Pengingat Angka Romawi 10 Sampai 20 Berikut Cara Penulisannya

Berikut adalah penulisanangka Romawi 10 Sampai 20 mungkin banyak yang belum mengetahui atau sudah pernah paham tetapi hilang dari ingatan. Dapat dijadikan pengingat cara penulisan angka romawi 10-20 nomor lain menyusul pada artikel berikutnya.

Lazimnya orang akan selalu ingat cara menulis angka romawi 10 Sampai 20 tetapi untuk bilangan besar banyak yang lupa atau bahkan belum mengetahuinya, angka romawi 10-20 seperti apa?, bingung?. ini bukanlah hal yang aneh karena angka romawi memang jarang sekali digunakan sehingga orang terlalu sibuk untuk menghafal bahkan bisa dianggap tak ada manfaatnya. Namun tak jarang pula kita memerlukannya dalam hal pekerjaan atau sekedar mengajari anak kita belajar.

Perlu diketahui Angka Romawi atau bilangan Romawi merupakan sistem penomoran yang diwarikan dari jaman Romawi kuno. Sistem penomoran ini menggunakan huruf Latin sebagai simbol untuk melambangkan angka numerik.

Penulisan Angka Romawi 10 Sampai 20

10X10
11XI10+1
12XII10+1+1
13XIII10+1+1+1
14XIV10-1+5
15XV10+5
16XVI10+5+1
17XVII10+5+1+1
18XVIII10+5+1+1+1
19XIX10-1+10
20XX10+10

Penggunaan angka Romawi

Digunakan untuk Nama raja dan paus, misalnya Hamengkubuwana VIII dari Jawa, Paus Benediktus XVI. Ini disebut sebagai nomor regnal dan biasanya dibaca sebagai ordinal ; misalnya II diucapkan “ III yang kedua, yang ketiga dan seterusnya”.

Sebagai urutan generasi, misalnya di AS, untuk orang yang memiliki nama yang sama lintas generasi, contoh William Howard Taft IV .

Jika anda cermat hampir di semua buku menggunakan Penomoran halaman kata pengantar, lampiran menggunakan angka romawi, betul?. ini juga salah satu fungsi dari angka/huruf romawi.

Angka romawi jga dipergunakan untuk mengatur kode dalam hukum yang merupakan bagian dari garis besar alfanumerik.

Secara khusus apabila sobat mengamati Koramil, Kapolsek biasanya juga menggunakan angka romawi. Hal ini sering kita jumpai setiap hari tetapi kita sama sekali tak merasa penasaran angka berapa yang dimaksud, bukan terlalu cuek tetapi memang urusan kita terkadang tidak berkaitan dengan hal tersebut.

Dan masih banyak lagi fungsi atau kegunaan angka romawi dalam berbagai bidang, disini kita tidak membahas semuanya dan fokus pada penulisan angka romawi 10 Sampai 20 saja barang kali ada yang sedang membutuhkan untuk keperluan masing-masing. Dan sebagai penutup bangkit mengucapkan banyak terima kasih karena sobat telah berkenan singgah di halaman bangkit sekedar untuk membaca tulisan yang kita terbitkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.