Tidur Siang Teryata Bagus Untuk Tubuh

Identik degan Kata Malas, Tidur Siang Teryata Bagus Untuk Tubuh

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan – Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang di lakukan oleh setiap manusia untuk mengistirahatkan pikiran dan tenaga yang di miliki oleh mereka. Sehingga pada saat kita terbangun, stamina yang kita miliki akan pulih seperti sebelumnya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tidur demi menjaga kesehatan tubuh dan fisik. tetapi kebanyakan orang lebih sering melakukannya pada siang hari atau mungkin lebih di kenal dengan sebutan tidur siang.

Ada yang mengatakan bahwa tidur siang merupakan salah satu warisan kolonial. Tetapi sesungguhnya tidur siang dapat memberikan kesegaran pada otak anda. Tidur siang hampir merupakan kewajiban, oleh karena itu bagi sebagian orang yang sibuk bekerja maka akan mungkin tidak memiliki waktu untuk tidur siang. Namun tahukah anda sebenarnya tidur siang dalam waktu yang sebentar dan tidak lama akan memiliki banyak manfaat bagi suatu kesehatan otak pada tubuh kita. Dan tidak hanya omong kosong karena sudah banyak suatu penelitian telah membuktikan.

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan mood
Neurotransmitter serotonin akan mengatur suasana hati, mengatur tidur, serta selera kita, ini akan menyebabkan suatu perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tetapi ketika tubuh kita sedang terganggu stres, serotonin yang digunakan akan lebih tinggi dan sementara produksinya akan berhenti. Hal ini akan mengakibatkan menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Karena tidur siang akan menggenangi otak dengan serotonin, dan membalikkan efek tersebut serta menciptakan pandangan yang lebih positif lagi.

2. Meningkatkan kesehatan tubuh
Kurangnya tidur maka akan mengakibatkan kelebihan pada hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon yang stres, dan dapat membantu kita dalam merespon anggota tubuh. Kelebihan pada kortisol dapat meningkatkan suatu intoleransi glukosa dan lemak perut, serta melemahkan sistem otot dan memberikan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pada pertumbuhan dan testosteron yang ada pada tubuh kita akan membantu mencegah terjadinya hal ini. Akibat dari kelebihan hormon ini akan dapat merusak dan mengakibatkan diabetes dan penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit jantung dan stoke
Tidur siang ternyata juga dapat mencegah penyakit jantung, jika dibayangkan pada saat kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur dan padahal mata sudah sangat berat dan terasa sepet, sudah pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu hal yang lebih parah lagi jika anda memaksakan diri untuk meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentunya pasti akan berakibat buruk. Jika melakukan tidur siang yang singkat selama 20-40 menit maka setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mengurangi stress
Penyakit stress merupakan salah satu sumber penyakit yang membahayakan lainnya seperti gangguan pada syaraf serta jantung. Banyaknya suatu aktivitas yang di kerjakan, akan mengakibatkan otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, dan bisa menjadi beban bagi otak serta dapat menimbulkan stress yang berlebihan. Dan betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya anda dapat tidur siang walau hanya dalam waktu beberapa menit saja. Karenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar seperti sedia kala.

5. Mengurangi insomnia
Ternyata tidur siang mampu mengobati masalah susah tidur pada waktu malam hari atau yang sering disebut juga insomnia. Kebiasaan pada gejala susah tidur pada malam hari ini sungguh tidak baik bagi kesehatan. Karena pada dasarnya tubuh pun perlu beristirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, hal ini merupakan hal yang sepele, namun jika hal sepele ini diabaikan maka anda harus bersiap jika dilanda suatu kelelahan, daya ingat yang menurun, konsentrasi menadi sulit, hingga pada suatu penurunan kualitas kerja dan yang lebih parah lagi sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

6. Meningkatkan fungsi indera dan kreativitas
Menurut para ilmuwan napologist, tidur siang dapat menyebabkan peningkatkan persepsi sensorik dan sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga dapat menyebabkan peningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru serta membuka wawasan yang ada dalam fikiran anda.

7. Meningkatkan daya ingat otak
Ternyata manfaat dari tidur siang mampu meningkatkan daya ingat pada otak, dan sangat baik khususnya bagi orang tua yang sudah lansia. Karena semakin meningkatnya umur, maka mereka akan cenderung melupakkan memori di masa lampau serta menurunnya daya ingat. Namun bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat suatu hal. Anak-anak pun sama pentingnya karena mereka akan belajar dan mungkin mengkhafal kan setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah. dan banyak yang mengatakan bahwa manfaat dari tidur adalah duplikasi dari manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita,

8. Meningkatkan kewaspadaan
Ada dimana saatnya ketika kelopak mata akan sulit terbuka, terutama setelah waktu makan siang dan anda akan mengalami kantuk yang begitu berat. Maka jika sudah seperti ini, anda tentu tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Dan setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian akan kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA telah menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

Tentu nya ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur pada saat malam hari yang biasa kita sebut insomnia. Jika memungkinkan, cobalah atur waktu tidur siang anda. Itulah beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh. Semoga berguna

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *