Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

10 Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

10 Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Khasiat Air Beras bagi tubuh, Beras merupakan bahan pangan yang sangat penting bagi manusia. Beras yang ada di Indonesia memiliki kualitas yang cukup baik. Beras sebelum dimasak harus dicuci terlebih dahulu. Air beras ini yang akan kita bahas ini nantinya. Cucian beras biasanya dibuang begitu saja. Air cucian beras pada dasarnya memiliki warna keruh. Padahal air cucian beras memiliki manfaat yang baik.

Dalam air cucian beras terdapat fosfor. Para wanita di berbagai negara khususnya di benua Asia memanfaatkan air beras untuk kesehatan rambut dan kulit. Bahkan air beras menjadi salah satu bahan yang wajib yang digunakan oleh sebuah suku bernama Suku Yao yang berasal dari Desa Huangluo, Cina. Nah, penasaran dengan manfaat dari air beras bukan?

Khasiat Air cucian beras sebaiknya jangan dibuang begitu saja, karena masih ada beberapa nutrisi. Manfaat air beras tidak hanya bagi manusia saja, tetapi juga bermanfaat bagi tumbuhan.

Berikut Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Menyuburkan tanaman
    Manfaat air beras yang pertama adalah menyuburkan tanaman. Air beras merupakan media alternatif pembawa bakteri pseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman. Jadi gunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman Anda.
  2. Menyuburkan rambut
    Manfaat kedua dari ari cucian beras ini dapat digunakan sebagai penyubur rambut. Caranya dengan menggunakan air cucian beras untuk membilas rambut. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Untuk melihat hasilnya dapat dilihat pada bulan berikutnya. Rambut akan lebih tebal dan berkilau secara alami.
  3. Menghilangkan ketombe
    Selain dapat menyuburkan rambut, air cucian beras juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya gunakan air cucian beras sebagai tonik rambut. Kemudian pijat secara perlahan, sesudah itu bilas dengan shampoo hingga bersih.
  4. Menjaga kesehatan kulit
    Air cucian beras juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Air cucian beras mengandung sedikitnya sisa kulit ari dari beras. Nah dengan menggunakan masker air beras, maka kulit lebih sehat dan dapat mengurangi keriput. Untuk membuat masker, caranya dengan menggerus 1 sendok makan beras hingga menjadi pasta. Kemudian gunakan pasta sebagai masker pada wajah.
  5. Menjaga kesehatan rambut
    Terkadang perawatan rambut yang salah menyebabkan rambut menjadi rusak. Salah satunya adalah rambut kering dan bercabang. Kandungan mineral dan pitera yang terdapat dalam air beras dapat mengobati rambut yang kering dan rusak. Senyawa tersebut akan menjaga kesehatan rambut.
  6. Mengatasi komedo
    Manfaat selanjutnya dari air beras dapat mengatasi komedo. Gunakan air beras untuk membilas wajah. Kemudian diamkan hingga mengering. Setelah itu gunakan waslap atau handuk kecil yang lembut untuk menggosokkan komedo hingga rontok. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu hingga komedo menghilang.
  7. Mengatasi panas dalam
    Air beras dipercaya dapat mengatasi panas dalam. Ternyata cara ini sudah lama digunakan oleh para orang tua untuk mengatasi panas dalam. Caranya dengan cuci beras sebelum dimasak. Buanglah air cucian beras yang pertama, kemudian ambil air cucian beras yang ke 2 atau ke 3. Minum airnya pada pagi hari.
  8. Mengganjal rasa lapar
    Air tajin merupakan air beras yang sudah dimasak ketika sebelum menjadi nasi. Air tajin ini dipercaya dapat menganjal rasa lapar. Kandungan karbohidrat pada air tajin akan membuat perut menjadi kenyang. Air tajin dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.
  9. Menghilangkan flek hitam
    Air beras ternyata juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya dengan gunakan air beras dan kunyit, kemudian gunakan untuk membilas wajah. Lama kelamaan flek atau noda hitam akan memudar dan hilang dengan sendirinya.
  10. Mengobati sakit tengorokan
    Sakit tengorokan dapat terjadi karena bakteri atau virus masuk kedalam tubuh dan bersarang di tengorokan. Untuk mengobati sakit tenggorokan ini dengan cara mengkonsumsi air beras. Caranya sama dengan mengatasi panas dalam.

Air beras yang telah dimasak ini dinamakan dengan air tajin. Air tajin ini dapat dikonsumsi secara langsung. Demikianlah artikel tentang manfaat air beras. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *