Taukah Anda 6 Manfaat Kerang Untuk Kesehatan Tubuh

Taukah Anda 6 Manfaat Kerang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kerang Untuk Kesehatan Tubuh, Kerang merupakan hewan air yang sering ditemukan diperairan. Kerang memiliki cangkang yang keras, sedangkan tubuh hewan ini lunak. Oleh sebab itu kerang dikelompokan kedalam hewan moluska. Di perairan Indonesia sendiri juga terdapat berbagai macam jenis kerang. Salah satunya adalah kerang darah, krang hijau ataupun sejenisnya. Makanan kerang ini adalah plankton. Pemangsa kerang adalah cumi-cumi dan ikan besar. Berbagai olahan makanan dari kerang ini mungkin pernah Anda nikmati. Rasanya cukup lezat. Untuk mengkonsumsi kerang dapat direbus bersama kulitnya ataupun diambil bagian dalamnya terlebih dahulu.

Kerang juga memiliki kandungan gizi yang sangat menyehatkan tubuh. Banyak sekali kandungan nutrisinya. Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat kerang yaitu omega 3, vitamin A, vitamin B12, fosfor, protein, kalsium dan potassium. Dibalik dari nutrisi tersebut, ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut 6 Manfaat Kerang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menutrisikan Otak
Setiap 3 ons kerang mengandungn 117 asam eicpsapentaenoic. Omega 3 yang terdapat pada asam lemak tersebut dapat membantu dalam perkembangan sel-sel otak. Selain itu omega 3 ini juga dibutuhkan bagi ibu yang sedang mengandungn untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Menurut departement of health and human servis, USA mengatakan bahwa kerang terbebas dari kandungan merkuri.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat yang kedua dari kerang ini adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Penyakit yang sering menyerang tulang yaitu osteoporosis. Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi keropos karena kekurangan asupan kalsium. Nah, pada kerang juga terdapat kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut sangat baik bagi tulang agar kebutuhan kalsiumya dapat terpenuhi.

3. Membantu Mengatasi Asma dan Bronkitis
Kerang juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi asma dan bronkitis. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino yang meminimalkan gangguan pada pernafasan. Selain itu, terdapat kandungan karbohidrat dan mineral lainnya juga turut serta dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat berikutnya dari kerang adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Ternyata asam lemak omega 3 dalam kerang sangat penting dalam membantu perawatan kulit. Sehingga kulit terlihat cerah, tidak kering dan terhindar dari flek hitam.

5. Mencegah Anemia
Manfaat kerang selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Kekurang sel darah merah dalam jumlah tertentu pada diri seseorang inilah yang disebut dengan anemia. Zat besi yang terdapat pada kerang merupakan bahan utama dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga jika sel darah merah didalam tubuh sesuai, maka oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan berjalan dengan baik ke seluruh tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Ternyata kerang juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Kerang kaya omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler serta dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan fungsi otak karena banyaknya zat besi dan beberapa mineral.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kerang. Ketika mengkonsumsi kerang, hendaknya jangan terlalu berlebihan. Pada kerang juga terdapat beberapa kandungan racun yang akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu gejala akibat keracunan kerang seperti mual, muntah, pusing atau vertigo. Selain itu, pada penderita alergi kerang akan menyebabkan kulit menjadi bentol dan gatal. Oleh sebab itu mengkonsumsi kerang harus Anda perhatikan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0