Menang Lawan Vetnam, Simak Empat Fakta Menarik Ini

Bangkit.co.id—Berhasil tahan imbang Vietnam 2-2 pada leg kedua laga semifinal, Tim Nasional Indonesia berhak melaju ke final Piala AFF 2016 setelah unggul agregat gol 4-3.

Pada laga yang dilaksanakan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. Timnas berhasil menciptakan gol lebih dahulu pada menit ke-54 lewat Stefano Lilipaly. Tertinggal satu gol, Vietnam semakin menekan di sisa pertandingan, hingga menciptakan gol di sepuluh menit terakhir. Untungnya, pada saat babak tambahan waktu, Manahati Lestusen berhasil kembali samakan kedudukan 2-2.

Berdasarkan keberhasilan timnas melaju ke Final Piala AFF 2016, ada empat hal yang menarik untuk disimak.

  1. Boaz Salossa adalah pemain paling penting atas kemenangan timnas. Selain sebagai kapten tim, Boas telah menciptakan 3 gol selama ajang AFF ini. Boaz juga yang memberikan umpan untuk Lilypali mencetak gol. Oleh sebab itu, maka tidak heran jika pemain Persipura ini selalu menjadi penentu kemenangan Timnas.
  2. Langkah Alfred Riedl pada babak kedua menarik keluar Boaz, Lilipaly dan Andik Vermansyah sehingga berakibat pada berbaliknya kedudukan 2-1 sempat mengkhawatirkan. Namun, langkah tersebut justru dapat membalikkan keadaan pada menit tambahan lewat tendangan pinalti.
  3. Pemilihan Alfred Riedl sebagai pelatih yang sempat menuai kontrofersi nampaknya adalah langkah yang tidak buruk. Pria asal Australia ini menjadi pelatih yang bisa dikatakan cukup mampu mengembalikan kepercayaan diri timnas disaat transisi kepengurusan dari kevakuman. Prestasi terbaik Alfred sebelumnya adalah pada 2010 berhasil membawa timnas Indonesia ke Final AFF. Walaupun kontraknya tidak akan diperpanjang, jika berhasil membawa Indonesia menang di final, bisa berarti ia akan ditawari kontrak baru.
  4. Kesempatan final ini adalah satu ajang penebusan bagi timnas Indonesia. Selama empat kali melaju ke final, Indonesia belum pernah sekalipun mengangkat trofi Piala AFF. Inilah saat Indonesia membuktikan diri dengan mengalahkan Thailand di final nanti.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *