Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer Yang Aman dan Praktis

Cara Membuat Hand Sanitizer saat ini banyak diburu seiring dengan merebaknya virus corona yang kian mewabah di seluruh penjuru dunia. Hand Sanitizer saat ini memang menjadi barang yang teramat sulit bahkan dapat dibilang sangat langka, sehingga orang akhirnya berburu agar mengetahui bagaimana Cara membuat Hand Sanitizer sendiri dirumah.

Berkaitan dengan bahan dan cara yang dapat dipergunakan untuk membuat Hand Sanitizer yang aman dan praktis, namun sebelum kita membahas lebih jauh sudah tahukan anda apa itu Hand Sanitizer?. Seperti namanya sudah dapat ditebak fungsi dari Hand Sanitizer, apalagi kalau bukan untuk membersihkan tangan, biasanya dibuat dari bahan berbasis alkohol.

Tetapi rupanya ada banyak sekali bahan alami yang bisa dipergunakan untuk membuatnya, apa saja yuk lanjutkan membaca sampai akhir. Hand Sanitizer berfungsi untuk mengurangi infeksi dari tangan. Kandungan alkohol ini juga banyak dipergunakan sebagai pembersih tangan di negara eropa sejak jaman dahulu.

Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer

1. Cuka Putih

Bahan pertama yang Anda dapat menghitung sebagai langkah untuk membuat pembersih tangan cuka putih. cuka putih biasanya digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan, tetapi juga untuk membersihkan.

Ketika tidak ada alkohol, cuka putih Anda dapat mengandalkan sebagai obat luar, dengan penurunan kapas kemudian tepuk lesi kulit.

Selanjutnya dilaporkan doktersehat.com, cuka memiliki konsentrasi yang cukup tinggi dari asam sehingga dalam pengobatan masalah kulit seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur atau sejenisnya.

Maka kutil yang muncul di dalam tubuh juga bisa diwarnai dengan cuka untuk kalah. Aplikasi cuka di daerah rawan infeksi akan mencegah masuknya mikroba berbahaya.

Campur cuka dengan sedikit air dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Gunakan ini sebagai campuran sederhana dari pembersih tangan atau membersihkan bagian dari furnitur di rumah. dalam lemari es untuk menjaga kualitas cuka sanitizer bahan tangan Anda.

2. Lemon

Cara membuat pembersih tangan atau viral disebut Hand Sanitizer mereka sendiri dengan mudah dan aman dari bahan-bahan alami berikutnya dengan lemon. jus lemon segar memiliki kotoran menghapus ampuh lama percaya dan sebagai pembersih.

Sifat dari fungsi asam dan antibakteri akan membantu menjaga kebersihan tangan. asam sitrat dan pertemuan garam akan membuat reaksi yang meningkatkan ion hidrogen bebas.

Tidak mudah, hanya campuran dengan jus lemon, sedikit air jeruk dan sedikit air dalam botol semprot. Gunakan campuran efektif Anda air sebagai desinfektan untuk tangan alami. konten lemon memutihkan kulit dan melindungi terhadap bakteri.

3. Minyak Esensial Lavender

Bagaimana dengan pembersih tangan dengan bahan-bahan alami dan lebih lavender aman menggunakan minyak esensial. Peluncuran hellosehat.com menunjukkan bahwa berbagai studi telah menunjukkan efektivitas penting minyak lavender sebagai antibakteri dan antijamur alami.

minyak esensial lavender juga aman untuk kulit sensitif. Selain itu, aroma menenangkan dari lavender yang akan membuat Anda lebih rileks.

4. Minyak Essensial Jeruk
Bahan alami selanjutnya menggunakan minyak essensial jeruk yang juga memiliki fungsi antiseptic dan antioksidan. Sebagai sumber antioksidan alami, minyak ini akan meregenerasi sel-sel kulit tangan, sehingga tangan Anda akan senantiasa lembut dan kenyal.

Cairan minyak akan membantu mencegah pertumbuhan virus atau bakteri, antioksidan bisa menjadi tameng bagi tubuh Anda dari luar.

5. Tea Tree Oil
Tea tree oil atau minyak pohon teh seringkali digunakan sebagai pencegahan maupun penyembuhan jerawat. Kandungan antibakteri dan antimikroba alaminya sangat baik dalam menangkal kuman, bakteri, dan virus.

Tea tree oil sudah terbukti dan dipercaya khasiatnya selama berabad-abad. Masih dari kutipan yang sama, minyak ini juga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

6. Minyak Essensial Kayu Manis
Cara membuat hand sanitizer dengan mudah berbahan alami selanjutnya menggunakan minyak essensial kayu manis. Selain mengharumkan, minyak ini juga bersifat antibakteri serta antimikroba yang efektif menghalangi organisme penyebab penyakit.

Bahan dan cara Membuat Hand Sanitizer dari Minyak Essensial
Cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah yang dilansir dari hellosehat.com, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan utama sebagai berikut :

3 sendok makan gel lidah buaya, bisa dibeli di toko kecantikan atau apotek.
Minyak esensial seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Anda bisa mencampurkan beberapa jenis minyak esensial atau salah satu. Takarannya disesuaikan dengan keharuman yang Anda inginkan, biasanya membutuhkan sekitar 8 tetes.
1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA), bisa Anda beli di apotek
Mangkuk kaca atau wadah. Botol plastik kecil untuk menyimpan hand sanitizer.

Cara Membuat Hand Sanitizer

  • Pertama, campur dan aduk merata semua bahan yang sudah Anda siapkan tadi ke dalam mangkuk kaca.
  • Hindari mangkuk atau wadah plastik saat membuat cairan hand sanitizer. Berisiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah tercampur sempurna, wadah plastik sudah aman untuk digunakan.
  • Kemudian, jika semua bahan hand sanitizer sudah tercampur dengan konsistensi yang baik. Pastikan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental, pindahkanlah ke botol plastik kecil.
  • Hand sanitizer alami Anda yang aman tersebut siap untuk digunakan. Bisa Anda bawa ke mana pun bepergian. Hand sanitizer bisa Anda gunakan untuk membersihkan tangan dan toilet duduk di kamar mandi umum yang sudah berbekas orang lain.
  • Simpanlah hand sanitizer alami dengan menjauhkan dari sengatan sinar matahari langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *