4 Cara Mudah Bisa Tetap Bersikap Tenang Saat Sedang Gelisah

Bersikap Tenang Saat Sedang GelisahBangkit.co.id– Setiap individu pastinya pernah mengalami cemas dan gelisah, imbas dari perasaan tersebut pada umumnya orang akan menjadi semakin emosional, cepat marah dan tak bisa berfikir jernih, disaat seperti inilah kita membutuhkan cara mudah supaya bisa tetap bersikap tenang saat sedang gelisah.

Bila anda masih lajang pastinya tak begitu menjadi masalah menunjukkan sikap resah anda kepada orang lain tetapi berbeda jika anda sudah berkeluarga, ketika anda terlihat gelisah akan berdampak pada anak dan istri yang turut gelisah juga. Disaat seperti ini tentunya anda tidak ingin orang terdekat anda merasakan hal yang sama dan cara yang diambil adalah menyembunyikan kegelisahan tersebut.

Pada saat Anda tidak merasa cemas, lihat pengalaman masa lalu Anda dan nilai dengan jujur. Kecemasan dapat muncul dalam dua jenis situasi – situasi yang kita hadapi (seperti menghadapi rasa takut atau memulai hubungan baru), dan situasi yang kita hadapi (seperti berbicara di depan umum).

Perbedaan antara keduanya adalah ingin berada dalam situasi meskipun merasa cemas dan tidak ingin berada dalam situasi sama sekali, yang menyebabkan kecemasan. Dalam situasi apa pun yang Anda alami, akan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana menenangkan kecemasan sehingga Anda dapat mengendalikan perasaan Anda.

4 Cara Mudah Bisa Tetap Bersikap Tenang Saat Sedang Gelisah

1. Ingatlah untuk bernapas

Bernapas bukan senjata rahasia, katamu? Anda akan melihat bahwa itu adalah jika Anda belum secara teratur mengambil napas panjang, lambat, dalam ke dalam perut Anda dan menghembuskan napas sepenuhnya!

Usahakan untuk bernafas kurang dari dua belas per menit. Robert Heller berkata , “Ketakutan adalah kegembiraan tanpa nafas.” Tentu bisa, jika Anda takut akan sesuatu yang ingin Anda lakukan.

Ketakutan dan kegembiraan adalah perasaan energi tinggi yang mengalir melalui saluran yang sama di tubuh Anda. Bantu mereka untuk terus mengalir dan Anda akan mulai merasakan kesenangan dari aliran itu, dan mungkin, kegembiraan!

2. Tulis ulang skrip

Profesor Sekolah Bisnis Harvard Allison Wood Brooks telah mempelajari aspek kognitif dari pergeseran ini dari ketakutan menjadi kegembiraan. Dia menyebutnya penilaian kembali kecemasan dan mendukung perubahan naskah mental ketika Anda merasa cemas.

Beralihlah dari “Saya takut akan pidato besok!” Ke “Saya senang berbicara dengan dewan besok!”

Sekarang, biarkan napas Anda sejajar dengan kebenaran baru itu. Pernyataan positif akan bekerja untuk membuka aliran Anda dan yang negatif akan membuatnya lebih mudah untuk dikontrak menjadi ketakutan. Tampaknya kinerja meningkat ketika kecemasan mendapatkan penulisan ulang skrip.

3. Lewati kecemasan Anda Dengan Nafas Panjang

Kecemasan membawa ketegangan ke tubuh Anda. Mungkin awalnya terasa tanpa terasa, tetapi itu menyusut, mengetat, dan mempermainkan napas yang semakin dangkal dan segala pemikiran tentang malapetaka yang mungkin menghibur Anda tentang kegagalan yang Anda bayangkan dalam waktu dekat.

Sekarang Anda bernapas dalam-dalam dan mungkin menyadari bahwa ini adalah sesuatu yang Anda sukai. Tambahkan ke beberapa gerakan lembut (atau besar) halus di seluruh tubuh Anda.

Angkat bahu Anda dan rilekskannya, regangkan punggung Anda, putar pergelangan kaki Anda – bawa gerakan kembali ke seluruh tubuh Anda, dengan bantuan pernapasan penuh. Alami energi kegembiraan!

4. Fokus pada Apa yang anda hadapi  sekarang

Ketika Anda cemas, tubuh Anda tegang dan pernapasan Anda yang dangkal memicu kecemasan, pikiran Anda bergabung untuk membuat api unggun.

Ketika Anda menggunakan teknik pernapasan baru Anda, dan menggerakkan tubuh Anda dengan lembut, Anda diundang kembali ke saat ini.

Agar pikiran Anda tidak dikaitkan dengan kegagalan masa lalu atau pengalaman negatif dan dari membayangkan ini akan terulang di masa depan, kembalilah ke sekarang.

Lihatlah ke sekeliling Anda dan beri nama apa yang Anda lihat, dengar, rasakan, cium saat Anda bernapas dan bergerak. Ini akan membuat Anda tersedia untuk apa yang terjadi pada saat ini.

Perubahan hanya dapat terjadi pada saat ini. Kembalilah ke sekarang, di mana kehidupan dijalani dan biarkan pikiran mental dan strategi tubuh Anda menjadi sekutu dalam pencarian perdamaian yang membumi dan kegembiraan yang menggembirakan.

Ingat saat ini berarti baik sekarang dan mengalir dan butuh lebih banyak usaha untuk menjadi cemas ketika Anda mengalir dalam arus kegembiraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *