Manfaat Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui

Manfaat Beras Hitam Bagi Tubuh – Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan, Beras merupakan salah satu sumber bahan pangan manusia. Di Indonesia sendiri, beras adalah bahan pangan pokok. Berbeda dengan di Eropa, bukan beras sebagai makanan pokoknya melainkan kentang. Beras hitam, mungkin banyak diantara Anda belum mengetahuinya.

Sekilas memang seperti ketan hitam. Beras hitam terbilang beras yang langka. Warna hitam pada beras ini disebabkan oleh aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas yang tinggi yang baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu warna beras ini hitam. Di Cina, beras hitam hanya dapat dikonsumsi oleh keluarga kerajaan saja. Dalam bahasa latinnya, beras hitam disebut dengan Oryza sativa L.

Di Indonesia, produksi beras merah sangatlah sedikit, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Rasa dari beras hitam cukup nikmat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada beras hitam termasuk tinggi dan menyehatkan. Contoh kandungan nutrisi beras hitam antara lain seperti vitamin B1, B3, B6, vitamin E, serat, zat besi dan fosfor. Khasiat Beras Hitam Dibalik kandungan nutrisi tersebut terdapat manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Nah, apa saja manfaat yang terdapat pada beras hiam?.

Berikut penjelasan singkat tentang manfaat beras hitam, diantaranya:

  1. Menyehatkan Pencernaan
    Beras hitam memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras merah. Serat ini sangat baik bagi tubuh, khususnya pada sistem pencernaan. Pencernaan akan lebih mudah mencerna makanan yang mengandung serat. Selain itu, serat ini juga dapat menurunkan resiko seseorang dari sembelit atau susah buang air besar.
  2. Mencegah Anemia
    Ternyata beras hitam juga dipercaya untuk mencegah anemia. Sebelumnya, anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam jumlah tertentu. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan asupan zat besi. Pada beras hitam, kandungan zat besi ini cukup tinggi. Sehingga dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Kita tahu bahwa zat besi merupakan bahan utama pembentukan sel darah merah.
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Manfaat ketiga dari beras hitam adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol didalam tubuh ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang berlebihan dan dalam jumlah banyak. Pada beras hitam terdapat antosianin yang cukup tinggi. Fungsi dari antosianin hampir sama dengan obat simvastatin yaitu digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.
  4. Mencegah Kanker
    Beras hitam juga dipercaya dalam mencegah kanker. Hal ini juga disebabkan kandungan antosianin. Berdasarkan beberapa riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan sangat aktif untuk mencegah penyakit kanker.
  5. Menurunkan Resiko Diabetes
    Mengkonsumsi beras hitam juga dapat menurunkan resiko terkena diabetes Kalori yang terdapat pada beras hitam rendah, sehingga sangat berkaitan dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi beras hitam atau pun beras merah merupakan salah satu pengobatan yang sangat membantu.
  6. Menyehatkan Jantung
    Beras merah sangat bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Penumpukan kadar kolesterol yang berlebihan didalam tubuh ini dapat menjadi masalah bagi jantung. Hal ini akan membuat penyumbatan pada pembuluh darah. Dengan adanya kandungan serat, maka jantung akan menjadi lebih sehat. Serat ini juga ada pada gandum dan sereal.
  7. Sabagai Anti Penuaan
    Manfaat selanjutnya dari beras hitam ini dipercaya sebagai anti penuaan. Hal ini masih terkait dengan antioksidan pada beras hitam. Antioksidan juga memiliki peran dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih segar dan terlihat awet muda.

Beras hitam juga akan memberikan efek kenyang yang bertahan cukup lama. Ini disebabkan karena kandungan karbohidrat pada beras hitam. Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi beras hitam. Demikianlah artikel tentang manfaat beras hitam bagi tubuh.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *