ঔৣ Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Yang Benar

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan ArafahBangkit.co.id– Tak puas hanya dengan mempublish Kata Kata Selamat Idul Adha, kita tambahkan lagi Bacaan Niat Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah yang benar sesuai dengan sunah. Idul Adha akan segera tiba. Sebelum merayakannya, terdapat beberapa amalan yang disunahkan untuk dikerjakan. Salah satunya adalah Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafat.

Puasa Tarwiyah dilakukan dalam 8 Dhulhijjah dan puasa Arafat dilakukan dalam 9 Dzulhijjah. Sedangkan hari Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Mengerjakan puasa sunah Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun yang lalu. Umat ​​Islam juga akan mendapat keberkahan dengan dilipatgandakan oleh amal dan ibadat mereka. Sementara itu, mengerjakan ibadah puasa Arafat, Allah akan mengampuni dosa tahun lalu dan dijaga supaya tidak melakukan dosa pada tahun-tahun mendatang.

Berbicara tentang puasa sunah Tarwiyah dan Arafah hari ini Bangkit berniat untuk membagikan Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Yang Benar, untuk sobat yang mungkin sudah sering mengerjakan pastinya sudah hafal dengan lafadznya tetapi terkadang juga lupa, sekedar untuk pengingat saja bukan maksud menggurui, berikut adalah bacaan niat dari Puasa Tarwiyah dan Arafah

Status Kata Kata Ucapan Selamat Idul Adha Pas Untuk WA dan FB
Kata Kata Ucapan Selamat Idul Adha Pas Untuk WA dan FB

Niat puasa Sunah Tarwiyah

نويتُ صومَ تَرْوِيَة سُنّةً لله تعالى

(Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala)

Artinya, “Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa sunah Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: “Saya Niat Puasa Sunnah Arafah karena Allah Ta’ala”.

Keistimewaan puasa Tarwiyah

Keistimewaan puasa Tarwiyah adalah dapat membersihkan dan menghapus dosa yang tahun lalu. Selain itu, bagi yang mengerjakan puasa Tarwiyah memiliki keutamaan mendapatkan keberkahaan hidup serta amal ibadah yang dilipatgandakan.

Keistimewaan puasa Arafah

Puasa Arafah hukumnya adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan. Puasa Arafah memiliki keistimewaan yang sangat spesial jika dibandingkan puasa Tarwiyah. Namun, jika dapat mengerjakan kedua puasa sunnah tersebut, maka sesungguhnya kedua amalan tersebut istimewah.

Bagi yang mengerjakan puasa Arafah, maka dosanya satu tahun sebelumnya dan sesudah puasa Arafah akan dihapuskan. Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka ia diampuni dosa-dosanya setahun yang di depannya dan setahun setelahnya. (HR. Ibnu Majah; shahih).

Itulah artikel tentang Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah yang bisa Bangkit tulis semoga bermanfaat dan jadi panduan bagi pembaca yang membutuh kan andaikan ada kesalahan dalam penulisanya atau dalam pembahasaannya semoga pembaca bisa meluruskannya,dan semoga Allah SWT menganpuni kesalahan penulius ini semata karena keterbatasan keilmuan penulis terimakasi semoga kita senantiasa ada pada RahmatNya, Amiiiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *