan gratis, YouTube didukung oleh iklan (kecuali Anda membayar untuk YouTube Premium ). Sebelum Anda menonton sebagian besar video, dan sering kali di tengah video yang lebih panjang, Anda harus menonton iklan pendek. Sebagian uang dari ini masuk ke saluran; sisanya masuk ke YouTube itu sendiri.
YouTube memiliki pedoman tertentu tentang kapan saluran Anda memenuhi syarat untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube. Bergabung dengan ini diperlukan untuk monetisasi (artinya iklan ditampilkan di video Anda). Pada saat penulisan, YouTube mengharuskan saluran untuk memiliki 4.000 jam tontonan dalam 12 bulan sebelumnya, ditambah 1.000 pelanggan, untuk monetisasi. Lihat halaman ikhtisar Program Mitra YouTube untuk detail selengkapnya.
Ini berarti Anda tidak akan dapat menghasilkan uang dari iklan sampai Anda mulai membangun basis penggemar di YouTube. Untuk memeriksa kemajuan Anda, kunjungi laman YouTube Studio , lalu klik tab Monetisasi di sebelah kiri. Anda akan melihat apakah saluran Anda memenuhi persyaratan, dan jika tidak, di mana Anda gagal. Klik Beri tahu saya ketika saya memenuhi syarat jika Anda ingin menerima email ketika Anda telah mencapai semuanya.
Ketika Anda memenuhi persyaratan, Anda dapat melanjutkan untuk mengaktifkan monetisasi di saluran Anda menggunakan halaman ini. Anda harus menautkan akun AdSense, memilih jenis iklan yang Anda inginkan di video, lalu melakukan peninjauan.
Sayangnya, tidak ada rumus sederhana untuk berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan melalui iklan YouTube. Itu tergantung pada berapa banyak orang yang menonton iklan penuh, berapa banyak pemirsa yang menggunakan pemblokir iklan, dan faktor lainnya. Selain itu, YouTube telah mengalami banyak masalah di masa lalu dengan pengiklan menarik iklan mereka dari platform. Hal ini menyebabkan situs tersebut mendemonstrasikan video karena berbagai alasan, dan sering kali mengubah aturan seputar monetisasi , yang membuat pendapatan darinya tidak konsisten.
Secara keseluruhan, ini berarti bahwa saat Anda memulai, pendapatan iklan tidak dijamin. Untuk mengatasi masalah monetisasi YouTube, banyak pembuat konten menggunakan metode tambahan untuk menghasilkan uang di YouTube.
2. Penempatan Produk
Penempatan produk adalah teknik periklanan kuno yang umum di acara TV dan film; itu berfungsi untuk menghasilkan uang di YouTube juga. Praktik ini pada dasarnya bermuara pada penggunaan merek tertentu untuk mempromosikannya. Misalnya, film dari Sony Pictures mungkin menyertakan bidikan seseorang yang memainkan PlayStation di TV Sony.
Di saluran YouTube, Anda mungkin dapat mencapai kesepakatan penempatan produk dengan perusahaan yang relevan dengan jenis video yang Anda hasilkan. Tentu saja, Anda mungkin perlu membangun pengikut sebelum merek ingin beriklan dengan Anda, jadi ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan saat baru memulai.
Penempatan produk tidak harus menjadi seluruh fokus video Anda—hanya sebagian saja. Menyebutkan atau menggunakan merek dalam video Anda secara alami adalah semua yang diperlukan. Video Rhett & Link yang disematkan di atas adalah contoh penempatan produk yang dilakukan dengan baik, karena video musiknya berdiri sendiri di luar promosi Buick.
Ini adalah taktik periklanan yang solid karena orang tidak dapat melewatkannya. Selain itu, pemirsa sering merasakan hubungan dengan pembuat konten favorit mereka. Ini memberikan lebih banyak keaslian pada rekomendasi Anda, tetapi Anda harus berhati-hati agar ini tidak menjadi bumerang.
Jika Anda tidak menjelaskan bahwa Anda telah dibayar untuk promosi tersebut, atau tidak benar-benar menyukai produk yang Anda ulas, hal itu dapat berdampak negatif pada opini pemirsa tentang Anda. Untungnya, YouTube menyertakan kotak centang untuk memberi tahu semua pemirsa bahwa video berisi konten bersponsor. Ini memperjelas di muka bahwa Anda dibayar untuk penyertaan.
3. Sponsor dan Video Bersponsor
Video bersponsor mirip dengan penempatan produk, tetapi dengan beberapa perbedaan utama. Sementara penempatan produk melibatkan pengintegrasian merek ke dalam video yang ada, video bersponsor sepenuhnya didasarkan pada merek atau produk tersebut.
Misalnya, jika Anda menjalankan saluran game, pengembang mungkin mendekati Anda untuk membuat video tentang gamenya. Karena kemungkinan besar Anda tidak akan memainkan game ini jika tidak, Anda akan memberi tahu pemirsa bahwa pengembang membayar Anda untuk membuat video tersebut. Perjanjian sponsor yang baik akan memungkinkan Anda untuk berbagi pemikiran Anda yang sebenarnya tentang permainan sehingga pujian apa pun tidak dianggap palsu.
Sponsor juga datang dalam bentuk yang tidak terlalu drastis. Banyak YouTuber menyertakan pesan sponsor singkat di awal atau akhir video mereka. Ini pada dasarnya adalah iklan cepat untuk merek yang terpisah dari iklan YouTube. Terkadang, ini termasuk kode diskon bagi pemirsa untuk menghemat sedikit uang jika mereka mendaftar ke layanan tersebut.
Seperti penempatan produk, video bersponsor adalah alternatif yang baik untuk menghasilkan uang, tetapi Anda harus berhati-hati dengannya. Jika Anda tidak terlihat asli, penonton Anda mungkin menganggap video atau sebutan ini dengan selera yang buruk. Jadi, Anda harus mencoba menghindari mengiklankan apa pun yang sebenarnya tidak pernah Anda gunakan, atau tidak benar-benar dukung.
4. Tautan Afiliasi
Anda mungkin pernah mendengar tentang tautan afiliasi, karena banyak situs web menggunakan sistem afiliasi untuk menghasilkan uang. Pada dasarnya, tautan afiliasi memungkinkan Anda membuat URL unik ke situs web. Ketika seseorang mengikuti tautan itu dan membeli produk, Anda mendapatkan persentase kecil dari penjualan.
Ini cukup mudah diatur, dan tidak memerlukan penawaran sponsor dari merek. Jika Anda berbicara tentang produk tertentu di video Anda, Anda dapat menyertakan tautan afiliasi ke halaman Amazon-nya dalam deskripsi. Atau Anda dapat menambahkan tautan afiliasi untuk layanan seperti Audible, tempat Anda akan menghasilkan uang jika seseorang memutuskan untuk mendaftar.
Tautan afiliasi adalah sumber pendapatan pasif yang baik. Lagi pula, jika seseorang tetap akan membeli suatu produk, tidak ada bedanya bagi mereka jika mereka membelinya melalui tautan afiliasi Anda. Seperti metode lainnya, ada baiknya untuk mengungkapkan dengan jelas kepada audiens Anda saat Anda menyertakan tautan afiliasi.
Ingatlah bahwa banyak afiliasi umum telah menyebar di YouTube. Sponsor dari layanan seperti Audible, Squarespace, dan VPN sangat umum, jadi Anda mungkin tidak mendapatkan banyak uang dengan menggunakan tautan afiliasi untuk layanan tersebut karena orang selalu melihatnya.
5. Dana dari Penggemar dan Langganan Channel anda
Banyak orang telah beralih ke pendanaan penggemar sebagai cara alternatif untuk menghasilkan uang di YouTube. Ini sering melibatkan bergabung dengan layanan seperti Patreon atau SubscribeStar yang memungkinkan penggemar menyumbangkan sejumlah uang setiap bulan untuk mendukung saluran favorit mereka.
Sebagian besar pembuat konten yang menggunakan layanan seperti ini menawarkan tingkat imbalan sebagai imbalan atas dukungan penggemar mereka. Anda dapat mencantumkan nama mereka di akhir setiap video, mengadakan obrolan video dengan mereka setiap bulan, memberikan akses awal ke video, atau menyediakan klip di belakang layar. Ini adalah cara yang bagus untuk menghubungkan penggemar terbesar dengan saluran favorit mereka, dan memberikan bentuk pendapatan yang cukup stabil yang tidak bergantung pada iklan.
YouTube kini menawarkan caranya sendiri untuk melakukan ini melalui fitur Channel Membership . Setelah saluran Anda memenuhi pedoman tertentu, Anda dapat mengizinkan pemirsa untuk mensponsori Anda setiap bulan melalui YouTube dengan imbalan beberapa fasilitas, dengan cara yang sama seperti langganan Twitch bekerja. Terserah Anda apakah akan mengejar sponsor di dalam atau di luar YouTube.
Jika Anda melakukan streaming langsung di saluran Anda, Anda juga dapat menggunakan fitur Super Chat . Hal ini memungkinkan pemirsa untuk menyumbangkan uang sebagai imbalan untuk menyoroti pesan mereka untuk sementara waktu selama streaming.
Terakhir, tidak ada salahnya untuk menyiapkan tautan donasi untuk layanan seperti PayPal. Selama Anda tidak meminta uang, seseorang yang menikmati pekerjaan Anda mungkin menggunakan tautan untuk mengirimi Anda beberapa dolar.
6. Menjual Barang Dagangan
Opsi monetisasi lainnya adalah membuat merchandise untuk dijual kepada penggemar Anda. Situs web seperti Spreadshop memungkinkan Anda membuat desain khusus untuk T-shirt, seni dinding, mug, dan banyak lagi. Banyak pembuat konten menawarkan desain yang menampilkan frasa populer, lelucon, atau seni dari video mereka.
Setelah Anda membuat beberapa desain keren, beri tahu pemirsa tentang desain tersebut di awal beberapa video. Selain mencantumkan tautan ke toko Anda di deskripsi video, fitur rak merchandise YouTube memungkinkan Anda menampilkan beberapa produk tepat di bawah video Anda untuk visibilitas yang lebih baik.
Menjual produk fisik adalah cara yang baik bagi penggemar Anda untuk mendukung Anda sambil mendapatkan barang curian keren pada saat yang bersamaan. Anda hanya membutuhkan cukup banyak pengikut sehingga orang akan tertarik untuk membeli merchandise Anda.
7. Pertimbangkan Bercabang ke Layanan Lain
Poin terakhir ini sedikit berbeda dari yang di atas tapi tetap layak dipertimbangkan. Jika Anda telah mencapai titik di mana Anda menikmati kesuksesan di YouTube dan menghasilkan uang, bukanlah ide yang buruk untuk sedikit mendiversifikasi pekerjaan Anda secara online. Menghabiskan waktu di platform lain akan membuka lebih banyak aliran pendapatan untuk Anda.
Misalnya, jika saluran YouTube Anda dikenal dengan video bernaskah tentang topik seperti kiat memasak atau permainan video, Anda mungkin mulai menggunakan Twitch untuk streaming langsung ke pemirsa dan mendapatkan uang melalui langganan di sana. Jika Anda belum menggunakan layanan seperti Instagram untuk mengarahkan lalu lintas ke saluran YouTube Anda, coba posting klip untuk menarik perhatian orang saat mereka menelusuri video di platform itu.
Apakah Anda menggunakan layanan lain untuk membawa lebih banyak orang ke saluran YouTube Anda atau membawa pengikut Anda ke platform lain untuk jenis konten baru, Anda tidak akan terbatas hanya pada YouTube.
Sekarang Anda Tahu Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube
Meskipun Anda memiliki banyak opsi monetisasi YouTube, ingatlah bahwa menghasilkan uang dari YouTube tidaklah mudah. Anda harus menghasilkan video berkualitas selama beberapa waktu untuk membangun penayangan yang diperlukan untuk iklan, sponsor, dan banyak lagi.
Jika Anda baru memulai, fokuslah untuk membuat video yang luar biasa dan membuat saluran Anda menjadi saluran yang diinginkan orang untuk berlangganan. Dan semoga, seiring waktu, audiens Anda akan datang. Anda kemudian dapat melihat lebih dalam opsi monetisasi ini setelah saluran Anda menjadi lebih populer.