Jenis dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Jenis dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita, Manfaat Bawang Merah Sayuran adalah makanan yang menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah bayam merah. Bayam ini bisanya dijadikan sayur yang sangat menyegarkan. Dalam bahasa latinnya, bayam merah ini dikenal dengan nama Alternanthera amoena Voss. Tanaman bayam merah ini pada awalnya dijadikan sebagai tanaman hias, kemudian dijadikan sebagai bahan pangan. Menurut asal-usulnya, bayam merah berasal dari Amerika.

Tumbuhan ini termasuk kedalam tumbuhan tropis dan subtropis. Di Indonesia sendiri, bayam merah dapat tumbuh dengan subur. Pada umumnya bayam yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan. Contohnya seperti bayam hijau. Tanaman bayam yang berada di Indonesia memiliki beberapa jenis. Hampir semua jenis bayam tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia.

Berikut ini adalah beberapa jenis bayam, yaitu:

  • Bayam itik
    Amaranthus blitum atau bayam itik memiliki daun yang lebih kecil dan halus dibandingkan bayam cabut. Perbedaaan dengan warna kemerahan pada bagian tangah dan pada bagian pinggir daun berwarna hijau.
  • Bayam merah
    Bayam merah sangat berbeda dengan bayam yang lain karena bayam ini memiliki warna merah pada bagian daun hingga batang.
  • Bayam duri
    Bayam duri atau yang disebut dengan Amaranthus spinosus L ini biasanya digunakan sebagai obat alternatif. Sangat ampuh dalam mengatasi bisul, demam, sakit tenggorokan, TBC, eksim dan sebagainya.
  • Bayam petik
    Bayam petik atau Amaranthus hybridus ini dapat tumbuh secara liar. Bayam jenis ini hanya dapat dimanfaatkan daunnya saja karena memiliki ukuran yang lebih besar dan daun yang lebih tebal. Sehingga sangat cocok dijadikan keripik bayam.
  • Bayam cabut
    Bayam cabut atau Amaranthus tricolor ini biasanya yang dijual dipasaran. Batangnya cukup lunak dan dapat dikonsumsi hampir seluruhnya. Masa panen bayam ini termasuk cepat, yaitu hanya 25 hari.

Itulah beberapa jenis bayam yang mungkin pernah Anda konsumsi. Pada bayam merah juga terdapat kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Nah, apa saja nutrisi yang terkandung pada bayam merah? Berikut ini adalah tabel kandungan nutrisi pada bayam merah dan bayam hijau, yaitu:

Kandungan

Bayam Merah
Bayam Hijau
Energi
51 kkal
36 kkal
Protein
4,6 gr
3,5 gr
Lemak
0,5 gr
0,5 gr
Karbohidrat
10 gr
6,5 gr
Kalsium
368 mg
267 mg
Fosfor
111 mg
67 mg
Zat besi
2,2 mg
3,9 mg
Vitamin A
5800 SI
6090 SI
Vitamin B1
0,08 mg
0,080 mg
Vitamin C
80 mg
80 mg
Kadar air
82 gr
87 gr

Dibalik dari nutrisi tersebut terdapat manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Dibawah ini adalah ulasan singkat tentang Khasiat Bawang Merah :

  1. Mencegah anemia
    Manfaat yang pertama dari bayam merah ini adalah untuk mencegah anemia. Anemia merupakan suatu keadaan dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam jumlah tertentu. Zat besi yang terkandung pada bayam ini cukup tinggi. Kita tahu bahwa zat besi merupakan bahan utama dalam memproduksi sel darah merah.
  2. Menyehatkan pencernaan
    Bayam merah juga terdapat kandungan serat yang sangat baik bagi pencernaan. Serat akan membantu kinerja usus dalam memproses makanan. Sehingga pencernaan menjadi lancar. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari masalah sembelit atau susah buang air besar.
  3. Membantu perkembangan janin
    Pada bayam merah terdapat folat dan betanin. Fungsi dari folat dan betanin sangat berpengaruh untuk proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Sehingga dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat.
  4. Menjaga kesehatan mata
    Vitamin A yang terdapat pada bayam merah sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Jumlah kandungan vitamin A cukup tinggi, yaitu 248% untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Vitamin ini akan bekerja dengan cara memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
  5. Sebagai antioksidan
    Bayam merah juga dipercaya sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh. Dengan asupan antioksidan ini, maka tubuh akan lebih sehat. Antioksidan juga berfungsi dalam mencegah perkembangan sel penyebab kanker atau tumor.
  6. Mengatasi gangguan ginjal
    Manfaat berikutnya dari bayam merah adalah dapat mengatasi gangguan ginjal. Senyawa pada bayam akan membersihkan ginjal dari purin ataupun zat asing yang masuk kedalam ginjal. Sehingga Anda dapat terbebas dari masalah kesehatan ginjal.
  7. Mengobati demam
    Demam dapat terjadi karena meningkatnya suhu badan tubuh akibat bakteri yang masuk kedalam tubuh. Bayam merah sangat berguna untuk meredakan suhu badan yang tinggi dan demam dan dapat mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Pada bayam merah juga dapat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit seperti batuk dan flu.
  9. Mengobati disentri
    Manfaat selanjutnya dari bayam merah adalah untuk mengobati penyakit disentri. Disentri ini dapat terjadi akibat bakteri atau virus yang masuk kedalam pencernaan. Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung.
  10. Mengobati gigitan hewan
    Luka akibat gigitan hewan atau serangga beracun seperti kalajengking bisa disembuhkan dengan mengguanak bayam merah yang terlebih dahulu dihaluskan. Pasta bayam merah lalu dioleskan pada luka gigitan hewan tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi bayam. Mengkonsumsi bayam merah juga perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebihan. Beberapa efek samping ketika mengkonsumsi bayam merah berlebihan adalah sakit perut, nutrisi kurang dapat diserap oleh tubuh dan gigi terasa seperti berpasir. Demikianlah artikel tentang manfaat bayam merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *