Cara Menghilangkan Ketombe

7 Cara Mudah Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

7 Cara Mudah Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami, Cara Menghilangkan Ketombe Membandel, Hal yang paling memalukan yang bisa terjadi ketika Anda berpakaian untuk wawancara atau makan malam formal, adalah kebutuhan yang sangat banyak untuk menggaruk kulit kepala yang gatal dan juga tahu bahwa riam serpihan putih akan mengikuti, ke blazer hitam jet- diletakkan telanjang untuk dilihat semua orang.

Ketombe adalah masalah medis yang telah berhasil menyatukan lebih dari setengah populasi orang dewasa di seluruh dunia – di luar gender, usia dan ras. Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang disebabkan oleh jamur, Malassezia, yang memakan sebum (zat berminyak yang disekresikan oleh kelenjar sebasea di kulit kepala kita) dan sel-sel kulit mati yang terjadi secara alami karena pembentukan kulit baru.

Meskipun mikroba ini adalah bagian normal dari kulit kepala, ini adalah ketika ternyata bermasalah – jamur memakan sebum, memecahnya menjadi asam lemak yang dapat mengiritasi kulit kepala sensitif banyak. Ini juga alasan untuk kekeringan dan gatal pada kulit kepala, yang menyebabkan sel-sel kulit mati terakumulasi menjadi serpihan yang terlihat. Tingkat kepekaan orang terhadap asam lemak ini menentukan apakah mereka mengembangkan ketombe akut atau ringan.

Malassezia berkembang di lingkungan yang lembab dan dengan demikian, menjadi gangguan selama musim panas dan musim hujan karena kelembaban dan keringat yang berlebihan. Namun, angin dingin selama musim dingin merampas kulit kepala yang basah dan menyebabkan kekeringan yang menyebabkan gatal dan mengelupas.

Jelas, ketombe sedang bertugas sepanjang tahun. Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar membuangnya dari kehidupan kita (dan rambut) ada banyak solusi yang dapat digunakan ‘di rumah’ untuk tetap di bawah pemeriksaan (sehingga Anda tidak perlu menghindar dari tee gelap atau gaun, takut itu ‘bubuk kapur’ sedap dipandang di bahu Anda).

7 Cara Mudah Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

1. Jangan mengoleskan minyak 

Dermatolog yang berbasis di Delhi Dr.Deepali Bhardwaj mengatakan, “Ini adalah mitos murni bahwa meminyaki adalah baik untuk rambut dengan ketombe”. “Sebenarnya”, dia menegaskan “menerapkan minyak akan menyebabkan lebih banyak ketombe karena minyak seperti makanan untuk Malazzesia yang mengarah ke ketombe.”

Menerapkan minyak ke kulit kepala yang kering dan gatal mungkin terdengar seperti surga tetapi mungkin hanya memperburuk kondisi ketombe Anda, terutama ketika Anda membiarkannya berada di kulit kepala Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Cuka

Cuka membantu dalam mengobati kulit gatal, kering dan juga membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Kandungan asam cuka sangat bermanfaat untuk mengurangi flaking secara drastis. Dr.Deepali menyarankan, “Obat rumahan favorit saya adalah menerapkan campuran cuka putih dengan air putih pada kulit kepala sekitar setengah jam sebelum mencuci kepala.”

3. Baking Soda

Baking soda, bertindak sebagai scrub dan lakukan pengelupasan kulit kepala dengan lembut, tanpa membuatnya iritasi dan mengangkat sel kulit mati. Pengelupasan sangat penting untuk memastikan tidak ada penumpukan serpih di kulit kepala yang membuat ketombe lebih terlihat. Dr.Sirisha Singh, Direktur Medis dan Konsultan Dermatolog di The Skin Centre di New Delhi mengatakan, “Soda kue, bersama dengan eksfoliasi dan anti-jamurnya, juga menenangkan kulit kepala dan mengurangi kemerahan dan gatal.”

Anda cukup menambahkan soda kue ke sampo sambil mencuci rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Nimba

Kita semua menyadari peran yang dimainkan ekstrak nimba di hampir semua obat kulit karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Karena ketombe sebagian besar dapat dikaitkan dengan kolonisasi jamur kulit kepala, itu hanya tepat untuk beralih ke obat kuno ini untuk penyakit kulit. Alam selalu merupakan cara terbaik untuk pergi; namun Dr. Sirisha Singh memperingatkan kita untuk menggunakan versi neem yang sangat encer (neem yang direbus dalam air) untuk kulit kepala karena versi terkonsentrasi hanya akan mengiritasi kulit lebih jauh.

5. Tea Tree Oil
Semua obat anti-jerawat dan anti-jamur membanggakan minyak pohon teh karena kekuatannya yang luar biasa untuk melawan infeksi jamur dan bakteri. Tambahkan satu atau dua tetes minyak pohon teh ke sampo Anda dan cuci secara normal dan perhatikan hasilnya dalam kenyamanan rumah Anda!

6. Bawang putih
Bau tajam dari cengkeh bawang putih yang kadang-kadang dapat membuatnya menjadi Tidak-Tidak untuk beberapa tetapi nilai obatnya pasti sesuatu yang tidak dapat diabaikan. Bawang putihsangat bermanfaat sebagai produk alami anti-jamur dan manfaat bawang putih mentah atau hancur (hindari bawang putih yang dimasak untuk mengobati kondisi medis) telah memikat manusia selama berabad-abad. Pound cengkeh atau dua bawang putih dan setelah mencampur dengan air, gunakan pada kulit kepala Anda untuk melihat hasil yang cepat. Baunya? Anda selalu bisa mencampurkan sedikit madu dan jahe!

7. Aloe Vera
Tidak hanya pendinginan lidah buaya tetapi juga mengelupaskan kulit dan memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Yang terbaik adalah langsung mengambil beberapa dari tanaman lidah buaya – transparan dan memiliki konsistensi yang tebal. Hal ini dapat diterapkan di kulit kepala dan kemudian dicuci dengan obat anti ketombe atau sampo ringan. Sirisha juga merekomendasikan ramuan ini untuk menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan memberikan bantuan dari peradangan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *