Ini 14 Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan Langsung Sang Ibu Hamil

Ini 14 Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan Langsung Sang Ibu Hamil, Dulu bahwa tanda wanita hamil adalah menstruasi terlambat. Jika sudah terlambat untuk haid, maka ini bisa menjadi tanda kehamilan yang akurat. Tetapi calon ibu biasanya cemas dan langsung ingin tahu apakah dia hamil atau tidak karena biasanya siklus menstruasi wanita bisa mundur. Nah dari anda yang bingung, mari kita kenali 14 tanda awal kehamilan sebelum menstruasi.

Masalah yang sering dialami oleh calon ibu dalam mengenali tanda-tanda awal kehamilan adalah munculnya sejumlah tanda dan gejala sesaat sebelum menstruasi. Ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Bahkan ketika wanita melakukan tes kehamilan, hasilnya mungkin masih negatif.

14 tanda awal kehamilan sebelum menstruasi

Ada 14 tanda awal kehamilan sebelum anda mengalami haid terlambat. Berikut tanda-tandanya:

1. Suhu tubuh (suhu tubuh basal)
Anda bisa mengetahui tanda-tanda awal kehamilan sebelum menstruasi anda dengan mengukur suhu tubuh anda. Pengukuran suhu tubuh yang paling akurat adalah ketika bangun karena pada saat itu suhu masih belum terpengaruh oleh aktivitas. Aktivitas fisik tentu akan meningkatkan suhu tubuh dan jika anda mengukur suhu tubuh anda di sore hari misalnya, maka pengukurannya tidak begitu akurat.

Secara umum, wanita yang menjalani pembuahan akan mengalami peningkatan suhu tubuh di atas normal, tetapi ini bukan suhu tubuh seperti demam. Namun peningkatan suhu tubuh ini hanya sedikit meningkat, yakni sebesar 0,4-0,6 derajat celcius dari suhu normal. Peningkatan suhu tubuh ini sering disebut sebagai suhu tubuh basal dan dianjurkan untuk mengukur suhu tubuh dengan termometer yang akurat.

2. Nyeri perut bagian bawah
Apakah anda merasakan sakit di perut anda? Tanda-tanda kehamilan yang dapat terjadi adalah sakit perut, terutama di bagian bawah perut bertepatan dengan posisi organ uterus di perut.

Nyeri ini terjadi karena ada proses pembuahan dan kontraksi rahim. Nyeri perut hanya berlangsung sebentar, tidak terus menerus, dan mungkin menyakitkan seperti nyeri haid. Karena itu, banyak ibu yang masih bingung karena sakit perut sulit membedakan dari sakit perut karena pre menstruation syndrome (pms).

3. Perubahan di area wanita
Tanda berikutnya adalah tanda yang mungkin jarang diketahui oleh calon ibu hamil karena biasanya para wanita tidak begitu khawatir dan juga sulit untuk diperiksa. Tanda awal kehamilan sebelum menstruasi datang adalah perubahan di daerah kewanitaan. Perubahannya adalah perubahan warna.

Sebelum hamil, area kewanitaan akan tampak merah jambu. Jika kehamilan terjadi, maka warna akan berubah menjadi lebih pucat atau hitam karena pigmentasi berlebihan selama kehamilan. Tidak hanya bagian feminin yang berubah menjadi hitam, tetapi juga diikuti perubahan warna puting yang agak kehitaman.

Ada juga cairan putih yang mirip dengan cairan putih, tetapi cairan ini lebih encer dan cair, dan tidak berbau. Bedakan cairan putih ini dengan cairan keputihan dalam artikel penyebab keputihan dan cara mengatasi hingga selesai

4. Morning sickness (mual kehamilan)
Tanda kehamilan berikutnya adalah morning sickness (mual muntah) yang biasanya terjadi di pagi hari. Tanda ini terjadi karena peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan kadar asam lambung lebih banyak diproduksi dan memicu mual dan muntah.

Selain itu, kadar hormon human chorionic gonadotropin (hcg) diproduksi di plasenta sejak awal kehamilan meningkat dan menyebabkan gejala mual dan muntah. Tetapi mual muntah ini akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Jika mual muntah terjadi terus menerus dan tidak berhenti, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih baik.

5. Metabolisme glikogen
Glikogen adalah polisakarida yang diproduksi oleh tubuh sebagai cadangan gula. Jika tubuh membutuhkan banyak energi dan nutrisi seperti pada awal kehamilan, maka glikogen akan dipecah dari hati. Jadi perubahan berikutnya yang menandai awal kehamilan sebelum menopause adalah peningkatan metabolisme glikogen. Peningkatan metabolisme glikogen bertujuan untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk janin, tetapi sayangnya proses ini memicu munculnya muntah.

Pada awal kehamilan, organ penting janin mulai terbentuk sehingga asupan asam folat dan nutrisi lainnya sangat penting dan harus terpenuhi, itulah mengapa glikogen dipecah lebih banyak.

6. Sering buang air kecil
Sering buang air kecil tentu saja membuat seorang calon ibu bertanya-tanya. Apakah diabetes ini atau hamil? Tidak seperti diabetes, yang juga ditandai sebagai 3 p (polidipsia, banyak minum, polyfagia, banyak makan, dan poliuria, sering buang air kecil), hanya sering buang air kecil dan tidak ditandai dengan gejala lain dapat menjadi tanda awal kehamilan karena selama kehamilan rahim akan membesar, dan pembesaran inilah yang mendorong kandung kemih, sehingga ibu hamil akan gen

7. Dada menjadi nyeri dan bengkak
Jika dada seorang wanita atau payudara (maaf) terasa sakit bahkan hanya dengan sentuhan ringan dan bengkak, maka ini juga merupakan tanda awal kehamilan sebelum haid tidak diketahui. Ini terjadi karena ada lonjakan dan perubahan hormon yang drastis pada wanita.

Rasa sakit dan bengkak ini sebenarnya juga dialami oleh wanita yang sedang menstruasi, tetapi jika rasa sakit ini terjadi menjelang menstruasi, maka bisa jadi tanda adalah tanda kehamilan.

Pada bulan pertama setelah pembuahan, wanita akan mengalami perubahan hormonal dan akan terus bertahan hingga usia kehamilan menginjak trimester ketiga. Jadi dada wanita akan terus membesar dan rasa sakit dalam persiapan untuk menyusui.

8. Pusing
Gejala yang juga muncul di awal kehamilan adalah pusing. Pusing ini terjadi karena dalam kondisi seperti ini ibu hamil akan mengalami penggunaan glukosa yang lebih tinggi untuk memberikan nutrisi janin.

Selain itu, pusing pada calon ibu hamil juga karena penurunan tekanan darah karena pembuluh darah yang melebar atau melebar untuk memasok darah ke janin.

Selain itu, ibu hamil juga akan mudah bingung jika psikologisnya tertekan karena pekerjaan menumpuk, dan lain-lain.

9. Sesak nafas
Apakah anda merasa lelah naik dan turun tangga secara tiba-tiba? Ini mungkin tanda bahwa anda hamil. Jadi, tanda awal kehamilan adalah sesak napas tiba-tiba karena pada dasarnya perkembangan janin membutuhkan oksigen yang anda hirup, inilah yang menyebabkan anda harus dipukul ketika berjalan ringan.

Selain itu, pembesaran rahim juga merupakan salah satu faktor mengapa anda menjadi sulit bernafas, rahim yang terus membesar akan menekan otot diafragma sehingga paru-paru sulit kembang kempis.

10. Kelelahan
Jika anda lelah dan bahkan merasa sangat lelah hanya karena aktivitas ringan seperti membaca buku, berjalan, menyapu, dan kegiatan ringan lainnya, maka anda mungkin hamil. Ini terjadi karena ada perubahan hormonal dalam tubuh anda.

Ini adalah tanda bahwa jika seorang wanita cenderung mudah kelelahan karena berat badannya yang meningkat, pembagian oksigen yang dia hirup, dan distribusi nutrisi ke janinnya. Pada banyak wanita, kelelahan akan berlanjut hingga trimester pertama dan akan mulai menurun setelah trimester berikutnya. Namun ada juga yang semakin lelah ketika mendekati akhir trimester karena berat perut mereka menjadi lebih besar dan lebih berat.

11. Nyeri punggung
Apakah anda merasakan sakit di punggung bawah anda? Nyeri punggung bawah bisa menjadi tanda bahwa anda sedang hamil awal. Jika anda biasanya tidak merasakan sakit di punggung anda, itu bisa berarti ligamen anda mulai mengikis dan mulai melengkung karena pertumbuhan rahim.

Sayangnya kondisi ini akan terus terjadi selama kehamilan, karena berat badan anda meningkat sehingga berat badan anda menekan tulang pinggul anda.

11. Makan yang banyak
Tiba-tiba anda merasa lapar dan selalu ingin makan. Jika sebelumnya anda tidak seperti ini, maka ini juga merupakan salah satu tanda awal kehamilan sebelum menstruasi. Kondisi ini terjadi karena asupan gizi ibu hamil akan terus meningkat untuk janin, sehingga ibu hamil akan terus merasa lapar.

12. Sembelit
Sembelit adalah masalah umum yang terjadi pada wanita hamil karena sebagai hormon progesteron meningkat karena kehamilan, itu akan menurunkan pergerakan sistem pencernaan.

Pergerakan sistem pencernaan yang menurun juga akan menurunkan proses pembuangan feses dan kondisi ini akan menyebabkan sembelit atau kesulitan.

13. Gangguan suasana hati
Sedikit marah, sedikit teriakan, dan lonjakan emosi yang belum tentu sering terjadi pada wanita yang sedang hamil muda.

Perubahan hormon selama kehamilan akan menyebabkan mood wanita menjadi kurang baik. Ini terjadi karena tubuh anda mencoba membentuk dan menghasilkan hormon baru untuk pertumbuhan janin.

14. Sensitif terhadap bau
Perubahan awal pada wanita hamil adalah peningkatan kepekaan terhadap bau menyengat. Mungkin pada wanita hamil pertama akan terasa normal ketika mencium bau, tetapi ketika hamil bau apapun berubah menjadi buruk dan membuat wanita hamil ingin muntah.

Ini terjadi karena perubahan hormon progesteron yang terus meningkat di awal kehamilan.

Tanda awal kehamilan sebelum menstruasi penting untuk diperhatikan agar calon ibu dapat mempersiapkan dan menjaga kesehatan ibu dan janin. Kehamilan dini harus dan harus diketahui untuk pemenuhan nutrisi asam folat agar janin telah terpenuhi sejak awal.

Penutup
Jika tanda-tanda awal kehamilan sebelum menstruasi di atas tidak membuat anda cepat dan masih tidak yakin bahwa anda hamil, silakan berkonsultasi dengan dokter atau bidan anda agar kehamilan anda dapat diketahui dengan pasti. Tes kehamilan yang dapat dilakukan oleh dokter dan bidan adalah tespack (tes urine), pemeriksaan ultrasound, dan tes lainnya.