3 Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan

3 Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan

3 Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan, Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik untuk manusia hewan maupun tumbuhan. Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Sehingga tak dipungkiri salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Selain itu Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya.

Jadi kita bisa membayangkan betapa susahnya jika tidak ada air didunia ini. Air juga penting bagi lingkungan dan kelestarian alam beserta isinya. Kemampuan air bisa memperbaiki daya tahan tubuh karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat kita sedang beraktifitas atau pun bekerja. Air juga membantu kita untuk menahan rasa lapar dimana kita ketahui bahwa rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus.

Keberadaan air mampu mengurangi resiko terserang beberapa penyakit. Khususnya penyakit yang sering berhubungan dengan batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar. Dengan meminum air secara teratur akan menghindarkan kita dari gangguan pencernaan yang berakibat sembelit. Tidak hanya itu, air dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masuk angina dan pilek.

Adanya air yang menjadi sumber kehidupan terpenting manusia umumnya diperoleh dari sungai, danau, dan laut. Oleh karena itu sangat penting agar kita tetap melakukan penghematan serta menjaga kebersihan agar air yang kita gunakan dalam keidupan sehari-hari menjadi tidak tercemar dan terganggu oleh ekosistem yang ada.

Pencemaran air merupakan penyebab utama gangguan kesehatan manusia. Apabila air yang dipakai sudah tercemar dan kotor maka penduduk serta makhluk hidup lainnya juga akan merasakan dampak negatif dari penggunaan air yang tidak sehat.

Penyebab pencemaran air antara lain:

Pembuangan limbah industri
Pembuang berbagai macam polutan atau limbah oleh industri seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan ke dalam air akan membuat air menjadi tercemar sehingga tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Pembuangan limbah rumah tangga
Dalam suatu kehidupan ruham tangga, banyak orang yang mendirikan bangunan rumahnya dekat pada pinggiran kali, sungai atau danau. Kemudian secara sengaja hal tersebut dimanfaatkan untuk membuang segala macam limbah baik itu bekas air cucian, air kamar mandi, air masakan dan lainnya yang langsung dialirkan pada sungai.

Pupuk kimia dan peptisida
Aliran air yang digunakan untuk pembuangan pupuk kimia atau peptisida yang berlebih juga akan menjadi pemicu tercemarnya air untuk segala aspek kehidupan manusia.

Erosi
Terjadinya erosi sering kali membawa partikel-partikel tanah menuju pada perairan, sehingga karena ini air akan menjadi kotor dan tecemar.

Racun atau bahan peledak pada perairan
Penggunaan racun atau bahan peledak yang digunakan oleh kebanyakan nelayan untuk mencari ikan akan berdampak buruk bagi kelestarian air, bahkan kerusakan sumber daya air tersebut dapat menyebar luas karna permukaan air yang bisa terbilang luas.

Limbah rumah sakit atau kotoran dari peternakan
Pembuangan yang berasal dari limbah rumah sakit atau peternakan juga akan mengakibatkan terganggunya kehidupan organisme air. Selain itu bernagai macam penyakit karena memproduksi air yang tercemar akan menjadi masalah bagi setiap penggunanya.

Setelah kita mengetahui banyaknya faktor yang menjadi penyebab tercemarnya air, barulah kita memberikan informasi lengkap apa saja manfaat pentingnya air bagi kehidupan baik untuk manusia, hewan maupun tumbuhan.

Manfaat Air Bagi Kehidupan

1. Manfaat air bagi manusia
Air memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan berbagai macam keperluan, diantaranya:

keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya.
keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dan lain-lain.
keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
keperluan pelayaran
keperluan pertanian dan peternakan

2. Manfaat air bagi hewan
Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang juga membutuhkan air. Tanpa air hewan tidak akan dapat bertahan hidup karena tidak ada bedanya dengan kita sebagai manusia yang memerlukan minum dalam kesehariannya. Akan tetapi selain dipergunakan untuk minum, air juga bermanfaat bagi hewan dalam mandi, selain itu sebagai makhluk hidup air, manfaat lainnya juga penting untuk menunjang metabolisme tubuh hewan.

3. Manfaat air bagi tumbuhan
Air akan di bawa melalui akar menuju batang kemudian sampai pada daun dan selanjutnya membantu proses fotosintesis yang akan membuat makanan untuk tumbuhan tersebut. Selain air, matahari juga sangat berpengaruh terhadap proses sempurna pembuatan makanan pada tumbuhan.

Untuk itu bagi manusia mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari sangatlah diharuskan dan berpengaruh baik bagi kesehatan karena hal tersebut berfungsi agar keseimbangan metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga terhindar dari dehidrasi. Demikianlah banyaknya manfaat air bagi kehidupan. Semoga bermanfaat dan berguna, serta dengan adanya pengetahuan tersebut diharapkan para makhluk hidup terutama manusia lebih menghargai pentingnya air dalam berbagai aspek kehidupan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *