Internet 5G, Cara Kerja Generasi Kelima Teknologi Seluler

Sering didengar tentang ponsel yang dilengkapi dengan jaringan internet 5G, sebenarnya Bagaimana cara kerja 5G – dan adakah yang harus Anda khawatirkan?. 5G internet telah menjadi salah satu kata kunci terbesar di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Sebagai generasi berikutnya dari teknologi seluler, kecepatan yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah itu menawarkan janji untuk mengubah segalanya dari telepon Anda ke internet di rumah ke bidang-bidang seperti mobil self-driving dan operasi jarak jauh. Tapi ada juga banyak informasi buruk , rumor, dan teori konspirasi yang sangat aneh .

Jadi: apa itu 5G? Nah, seperti namanya, ini adalah generasi kelima dari teknologi seluler. Jaringan 1G adalah jaringan sel pertama di tahun 1980-an. Jaringan 2G menambahkan data dasar untuk hal-hal seperti pesan SMS, yang semakin berkembang internet 3G. Dan 4G LTE – yang saat ini digunakan oleh ponsel kami – menawarkan internet seluler yang sangat cepat, membuat seluruh jajaran aplikasi seperti jaringan media sosial dan layanan streaming dimungkinkan pada ponsel dan tablet.

5G berjanji untuk mengambil langkah lebih jauh, dengan kecepatan dan latensi yang lebih cepat yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi rumah. Namun secara teknologi, ini merupakan evolusi dari teknologi seluler kami saat ini. Dan tiga pendekatan berbeda untuk 5G di AS membuat perubahan bertahap itu sangat jelas.

Jaringan low-band AT&T dan T-Mobile, misalnya, berada dalam pita 600MHz dan 850MHz – secara efektif merupakan area spektrum yang sama dengan LTE yang ada – tetapi mereka bergantung pada teknologi transmisi baru seperti susunan antena MIMO dan agregasi operator untuk meningkatkan kecepatan melampaui apa yang LTE dapat menawarkan.

Midband 5G Sprint (atau, lebih tepatnya, T-Mobile baru) di 2.5GHz melangkah lebih jauh dalam spektrum, menawarkan lebih banyak bandwidth dan bahkan kecepatan lebih cepat daripada pita 5G rendah, tetapi lebih terbatas ketika datang ke cakupan.

Lalu ada bandwidth tinggi, spektrum gelombang milimeter, yang merupakan keseluruhan dari jaringan 5G seluler Verizon (serta bagian yang lebih kecil dari jaringan AT&T dan T-Mobile). Gelombang radio di sini memiliki panjang gelombang antara sepuluh hingga satu milimeter – karena itu namanya – tetapi mereka menawarkan bandwidth secara drastis untuk kecepatan 5G yang sangat cepat. Tetapi gelombang radio kecil itu sangat buruk dalam melewati objek, itulah sebabnya Verizon hanya memiliki 5G di beberapa sudut jalan, bukan pada cakupan nasional yang ditawarkan AT&T dan T-Mobile.

Itu meninggalkan pertanyaan terbesar: apakah 5G – atau radiasi seluler sama sekali – berbahaya? Singkatnya, tidak .

Ada banyak sumber daya baik lainnya yang dapat membahas hal ini secara lebih terperinci, tetapi hampir semua bukti ilmiah yang kami miliki (bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan , National Cancer Institute , dan American Cancer Society ) setuju bahwa radiasi ponsel tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

Itu karena, pada dasarnya, radio 5G berada di bagian yang sama dari spektrum elektromagnetik seperti data seluler lainnya, yang semuanya terdiri dari radiasi non-pengion. Itu berarti bahwa semuanya kekurangan energi yang dibutuhkan untuk menghilangkan elektron dari atom dan menurunkan sel – jenis kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh radiasi berbahaya hingga ke spektrum.

Para ilmuwan bahkan tidak dapat memikirkan alasan yang masuk akal tentang bagaimana radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker, mengingat secara fisik kekurangan jumlah energi untuk menyebabkan jenis kerusakan sel berbahaya yang cenderung diasosiasikan dengan kata “radiasi”.

Dan 5G – seperti yang ditetapkan sebelumnya – berada dalam kategori radiasi yang sama dengan teknologi ponsel yang sudah kita gunakan. Ini bahkan jauh dari tingkat energi yang dibutuhkan untuk menyebabkan kerusakan sel.

Yang mengatakan, ada beberapa kekhawatiran nyata atas 5G: masalah yang lebih praktis seperti bagaimana kita akan berurusan dengan batas data karena data yang lebih cepat membuatnya mudah untuk membakar batas operator dengan sangat cepat. Ponsel 5G mahal, setidaknya untuk saat ini, dan mereka dapat memiliki daya tahan baterai yang buruk. Dan jangkauan terbatas pada hal-hal seperti mmWave 5G berarti bahwa jaringan yang benar-benar komprehensif akan membutuhkan waktu untuk diluncurkan dalam skala luas, bukan hanya beberapa sudut jalan.

Tetapi yang penting, ini semua masalah yang telah kami pecahkan sebelumnya: perubahan generasi sebelumnya dari 2G ke 3G atau dari 3G ke LTE melihat tantangan serupa, dan industri secara keseluruhan berhasil menyelesaikannya. Satu-satunya perbedaan nyata adalah bagaimana kita berhubungan dengan ponsel kita: kita jauh lebih bergantung pada ponsel kita daripada 10 atau 15 tahun yang lalu, itulah sebabnya masalah ini terasa seperti kesepakatan yang jauh lebih besar sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *