Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan, Penyuplay Gizi Tubuh

Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan, Penyuplay Gizi Tubuh

Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan, Penyuplay Gizi Tubuh – Khasiat Kepiting, binatang yang berkaki sepuluh. Pada umumnya kepiting hidup didalam air. Namun, beberapa tempat tertentu juga dapat ditemukan kepiting seperti di sawah, parit atau ditempat yang terdapat air. Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang keras. Senjata utama dari kepiting adalah capit.

Di Indonesia sendiri, kepiting atau ketam ini sangat mudah ditemukan dan banyak dikembangbiaakan. Jenis kepiting memiliki ukuran yang berbeda satu dengan yang lainnya. Bahkan ada kepiting dengan ukuran yang kecil hingga beberapa milimeter. Untuk mendapatkan kepiting, Anda dapat membelinya dipasar. Mengelola kepiting memang sedikit rumit, akan tetapi memiliki citra rasa yang sangat nikmat.

Khasiat Kepiting Hewan yang satu ini sangat cocok dijadikan berbagai jenis menu masakan spesial. Ternyata pada kepiting juga terdapat kandungan gizi yang sangat menyehatkan tubuh. Apa saja kandungan yang terdapat pada kepiting?

Berikut merupakan beberapa kandungan gizi pada kepiting, diantaranya:

– Energi pada kepiting sebesar 151 kkal
– Protein pada kepiting sebesar 13,8 gr
– Lemak pada kepiting sebesar 3,8 gr
– Karbohidrat pada kepiting sebesar 14,1 gr
– Kalsium pada kepiting sebesar 210 mg
– Fosfor pada kepiting sebesar 250 mg
– Zat besi pada kepiting sebesar 1 mg
– Vitamin A pada kepiting sebesar 200 IU
– Vitamin B1 pada kepiting sebesar 0,05 mg

Itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kepiting. Semua zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Dibalik gizi tersebut terdapat manfaat yang sangat besar. Nah, penasaran dengan khasiat kepiting bagi kesehatan?

Berikut manfaat kepiting bagi kesehatan, antara lain:

Menjaga kesehatan janin
Manfaat pertama dari kepiting adalah untuk menjaga kesehatan janin. Hal ini disebabkan kandungan EPA dan DHA pada kepiting yang mampu membentuk sel otak janin. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi kepiting. Dengan masukanya asupan nutrisi tersebut, dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat.

Mencegah osteoporosis
Penyakit osteoporosis pada umumnya akan lebih mudah menyerang seseorang yang memasuki usia lanjut. Osteoporosis merupakan pengeroposan yang terjadi pada tulang karena kekurangan asupan kalsium. Pada kepiting terdapat kandungan kalsium yang sangat baik dalam mencegah osteoporosis. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari penyakit ini.

Meningkatkan stamina tubuh
Pada kepiting juga terdapat kandungan vitamin B12 yang mampu meningkatkan metabolisme asam lemak dan asam amino. Selain itu, kandungan protein juga dapat meningkatkan stamina tubuh yang loyo. Sehingga tubuh memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mencegah penyakit jantung
Manfaat berikutnya dari kepiting adalah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan omega 3 yang mampu menurunkan kolesterol jahat didalam darah. Selain itu kandungan vitamin dan mineral lainnya ampuh dalam mecegah kerusakan sel tubuh yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Mencegah anemia
Siapa yang tidak mengetahui penyakit anemia? Penyakit ini merupakan dimana tubuh seseorang kekurangan sel darah merah dalam jumlah tertentu. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan tidak sanggup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit anemia dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, karena vitamin B12, mineral copper dan mineral zinc pada kepiting memiliki peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Manfaat selanjutnya dari kepiting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Mineral dan vitamin yang terkandung pada kepiting ini mampu menyuburkan rambut, mecegah kulit kering dan kusam. Dengan demikian rambut akan terlihat berkilau.

Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi daging kepiting juga dipercaya dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang tidak kalah menarik dengan wortel. Sehingga Anda dapat terhindar dari resiko penyakit mata yang berakibat hilangnya penglihatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh atau yang disebut dengan sistem imun sangat berguna bagi tubuh. Kandungan selenium pada kepiting berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian kekebalan tubuh akan semakin aktif dalam memerangi zat asing yang berusaha masuk kedalam tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka
Terluka mungkin pernah Anda alami. Terkadang luka tersebut sangat lama ketika proses penyembuhannya. Nah, untuk mempercepat penyembuhan luka dapat mengkonsumsi olahan kepiting. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kepiting akan membantu proses penyembuhan ketika terjadi luka.

Mencegah kanker
Manfaat selanjutnya dari kepiting adalah dapat dipercaya sebagai pencegah kanker. Salah satu jenis kanker yang dapat dicegah adalah kanker prostat. Kanker prostat sering sekali dialami oleh kaum pria.

Informasi tersebut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kepiting. Mengkonsumsi daging kepiting sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kolesterol kepiting cukup tinggi, yaitu 76 mg per 100 gramnya. Selain itu bagi Anda yang menderita asam urat sebaiknya menghindari makanan ini. Kandungan purin dalam kepiting dapat menambah asam urat didalam tubuh. Demikianlah artikel tentang manfaat kepiting bagi kesehatan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0