Pahami Perbedaan Libra dan Bitcoin Dua Mata Uang Digital Jaman Now

Perbedaan Libra dan BitcoinBangkit.co.id– sobat pasti sudah mendengar rumor terbaru kalau Facebook akan mengularkan mata uang Digital bernama Libra, sebelumnya sudah ada uang virtual sangat populer yaitu Bitcoin, lalu apa perbedaan antara Libra dan Bitcoin kan sama-sama uang yang tak bisa digunakan untuk belanja ke tukang sayur?. Lanjut biar lebih pinter berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Facebook merilis aset digitalnya hanya beberapa hari yang lalu dan sudah ada banyak pembicaraan dan kebingungan di antara orang-orang yang tidak tahu banyak tentang mata uang digital. Libra disebut-sebut sebagai langkah berani oleh Facebook yang akan membawa cryptocurrency ke arus utama dan mengambil Bitcoin yang dibuat oleh orang tak dikenal atau sekelompok orang yang menggunakan nama ‘Satoshi Nakamoto’. Sementara itu, ada beberapa perbedaan utama antara Libra dan cryptocurrency seperti bitcoin. Mari selami Libra dan pahami perbedaannya dari bitcoin.

Perbedaan Libra dan Bitcoin

Terbuka : Bitcoin bersifat terbuka dan tidak diterbitkan atau dikelola oleh bank sentral mana pun. Anda dapat mengunduh crypto-wallet, atau bahkan membangun dompet Anda sendiri. Anda juga dapat menjalankan simpul Anda sendiri, dan siapa saja dapat mengirim uang kepada siapa pun. Tapi, itu tidak akan menjadi masalah dengan Libra Facebook. Libra adalah mata uang digital dengan karakteristik mata uang fiat.

Tata Kelola : Pengembang dan komunitas crypto adalah orang-orang yang memutuskan apa yang terjadi pada bitcoin. Jika ada sesuatu yang seseorang tidak suka atau memiliki kasus penggunaan yang lebih baik, maka dia dapat dengan susah payah mengambil kode dan membuat koin mereka sendiri. Libra jelas tidak akan memiliki model seperti itu karena didukung oleh Mastercard, Uber, Pemesanan Holdings dll. Di sini, perusahaan atau orang yang membeli node seharga $ 10 juta masing-masing adalah orang-orang yang akan menentukan masa depan mata uang .

Perbedaan Libra dan Bitcoin
Perbedaan Libra dan Bitcoin

Desentralisasi : Bitcoin memungkinkan orang (sepuluh ribu atau lebih) mengunduh kode sumber terbuka secara gratis dan menjalankan simpul, tidak seperti Libra Facebook. Cryptocurrency Facebook mungkin juga memiliki beberapa node pusat yang dapat ditutup oleh pemerintah jika diinginkan.

Tanpa Izin dan Tanpa Batas Batas: Pengguna Bitcoin yang memiliki kunci dan dompet pribadi mereka sendiri dapat mengirim uang kepada siapa pun dan tidak memerlukan izin. Dalam hal koin Facebook, pemerintah sudah mewaspadainya dan mulai mundur. Juga, Bitcoin tidak peduli di mana Anda tinggal dan siapa Anda, tetapi Facebook harus sejalan. Koin Facebook harus melarang Iran, Korea Utara, dan negara-negara lain yang ada dalam daftar sanksi serta beberapa individu.

Aman : Meretas jaringan Bitcoin hampir tidak mungkin dan itu adalah jaringan komputer paling aman di dunia yang berjalan selama lebih dari satu dekade sekarang. Namun, Anda masih harus menjaga kunci pribadi Anda di dompet perangkat keras. Sementara itu, Libra dengan simpul terpusatnya mungkin rentan terhadap serangan DDoS, peretasan ID pribadi dll.

Proposisi nilai : Bitcoin memiliki kelangkaan sebagai salah satu propertinya dan nilainya tidak bergantung pada satu pemerintahan tunggal. Di sisi lain, nilai Libra tergantung pada inflasi, kontrol pemerintah, dan efek pada mata uang primer.

Percaya : Bitcoin tidak melibatkan pihak ketiga dan pembeli bitcoin tidak perlu mempercayai pihak ketiga dengan dolar atau informasi mereka. Namun, dalam kasus Libra, ada Facebook dan lainnya yang akan bertindak sebagai perantara dan juga akan bertanggung jawab untuk membangun buku besar yang dapat diandalkan dari semua transaksi. Facebook akan bertanggung jawab atas uang yang akan diberikan pengguna sebagai ganti token Libra.

Woke sobat terima kasih telah mampir sekedar untuk membaca Perbedaan Libra dan Bitcoin yang kita bagikan, semoga ini bisa menambah pengetahuan untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *