Ketahui 8 Manfaat Binahong Sebagai Obat Herbal Tradisonal

Manfaat Daun Binahong – Tanaman binahong merupakan salah satu tanaman obat yang tumbuh pada sebuah dataran rendah dan dataran tinggi serta memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit yang berat. Akhir-akhir ini banyak orang-orang yang memanfaatkan binahong untuk dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit.

Manfaat binahong sudah tidak diragukan lagi pada dunia tanaman herbal, dengan batang yang lunak berbentuk silindris, akan berubah menjadi kemerahan jika batangnya sudah tua, tanaman yang menjalar dan merambat akan memudahkan tanaman ini untuk hidup dimana saja.

Tanaman binahong mengandung beberapa antiseptik sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan saponin yaitu salah satu senyawa aktif permukaan yang bersifat seperti sabun, serta dapat dideteksi berdasarkan kemampuan dalam membentuk busa dan menghemolisis sel darah. Polifenol yaitu salah satu jenis senyawa yang cenderung mudah larut di dalam air karena pada umumnya sering kali berikatan dengan gula sebagai glikosida, dan biasanya terdapat dalam sebuah vakuola sel.

akaloid merupakan salah satu jenis senyawa yang bersifat basa yang mengandung satu atau bahkan lebih atom pada nitrogen, biasanya dalam gabungan, sebagai bagian dari sistem siklik alkaloid akan beracun pada manusia dan banyak yang memiliki kegiatan fisiologi yang begitu menonjol, jadi digunakan secara luas pada bidang pengobatan. Dan asam oleanolik yang merupakan salah satu golongan triterpenoid yang merupakan suatu antioksidan pada tanaman.

Manfaat Binahong Sebagai Obat Herbal Tradisonal

1. Mengurangi asam urat
Asam urat yang akan dihasilkan oleh tubuh ternyata akan berlebihan dan menumpuk pada bagian sendi. Setelah menumpuk pada bagian sendi, maka akan menganggu aktivitas anda pada lambat laun. Jika semakin lama dibiarkan, maka akan membentuk sebuah kristal yang dapat menyebabkan suatu kelumpuhan pada jangka panjang. Sudah pasti hal itu tidak akan mungkin dibiarkan jika berlarut-larut.

2. Mengatasi gangguan maag
Maag merupakan salah satu penyakit yang amat sangat menganggu aktivitas manusia pada keseharian. Jika dalam sehari-harinya dengan melakukan cukup banyak pergerakan, akan sangat dibutuhkan tubuh yang fit. Cara mendapatkan tubuh yang fit adalah dengan menjaga kantong nasi agar selalu terjaga sehingga memudah kan kita untuk dapat melahap berbagai makanan. Dan sangat disayang kan apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh akan terasa sakit dan justru akan menganggu suatu kegiatan.

3. Meredakan Kolesterol
Kolestrol merupakan salah satu ketakutan terbesar pada seseorang. Kolestrol yang terlalu tinggi akan sangat menganggu peredaran darah. Terganggunya peredaran darah yang tidak lancar jelas sudah pasti akan sangat menyebabkan suatu penumpukan. Penumpukkan suatu kolesterol ini lama kelamaan akan mengundang banyak nya penyakit. Manfaat binahong dengan senyawanya yang begitu kuat akan mengurangi dan meredakan kolesterol.

4. Obat luar
Untuk luka luar dapat menggunakan binahong dengan pemakaian luar, caranya pun cukup mudah dengan menumbuk halus daun dan batang kemudian dioleskan pada bagian yang luka. Binahong ini dapat menyembuhkan memar akibat benturan, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.

5. Baik Untuk kulit
Manfaat binahong untuk kulit yaitu dapat mengatasi jerawat yang muncul pada wajah, kandungan zat pada binahong dapat secara efektif membunuh bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Cara menggunakan tanaman binahong untuk mengatasi masaalah kulit pada jerawat yaitu dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan secara teratur. Penggunaan tanamana binahong yang teratur akan mempercepat suatu proses penyembuhan pada jerawat. Selain itu, tanaman binahong akan membuat kulit menjadi halus dan cerah

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang mudah terserang yang disebabkan oleh bakteri yang dapat mengakibatkan sistem kekeabalan tubuh menjadi kurang baik. Hal ini merupakan suatu jembatan untuk memudahkan seseorang menjadi tersebar penyakit. Namun virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh akan terjaga jika mengkonsumsi tanaman binahong secara teratur.

7. Mengatasi Hidung mimisan
Tanaman binahong dapat menghentikan aliran darah yang disebabkan oleh mimisan pada seseorang. Tanaman binahong sama hal nya seperti daun sirih yakni dapat mencegah keluarnya darah saat terjadi mimisan.

8. Mencegah tumor dan kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang akan memberikan efek yang sangat buruk pada penderitanya, tidak lain seperti tumor yang dapat juga memberikan efek pada kematian. Jika anda ingin mencegah penyakit tersebut maka anda bisa mnecegah penyakit tersebut dengan mengkonsumsi tanaman binahong sevara teratur.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi tanaman binahong. Untuk menikmati tanaman binahong, dapat direbut, dibuat jus dan dicampurkan pada minuman lain, atau yang lainnya yang dapat menambah selera anda untuk mengkonsumsi tanaman binahong. Demikianlah artikel tentang manfaat binahong sebagai obat herbal tradisonal bagi kesehatan.