17 Khasiat/ Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Yang Banyak Dibicarakan

17 Khasiat / Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Yang Banyak Dibicarakan, Kulit manggis dikenal karena memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Khasiat dari kulit manggis ini tidak berbeda jauh dengan khasiat daun sirsak, buah naga dan sebagainya. Sebelumnya harus mengenal terlebih dahulu apa itu manggis? Buah manggis ini tumbuh didaerah tropik seperti Indonesia.

Pohonnya dapat tumbuh dengan tinggi 7 hingga 25 meter. Ciri khas dari buah manggis yakni berwarna merah keunguan. Buah manggis memiliki khasiat atau manfaat yang berguna bagi tubuh, begitu juga dengan kulit manggisnya. Pada kulit buah manggis terdapat kandungan senyawa kimia alami yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan mencegah beberapa macam penyakit yang berakibat fatal.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

1. Mengobati dan Mencegah Kanker
Dalam kulit manggis terdapat kandungan senyawa xanthone. Nah senyawa ini bersifat anti proliferasi danapoptosis yang dapat memusnahkan sel kanker ataupun tumor.

2. Mengatasi Diare
Diare ini sering sekali menyerang seseorang akibat bakteri yang masuk kedalam tubuh. Akibatnya saluran pencernaan terjadi terganggu. Untuk mengatasi diare ini dapat mengkonsumsi ekstrak dari kulit manggis yang telah berbentuk menjadi kapsul.

3. Meredakan Diabetes
Kadar gula yang berlebihan dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menjadi berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan stroke. Kulit manggis adalah herbal ampuh yang dapat membantu menurunkan diabetes dengan mengurangi dan membawa kadar gula dalam darah melalui air seni.

4. Menangkal Radikal Bebas
Pada kulit manggis terdapat senyawa anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh. Radikal bebas ini dapat masuk kedalam tubuh melalui udara, makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan bakteri.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan pembunuh manusia yang terbanyak. Hal ini disebabkan karena daya kerja jantung tidak setabil dan terdapat kelainan pada jantung. Selain itu kesehatan jantung mencakup memperkuat pembuluh darah, mencegah arteriosclorsis, menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol jahat. Untuk mencegah penyakit jantung, maka konsumsilah ekstrak kulit manggis ini.

6. Membuat Awet Muda
Khasiat berikutnya dari kulit manggis ialah membuat seseorang awet muda. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa dari kulit manggis yang mampu mencerahkan kulit. Kulit manggis mampu melakukan regenerasi sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit terlihat kusam dan kering.

7. Mengatasi Masalah Haid
Jika anda mengalami gangguan haid yang sering terjadi seperti rasa sakit yang teramat sangat. Telat datang bulan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit ini sangat tidak sehat. Oleh sebab itu, cobalah olahan kulit manggis yang penting untuk melancakan haid Anda.

8. Dapat mengatasi keracunan makanan

9. Membantu menyembuhkan sariawan

10. Meringankan peradangan usus besar ataupun kecil

11.Mengurangi sakit gigi

12. Menurunkan demam

13. Mengurangi sakit kepala sebelah atau migran

14. Mengasai masalah insomnia

15. Mencegah infeksi sistem pernafasan dan paru-paru

16. Membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak

17. Memperbaiki kerusakan syaraf

Demikianlah dasyatnya Khasiat dan manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah kulit manggis ini secukupnya agar tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan ini tergolong ringan. Salah satunya adalah alergi pada kulit seperti memerah dan gatal. Selanjutnya dapat menimbulkan rasa pusing dan mual ketika dikonsumsi berlebihan. Kulit manggis yang dapat digunakan adalah bagian dalamnya yang berwarna merah tua. Cara mengambil kulit manggis ini dikeruk dengan menggunakan sendok kecil, kemudian diolah dengan cara direbus atau dikeringkan.