Wajib Simak Aturan Hak Cipta YouTube Yang Harus Diketahui Kreator

Menjadi Youtuber bukanlah hal yang mudah, ada banyak sekali aturan yang harus ditaati jika ingin mendapatkan hasil. Berikut Aturan Hak Cipta YouTube Yang Harus Diketahui Kreator khususnya pemula.

Jika Anda ingin mulai mengunggah di YouTube, Anda harus memahami aturan hak cipta agar saluran Anda tidak dihentikan.

YouTube telah ada selama beberapa dekade, dan meskipun telah berkembang dan berubah sedikit, satu hal tetap konstan sepanjang perjalanannya — aturan hak cipta. Siapa pun dapat mengunggah di YouTube, tetapi tidak ada yang boleh melanggar hak cipta.

Dan meskipun banyak yang tahu tentang aturan hak cipta YouTube dan sikap tanpa kompromi, beberapa pembuat konten di platform masih mencoba untuk melanggar aturan atau percaya bahwa itu tidak boleh berlaku untuk mereka. Lebih buruk lagi, beberapa memanfaatkan celah dan menyalahgunakan sistem hak cipta.

Mari selidiki dunia hak cipta YouTube, cara kerjanya, mengapa itu penting, dan konsekuensi dari pelanggarannya.

Jadi, Anda telah memutuskan untuk memulai karir sebagai YouTuber . Apa sekarang? Anda sedang mengerjakan video pertama Anda , dan memiliki pertanyaan tentang hak cipta. Nah, jika Anda mengunggah video yang Anda buat yang hanya berisi konten yang Anda buat sendiri, hak cipta atas video itu adalah milik Anda.

Aturan Hak Cipta YouTube

Anda tidak dapat mencuri konten orang lain dan mengunggahnya kembali sebagai milik Anda atau memasukkannya ke dalam video Anda tanpa izin untuk melakukannya. Itu termasuk musik, film dan klip acara, konten video orang lain, dan apa pun yang tidak Anda buat atau miliki sendiri. YouTube cukup ketat dalam hal ini, dan Anda akan dihukum jika mencuri karya orang lain.

Baca juga: 12 Ide Konten YouTube Yang Menarik Untuk Pemula Membuat Channel Baru

Sesuai aturan hak cipta YouTube , pelanggaran pertama Anda akan mendapatkan teguran hak cipta, dan jika Anda mendapatkan tiga teguran, Anda akan diblokir dari platform dan saluran Anda akan dihapus.

Tentu saja, itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan konten hak cipta sama sekali. Ini berarti bahwa jika Anda ingin menggunakan konten yang bukan hak Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Anda harus memiliki izin dari pembuat aslinya untuk memasukkannya, atau Anda harus mematuhi aturan penggunaan wajar . Untuk sesuatu yang termasuk dalam penggunaan wajar, Anda harus membuktikan bahwa Anda menggunakan konten berhak cipta untuk berkomentar, mengulas, atau mengkritik konten tersebut atau menggunakannya untuk membuat parodi.

Baca Juga: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kena Teguran Hak Cipta di YouTube

Secara umum diterima bahwa untuk sesuatu yang diklasifikasikan sebagai penggunaan wajar, komentar dan kritik Anda sendiri harus lebih besar daripada konten lain yang Anda gunakan dan tambahkan ke dalamnya. Jadi Anda hanya duduk di sana menonton, nyaris tidak mengucapkan sepatah kata pun, tidak akan melakukannya.

Apakah sesuatu itu penggunaan wajar ditentukan berdasarkan kasus per kasus, dan banyak orang memanfaatkan sistem ketat YouTube untuk melaporkan pelanggaran hak cipta saat tidak ada. YouTube masih mengalami kesulitan memilah antara keluhan nyata dan palsu, berkat orang-orang yang memanfaatkan kebijakan ketatnya tentang hak cipta.

Niat Tidak Penting

Dalam hal hak cipta YouTube, niat Anda tidak akan menyelamatkan Anda dari teguran. Jika Anda melanggar aturan tanpa mengambil langkah yang tepat, Anda akan menghadapi konsekuensi. 

Atribusi Tidak Cukup

Apa itu atribusi? Nah, atribusi adalah Anda langsung mengatakan dalam video Anda “konten ini berasal dari [penulis asli]” atau memasukkan informasi tersebut ke dalam kotak deskripsi video, judul video, atau komentar yang dipasangi pin.

Ya, Anda mungkin telah mengaitkan konten tersebut dengan pembuat aslinya, tetapi tidak, itu tidak cukup untuk menyelamatkan Anda dari pelanggaran hak cipta.

Untuk konten yang bukan milik Anda, Anda harus mendapatkan izin dari pembuatnya untuk menggunakannya dan/atau memberikan banyak komentar atas rekaman tersebut sehingga termasuk dalam penggunaan wajar. Sekedar menyatakan bahwa Anda menggunakan karya orang lain tidak akan menjadi alasan Anda, bahkan jika Anda memiliki niat terbaik, seperti ingin memuji atau meneriaki pencipta aslinya.

Mematikan Monetisasi Tidak Membuatnya aman

Sebagai pembuat konten, Anda dapat menghasilkan uang di YouTube . Ini memungkinkan Anda memonetisasi video Anda segera setelah Anda mencentang dua kotak. Satu, Anda harus memiliki minimal 1.000 pelanggan. Dan dua, Anda harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton selama 12 bulan terakhir. Setelah itu, Anda bebas mengaktifkan monetisasi dan menghasilkan uang dari konten Anda.

Karena itu, jika Anda melanggar aturan hak cipta dan menggunakan konten orang lain secara salah, tidak masalah apakah Anda mengaktifkan monetisasi untuk video itu atau tidak. Beberapa pembuat konten berada di bawah ilusi palsu bahwa jika mereka tidak memonetisasi konten yang dicuri, YouTube tidak masalah jika mereka melanggar hak cipta. Itu tidak benar.

Terlepas dari apakah Anda memilih untuk memonetisasi konten yang dicuri atau tidak, Anda akan mendapatkan teguran hak cipta jika tidak mematuhi aturan hak cipta.

Jadi apa yang terjadi jika Anda melanggar konten berhak cipta? Mari kita periksa konsekuensi yang mungkin terjadi.

Mendapatkan Teguran

Ada dua jenis teguran di YouTube: teguran hak cipta dan teguran pedoman komunitas

Anda bisa mendapatkan teguran pedoman komunitas karena berbagai alasan. Misalnya, jika Anda menggunakan jenis gambar mini yang salah untuk video Anda, yaitu jika gambar itu menyesatkan dan tidak mencerminkan apa yang sebenarnya ditampilkan dalam video tersebut. Untuk menghindari teguran pedoman komunitas, sebaiknya pelajari Pedoman Komunitas YouTube .

Anda akan mendapat teguran hak cipta jika Anda menggunakan materi berhak cipta dalam video Anda. Seperti yang dijelaskan, itu bisa berupa musik, klip, gambar, atau apa pun yang tidak Anda miliki haknya atau izin untuk menggunakannya.

Meskipun Anda dapat mengajukan banding atas teguran hak cipta dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut, berhati-hatilah agar tidak menerima terlalu banyak. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mendapatkan tiga teguran hak cipta berarti kehilangan saluran dan semua video Anda dan dilarang dari platform.

Pemberitahuan Penghapusan

Jika pemilik hak cipta melihat konten mereka digunakan oleh orang lain dalam video tanpa izin, pemilik hak cipta dapat mengirimkan keluhan ke YouTube.

Jika YouTube kemudian menentukannya sebagai keluhan yang valid, Anda dapat menghapus video Anda. Selain menghapus video, YouTube juga memberi Anda teguran hak cipta.

Kecocokan ID Konten

Apa itu ID Konten? Ini adalah sistem otomatis yang digunakan YouTube untuk mencocokkan konten yang dianggap melanggar hak cipta. Karena ribuan video diunggah ke YouTube setiap jam, Content ID cukup membantu dalam memeriksa jutaan video dan memastikan tidak ada pelanggaran hak cipta.

Agar ID Konten berfungsi, pemilik hak cipta harus mengunggah file referensi atau, dengan kata lain, versi asli dari karya mereka, sehingga mudah diverifikasi bahwa mereka memiliki hak tersebut.

Contoh paling sederhana adalah dengan artis musik membuktikan bahwa mereka memiliki hak atas lagu mereka. Banyak pembuat konten YouTube mendapatkan pelanggaran hak cipta yang tidak perlu karena menggunakan materi berhak cipta, meskipun ada banyak tempat online Anda dapat menemukan suara bebas royalti dan klip video bebas royalti untuk digunakan.

Saat Anda mengupload file referensi sebagai pemilik hak cipta, YouTube menggunakan sistem Content ID untuk memeriksa semua video yang baru diupload dan menentukan apakah ada orang yang mencuri karya Anda. Dan, jika ada kecocokan, YouTube secara otomatis mengajukan klaim hak cipta atas nama Anda.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Misalnya, Anda dapat menggunakan Pustaka Audio YouTube, yang menyimpan lagu-lagu bebas royalti yang dapat Anda gunakan di video Anda. Ada juga banyak situs online yang memungkinkan Anda mengunduh musik bebas hak cipta secara gratis.

Dan, jika Anda ingin menggunakan materi berhak cipta, pastikan Anda memiliki izin untuk melakukannya. Jika tidak, Anda mengambil taruhan besar. Ada banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan alih-alih melanggar hak cipta, karena hal itu memiliki konsekuensi, dan Anda akan kehilangan saluran dan semua video Anda, serta dilarang sepenuhnya dari YouTube. Tidak sebanding dengan risikonya.

Bagaimana sobat?, betulkan ada banyak sekali Aturan Hak Cipta YouTube yang wajib ditaati atau jika anda membandel maka hilanglah impian anda untuk mendapatkan uang dari youtube.