Dolberg, Pemain Muda Ajax Yang Disebut Ibrahimovic Baru

Bangkit.co.id – Kasper Dolberg, pemain muda Ajax Amterdam tengah menjadi buah bibir pecinta sepakbola Liga Belanda. Penampilannya yang memukau di usia yang baru menginjak 19 tahun, mengingatkan para penggemar Ajax kepada Zlatan Ibrahimovic, mantan pemain Ajax yang kini bergabung dengan Mancester United.

Selain keahliannya mengolah bola, Dolberg juga memiliki banyak kemiripan dengan Ibrahimovic. Seperti yang dilaporkan oleh laman Daily Mail, mereka sama-sama ditemukan oleh pencari bakat John Steen Olsen. Postur tinggai Dolberg 185 cm, sangat mirip dengan tinggi Ibra.

Teknik bermain bola Dolberg pun hampir sama dengan yang dimiliki Ibra. Dolberg sangat cepat dalam berlari sehingga kerap merepotkan barisan pertahanan lawan. Posturnya yang cukup tinggi pun membuatnya kuat dalam duel-duel udara. Tidak hanya itu, Dolberg merupakan tipikal pemain penyerang yang cerdik dan tidak terduga oleh lawan.

Senjata andalan Dolberg adalah tendangan keras terarah dengan kaki kanannya. Tercatat, dalam semua kompetisi yang ia lakoni bersama Ajax, ia mampu mencetak 21 gol, 8 gol diantaranya ia torehka di Liga Belanda dalam 11 pertandingan. Persatasi gemilang Dolberg membuatnya masuk dalam urutan pencetak gol terbanyak Liga Belanda.

Lebih lagi, Dolberg merupakan pemecah kebuntuan selama enam tahun terakhir, dimana ia menjadi yang pertama mencetak hat-trick. Hebatnya, 3 gol yang ia cetak saat melawan NEC Nijmegen hanya membutuhkan waktu 37 menit. Prestasi itu membuatnya sebagai pecetak hat-trick tercepat kedua dalam sejarah Ajax setelah legenda mereka Marco van Basten.

Awalnya, Dolborg bergabung dengan Ajax di tim U-19 pada 2015. Bersama Ajax junior itu, ia berhasil mencetak 8 gol dalam 22 pertandingan.

Masuknya Dolberg ke tim utama, tidak lain adalah karena adanya pergantian pelatih dari Frank de Boer kepada Peter Bosz. Dibawah pelatih baru, ia direkrut untuk skuat utama, walaupun harus menjadi pemain lapis dua.

Tidak lama, Dolberg dalam dua minggu kemudian berhasil menunjukkan taringnya. Ia berhasil menjadi penyelamat tim saat melawan Roda JC dengan mencetak gol. Berkat kejeliannya itu, akhirnya Bosz terus memakai Dolberg di skuat tim utama.

Dalam hal ketenangan di depan gawang, Dolberg justru banyak dikatakan pula mirip dengan legenda Ajax lainnya, yaitu Denis Bergkamp. Sementara dalam hal gaya perimanan Dolberg justru dikatakan mirip dengan legenda Akax, Marco van Basten berkat keahliannya dalam mencetak gol.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *