4 Tips Aman Menggunakan Pengaturan Privasi WhatsApp Web

Pengaturan Privasi WhatsApp Web, Banyak dari kita sekarang menggunakan versi online WhatsApp— WhatsApp Web . Itu membuat Anda dapat bekerja dan membalas notifikasi dengan mudah karena Anda dapat membiarkan tab tetap terbuka di browser Anda dan beralih di antara aplikasi, sambil menjalankan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami fokus pada Privasi WhatsApp versi web online, termasuk fitur-fiturnya dan cara mengatur pengaturan privasi Anda.

Fitur Privasi dan Keamanan Web WhatsApp

WhatsApp selalu memikirkan penggunanya, apakah mereka menggunakan aplikasi seluler atau versi web online. Inilah sebabnya mengapa mereka selalu memiliki fokus pada enkripsi ujung ke ujung. Asalkan Anda memiliki pembaruan dan tambalan terbaru, Anda terlindungi dari setiap panggilan, pesan, dan pembayaran Anda yang diintai.

Kami telah mencantumkan lima fitur teratas yang disediakan WhatsApp kepada pelanggannya di sini untuk Anda.

Privasi dan Keamanan

Kami telah membahas betapa pentingnya privasi dan keamanan bagi WhatsApp. Dengan kebutuhan untuk tetap terhubung, baik untuk keadaan darurat, pembaruan keluarga atau bisnis, obrolan grup, atau untuk terhubung kembali dengan orang-orang dari masa lalu Anda, WhatsApp telah memastikan bahwa enkripsi ujung-ke-ujungnya telah Anda lindungi.

Semuanya termasuk pesan, panggilan suara, panggilan video, foto, dan dokumen Anda tercakup dan aman.

Pesan Pribadi

Saat Anda mengirim pesan ke pengguna WhatsApp lain dengan WhatsApp Messenger, enkripsi ujung ke ujung sudah digunakan. Enkripsi ujung ke ujung ini memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang Anda kirimi pesan yang dapat melihat dan mendengarkan pesan Anda. Tidak ada orang lain, bahkan WhatsApp, yang dapat mendengarkan dan melihat pesan-pesan ini.

Ini semua otomatis dan tidak ada yang perlu Anda aktifkan atau atur agar berfungsi untuk Anda.

Pesan Bisnis

Setiap pesan WhatsApp diamankan menggunakan enkripsi bahkan sebelum meninggalkan perangkat Anda. Ini berarti bahwa jika Anda menggunakan akun bisnis WhatsApp , pesan yang Anda kirim akan aman—kami mendorong Anda untuk mengingat bahwa ini tidak menghentikan seseorang untuk mengambil tangkapan layar pesan Anda, atau meneruskan pesan aman Anda dari ujung yang lain.

Sementara WhatsApp mempertimbangkan privasi Anda dalam menggunakan WhatsApp messenger, WhatsApp juga memahami bahwa beberapa perusahaan lebih memilih untuk memilih perusahaan induk WhatsApp Meta untuk menyimpan pesan dan informasi dengan aman .

Pembayaran

Tidak setiap negara memiliki opsi untuk menggunakan pembayaran di WhatsApp, tetapi di negara-negara yang bisa, WhatsApp memastikan pembayaran dapat dilakukan antar akun di lembaga keuangan. Sementara rincian kartu dan bank disimpan dan dienkripsi dalam jaringan yang sangat aman, lembaga keuangan memerlukan informasi tertentu terkait dengan transaksi ini.

Itu berarti bahwa meskipun detail bank dienkripsi, informasi yang Anda kirim ke lembaga keuangan tidak akan dienkripsi ujung-ke-ujung.

Mengontrol

WhatsApp ingin memastikan bahwa Anda hanya menerima pesan yang ingin Anda terima. Untuk membantu Anda dalam hal ini, ia menawarkan opsi untuk menghapus atau memblokir seseorang atau perusahaan agar tidak mengirimi Anda pesan yang tidak ingin Anda terima. Anda dapat melakukannya dengan menghapus atau memblokirnya langsung dari obrolan, atau dengan menghapus atau memblokirnya dari daftar kontak Anda.

4 Tips Aman Menggunakan Pengaturan Privasi WhatsApp Web

Meskipun mengetahui bahwa Anda memiliki privasi dan keamanan saat menggunakan WhatsApp Web, mengapa tidak mempelajari trik mudah ini untuk mengetahui cara kerja akun WhatsApp Anda. Kami mencantumkan di bawah ini beberapa tip mudah yang dapat diikuti oleh siapa saja di versi web online.

  1. Masuk ke akun WhatsApp Web Anda menggunakan laptop atau workstation Anda.
  2. Di sudut kiri atas layar Anda, Anda akan melihat tiga titik yang menunjukkan daftar Menu . Klik ini dan kemudian pergi ke Pengaturan .
  3. Gulir ke tengah menu dan klik Privasi 
  4. Menu Privasi memiliki opsi untuk mengedit beberapa item di akun WhatsApp Web Anda. Kami mencantumkannya di bawah ini untuk Anda dengan penjelasan masing-masing

 

  • Terakhir dilihat: Sesuaikan siapa yang melihat terakhir Anda terlihat. Anda tidak akan dapat melihat yang terakhir dilihat orang lain kecuali Anda mengaktifkannya.
  • Foto profil: Sesuaikan siapa yang diizinkan untuk melihat foto profil Anda.
  • Tentang: Ini adalah uraian singkat yang Anda tambahkan ke profil Anda, dan pengaturan ini memungkinkan Anda memilih siapa yang dapat melihat ini.
  • Tanda terima telah dibaca : Tanda terima telah dibaca akan selalu dikirim dalam obrolan grup, namun, untuk obrolan yang dikirim ke individu, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya. Jika dimatikan, Anda tidak akan dapat mengirim atau menerima tanda dibaca.
  • Pesan menghilang : WhatsApp menawarkan kemampuan untuk mengatur periode waktu pesan Anda dapat dilihat sebelum dihapus. Mengubah setelan ini tidak memengaruhi pesan Anda yang sudah ada.
  • Grup: Pilih siapa yang dapat menambahkan Anda ke obrolan grup.
  • Kontak yang diblokir : Lihat siapa yang telah Anda blokir dan putuskan apakah Anda perlu tetap memblokirnya, atau jika Anda perlu membuka blokirnya.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Pengaturan Privasi dan Keamanan WhatsApp Web

WhatsApp tidak hanya ingin kita memiliki kendali atas akun kita, bagaimana kita mengirim dan menerima informasi, serta bagaimana informasi kita diberikan. Ada empat komponen utama yang dicantumkan WhatsApp sebagai alasan mengapa Anda harus menggunakan WhatsApp Messenger.

Pilihan untuk Berbicara dengan Bebas

Baik Anda menelepon seseorang di kota asal Anda atau di negara lain, Panggilan WhatsApp memungkinkan Anda berbicara dengan bebas tanpa takut didengar atau direkam.

Menyimpan Pesan Anda

WhatsApp menyimpan pesan Anda menggunakan enkripsi ujung ke ujung di perangkat Anda. Tidak ada yang akan disimpan di server WhatsApp setelah dikirim.

Lihatlah Dirimu Sendiri

Anda akan selalu dapat mencari sendiri untuk melihat apakah pesan Anda dienkripsi ujung ke ujung. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat pesan itu sendiri atau melihat informasi kontak untuk mengonfirmasi.

Mengetahui semua

WhatsApp memiliki penjelasan teknis enkripsi ujung ke ujung yang tersedia bagi siapa pun yang ingin mempelajari lebih lanjut tentangnya. Ini dikembangkan bekerja sama dengan Open Whisper Systems, yang merupakan tim yang memulai pengembangan perangkat lunak Signal Protocol yang sekarang mendukung banyak enkripsi end-to-end, termasuk WhatsApp.

Merasa Aman, Cara Anda

Dengan begitu banyak hal yang terjadi secara online, mulai dari berbagi cerita pribadi hingga menyerahkan ide dan dokumen bisnis, kami menghargai bagaimana WhatsApp telah berupaya keras untuk memastikan keamanan dan privasi kami saat menggunakan platformnya.

Memastikan Anda mengetahui bagaimana Anda ingin melihat pesan Anda, dan bagaimana Anda ingin orang lain melihat informasi dan pesan Anda, membawa ketenangan pikiran bagi siapa pun yang menggunakan aplikasi WhatsApp.