6 Aplikasi Manajemen Bisnis Terbaik untuk Freelancer

Aplikasi Manajemen Bisnis Terbaik dan paling mudah digunakan untuk para freelancer. Sebagai pekerja lepas, mengelola bisnis Anda bisa sangat melelahkan. Anda dapat menggunakan alat manajemen bisnis ini untuk membantu Anda tetap teratur dan efisien.

Menjadi seorang freelancer memiliki banyak keuntungan, termasuk membuat jadwal Anda sendiri. Setelah mapan, Anda juga akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengerjakan proyek yang Anda minati. Dan dalam banyak kasus, pekerja lepas dengan kinerja tertinggi menghasilkan lebih banyak daripada pekerjaan penuh waktu.

Namun, freelancing memiliki banyak tantangan. Meskipun Anda harus memberikan pekerjaan berkualitas tinggi kepada klien Anda, Anda harus ingat bahwa Anda sedang menjalankan bisnis. Akibatnya, Anda harus berinvestasi dalam perangkat lunak yang menyederhanakan alur kerja Anda. Jika Anda sedang mencari alat untuk membantu bisnis freelance Anda berjalan lebih efisien, teruslah membaca dan temukan enam yang terbaik.

6 Aplikasi Manajemen Bisnis Terbaik untuk Freelancer

1. Workspace Dari Fiverr

Workspace oleh Fiverr sebelumnya dikenal sebagai AND.CO . Dan jika Anda sedang mencari solusi untuk mengelola berbagai aspek bisnis Anda di satu tempat, Anda dapat melakukan jauh lebih buruk daripada platform ini.

Saat Anda menggunakan Workspace oleh Fiverr, Anda dapat dengan mudah menambahkan pendapatan dan pengeluaran—dan Anda dapat melakukannya dalam berbagai mata uang. Meskipun Anda memiliki Dolar AS dan Euro, Anda juga dapat melacak penghasilan Anda di Krone Denmark dan Złoty Polandia.

Workspace by Fiverr juga memungkinkan Anda mengirim faktur ke klien Anda, dan Anda dapat mengintegrasikan PayPal dan Stripe untuk memudahkan mereka membayar Anda. Selain itu, Anda dapat membuat proposal dan langganan—bersama dengan menetapkan sasaran penagihan untuk tahun tersebut.

Platform ini memiliki paket gratis, yang memungkinkan Anda membuat kontrak, dan memiliki keuntungan lain—seperti integrasi dengan Fiverr. Namun, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli versi lengkap—yang menawarkan analitik dan banyak lagi. Anda dapat membayar setiap tahun dengan $216 per tahun, dan Anda memiliki opsi untuk membayar bulanan—yang akan dikenakan biaya $24 per bulan.

2. Notion

Anda mungkin tahu tentang Notion sebagai aplikasi pencatat, tetapi lebih dari itu. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk berbagai alasan , dan mengelola bisnis freelance Anda adalah salah satunya.

Notion adalah alat yang sangat baik untuk mencatat catatan dari setiap kursus lepas yang Anda ikuti, dan Anda juga akan merasakan manfaatnya untuk mencatat ide yang mungkin ingin Anda sampaikan kepada klien. Namun, Anda dapat melangkah lebih jauh.

Karena halaman Notion dapat diekspor sebagai PDF, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk membuat kontrak, proposal, dan faktur. Dan jika Anda menggunakan salah satu dari banyak template yang tersedia, Anda juga dapat melacak jangkauan klien Anda di Notion.

Notion juga memiliki beberapa kegunaan lain bagi para pekerja lepas yang ingin mengelola bisnis mereka. Misalnya, Anda dapat melacak penghasilan Anda dengan membuat tabel—bersama dengan melacak proyek Anda saat ini dan kemajuannya.

Versi paling dasar dari Notion adalah gratis, dan sebagian besar pekerja lepas tidak memerlukan langganan berbayar. Namun, saat Anda menskalakan, Anda mungkin ingin berinvestasi di salah satunya. Penetapan harga adalah sebagai berikut:

  • Personal Pro : $48 per tahun (langganan tahunan), $5 per bulan (langganan bulanan).
  • Tim : $96 per tahun (langganan tahunan), $10 per bulan (langganan bulanan).
  • Perusahaan : Harga kasus per kasus dan paket tersedia.

6 Aplikasi Manajemen Bisnis Terbaik

3. HoneyBook

HoneyBook adalah salah satu alat terbaik untuk mengelola proyek klien dan mengatur pembayaran . Anda akan menemukan beberapa alat untuk membantu Anda dalam hal ini, termasuk kemampuan mengirim pengingat pembayaran. Anda juga dapat mempermudah perusahaan tempat Anda bekerja untuk membayar Anda dengan mengirimkan faktur yang mudah dibuat.

Karena waktu adalah sumber daya terpenting Anda sebagai pekerja lepas, Anda juga akan menikmati solusi otomasi HoneyBook. Anda akan menerima pengingat saat Anda memiliki tenggat waktu tugas tertentu, dan Anda juga dapat mengirim email dan file tanpa banyak pekerjaan manual. Di dalam HoneyBook, Anda juga akan menemukan fitur pelacakan proyek, alat komunikasi klien, solusi untuk pemesanan rapat, dan banyak lagi.

HoneyBook berharga $39 per bulan jika Anda memilih langganan bulanan, dan $390 per tahun jika Anda memilih untuk membayar setiap tahun. Pada saat penulisan pada Desember 2022, Anda hanya dapat menggunakan HoneyBook di AS dan Kanada—tetapi perusahaan berencana untuk meluncurkan layanannya ke negara lain di masa mendatang.

4. Holvi

Jika Anda berbasis di Eropa dan membutuhkan alat pembukuan, Anda mungkin menganggap Holvi sebagai opsi yang layak. Perusahaan ini berkantor pusat di Helsinki, Finlandia, dan membuat perangkat lunak untuk pekerja lepas dan pemilik usaha kecil untuk mengelola keuangan mereka.

Saat Anda menggunakan Holvi, Anda dapat membuka rekening bank bisnis dan menerima kartu pembayaran. Untuk memastikan Anda dibayar untuk layanan Anda dengan cepat, Anda juga dapat mengirim faktur ke klien Anda. Jika Anda bekerja dengan klien yang tidak berbahasa Inggris, Anda mungkin menemukan opsi multibahasa faktur sangat berguna; Anda dapat membuat dokumen semacam ini dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Finlandia.

Selain kartu bank fisik, Anda juga bisa menggunakan kartu virtual dengan Holvi. Selain itu, Anda dapat menambahkan kuitansi untuk pengeluaran—plus banyak lagi. Untuk menggunakan Holvi, Anda harus berbasis di Inggris Raya atau salah satu negara EEA—yang terdiri dari 27 negara anggota UE, ditambah Norwegia, Liechtenstein, dan Islandia. Biaya Holvi Lite €9 per bulan ditambah PPN, sedangkan Holvi Pro dihargai €15 per bulan ditambah PPN.

5. Google Drive

Banyak alat manajemen bisnis lepas yang telah kita diskusikan sejauh ini memerlukan langganan, tetapi Anda juga akan menemukan banyak layanan gratis yang tersedia. Google Drive lebih dari cukup untuk mengelola seluk beluk perusahaan Anda, misalnya.

Anda dapat menggunakan Google Sheets untuk melacak penghasilan dan proyek Anda, dan alat ini juga berguna untuk mengawasi jangkauan klien Anda. Sementara itu, Anda dapat membuat faktur, kontrak, dan proposal dengan Google Dokumen.

Saat menggunakan Google Drive, Anda dapat menyimpan semua dokumen Anda di folder yang mudah ditemukan. Untuk menggunakan layanan ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar akun Google.

6. Asana

Untuk mengumpulkan daftar perangkat lunak manajemen bisnis terbaik kami untuk freelancer, kami akan melihat Asana. Lebih dari segalanya, Asana adalah alat yang hebat untuk melacak proyek Anda — dan antarmuka yang ramah pengguna membuatnya mudah untuk mengubah status masing-masing proyek.

Saat menggunakan Asana, Anda dapat membuat tenggat waktu dan menambahkan deskripsi ke setiap tugas Anda. Selain itu, Anda dapat mengunggah file dan menambahkan tautan ke dokumen penting. Selain mengelola proyek yang ada, Anda dapat menggunakan Asana untuk melacak tenggat waktu penting—seperti saat Anda perlu mengajukan pengembalian pajak.

Aplikasi Manajemen Bisnis Terbaik

Mengelola bisnis Anda sebagai pekerja lepas bisa terasa kacau, terutama di tahap awal saat Anda melakukan segalanya untuk diri sendiri. Namun, itu tidak perlu. Anda akan menemukan banyak alat berguna untuk membantu Anda mengelola beberapa area perusahaan Anda—beberapa di antaranya berbayar dan lainnya dapat Anda peroleh secara gratis.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan beragam solusi untuk membantu Anda mengelola bisnis freelance Anda, sehingga patut dicoba sebanyak mungkin yang tersedia di tempat Anda tinggal. Dengan begitu, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk Anda.