Cara Menyambungkan Hp Semua Merk ke PC Dengan USB

Cara Menyambungkan Hp Semua Merk ke PC Dengan USB, ini sebenarnya adalah cara lawas yang sudah banyak diketahui orang, tetapi rupanya masih ada yang belum mengetahui Cara menghubungkan Hp Android ke pc dengan media Kabel Usb.

Jika kita bicara tentang menghubungkan Hp atau ponsel ke pc sebenarnya ini pertanyaan yang tidak spesifik, muncul pertanyaan lanjutan yang dimaksud menyambungkan disini untuk keperluan apa?, apakah untuk Transfer file atau media, entah itu gambar, video, audio atau file lain ?, atau untuk keperluan lain misalnya dijadikan sebagai modem supaya bisa konek dengan Internet?.

Dua pertanyaan tersebut harus dipastikan terlebih dahulu sobat ingin menyambungkan Hp ke Pc untuk tujan apa, jika sudah mengetahui baru kita bicara cara menghubungkan atau menyambungkan hp dari segala merk tak peduli samsung, vivo, oppo, Advan, Xiaomi dan lainnya pada dasarnya sama saja selama yang digunakan supaya terkoneksi adalah port USB.

Apabila tujuan yang dimaksud adalah untuk mengakses file atau transfer file ini sangat mudah sobat hanya perlu menghubungkan Hp sobat dengan kabel usb atau kabel Charge sama saja, nanti sobat atur mode usb dan tinggal pilih mau tranfer foto saja, mau mencharger, atau mau mentransfer semua file, tidak sulit orang awam pun pasti bisa asal mau mencoba, tak ada cara khusus jika tujuan dari menghubungkan Hp ke PC untuk hal ini.

Tujuan kedua adalah menyambungkan Hp ke PC supaya bisa terkoneksi dengan Internet atau dijadikan sebagai modem, untuk mengkonekkan Hp berbasis Android atau os lain untuk dijadikan modem dibagi lagi menjadi 2 cara, bisa dengan tethering wifi bisa juga Tethering Via USB, tinggal pilih salah satu.

Lebih jelasnya untuk Cara menyambungkan Hp ke PC/Laptop yang tujuannya dijadikan sebagai modem sobat bisa ikuti langkah berikut:

Sebelum melakukan langkah dibawah ini Pastikan HP Android yang akan digunakan sudah memiliki/berlangganan paket data internet dan ponsel sudah terdeteksi pada PC/Laptop, jika belum silahkan install terlebih dahulu driver sesuai dengan merk ponsel yang digunakan.

  1. Hubungkan HP Android ke komputer atau laptop via port USB
  2. Buka Settings – Wireless and Networks atau jika menggunakan Samsung ada di Connections – lalu pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan USB Tethering.
  3. Tunggu sampai aktif yang ditandai dengan munculnya tulisan Tehtered di ponsel
Cara Menyambungkan Hp Semua Merk ke PC Dengan USB
Cara Menyambungkan Hp Semua Merk ke PC Dengan USB

Langkah terakhir adalah memastikan jika anda sudah terkoneksi ke Internet dengan menggunakan koneksi Internet dari Hp yang anda sambungkan ke PC / Laptops sobat, caranya klik pada icon network nanti akan muncul jenis sambungan yang sobat gunakan.

Menggunakan Wifi Hotspot

Perangkat Android umumnya dilengkapi dengan wifi dan ini bisa kita manfaatkan untuk menjadikan smartphone sebagai modem baik untuk komputer/laptop maupun sesama perangkat Android, berikut caranya :

  1. Pastikan Laptop atau komputer sudah dilengkapi dengan Wi-Fi.
  2. Pilih menu Settings – Wireless and Networks atau Connections (Samsung) – lalu pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan Mobile Hotspot atau portable Hotspot.
  3. Jika pertama kali menjalankan maka anda akan diminta membuat Network SSID (isi dengan nama yang diinginkan lalu pada bagian security pilih WPA2 PSK dan isi password yang akan digunakan oleh setiap perangkat yang akan terhubung ke Android anda, lalu Save.
  4. Di komputer atau laptop aktifkan wifi sampai terdeteksi Network SSID, lalu klik Connect dan masukan password sesuai dengan yang anda buat tadi,

Nah itulah Cara Menyambungkan Hp Semua Merk ke PC Dengan USB sesuai dengan kebutuhan, sekedar untuk mengakses file atau menjadikannya sebagai modem, tinggal pilih mana yang anda perlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *