Sejarah Drone Dari Dulu Sampai Sekarang

Pesawat tanpa awak yang kita kenal sekarang ini dengan nama Drone secara umum di sebut sebagai unmanned aerial vechile (UAV) yang bisa terbang secara otomatis dengan sisterm pengendali di dalamnya Pesawat tersebut bisa di kendalikan untuk mengenai jarak tempuh dan juga ketinggiannya. Di Wikipedia mencatat bahwa penggunaan Drone sebenarnya telah lama di gunakan mulai dari perang dunia ke satu. Austria menjadi negara pertama yang menggunakan drone saat menyerang Italia pada 22 Agustus 1849 dan saat itu Drone masih berbentuk seperti balon udara dengan senjata bahan peladak di dalamnya.

Sementara Drone yang benar benar sebagai pesawat tanpa awak pertama di rancang saat berakhirnya perang dunia ke satu. Saat itu pesawat bernama Hewitt Sperry Automatic Airplane menjadi yang pertama yang sukses terbang dengan kontrol yang masih menggunakan gyroscope. Setelah itu, muncullah pesawat kontrol yang kini kita pakai yang kita biasa kenal dengan sebutan Remote Control (RC). Reginald Denny memproduksi pesawat jenis ini secara massal dan menyuplai kesediaannya kepada Royal Flying Corps selama perang dunia ke satu. Lalu perusahaan tersebut berubah menjadi pembuat Radioplane yang di kemudian hari menjadi Drone penarget.

Menurut Fortune, dunia militer telah mengenal pesawat Drone yang canggih mulai pada tahun 1995. Pesawat General Atomics M-Q-1 Predator mulai menjalaninya. Hingga sekarang, pesawat tersebut masih bisa di gunakan untuk kegiatan pemantuan dan juga kegiatan mata mata.

Pada tahun 2010, Parpot memperkenalkan AR Drone yang bisa di kendalikan melalui perangkat pintar Smartphone. Drone ini mengusung model Quadcopter yaitu pesawat dengan baling baling empat. Saat itu Parrot pertama kali memperkenalkan Dronenya di ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas. Lalu Bos Amazon, Jeff Bezos memperkenalkan sebuah drone yang di katakan mampu di gunakan untuk mengantar makanan. Citre drone yang dulu sempat berbaur dengan militer sekarang mampu di miliki di kalangan masyarakat biasa. Dan sekarangpun Drone di gunakan untuk syuting film, dokumentasi, dan sebagainya dengan menggunakan bantuan kamera Action seperti GoPro, dll.