Fitur Otentikasi Dua-Faktor Facebook Diperbarui, Merampingkan Pengaturan dan Menambahkan Dukungan Aplikasi

Fitur Otentikasi Dua-Faktor Facebook Diperbarui, Merampingkan Pengaturan dan Menambahkan Dukungan Aplikasi, Facebook meningkatkan fitur otentikasi dua faktor dengan memperkenalkan dua fungsi baru. Alat otentikasi dua-faktor pada dasarnya memfasilitasi lapisan keamanan tambahan untuk akun online.

Dalam inkarnasi regulernya, ia menghubungkan akun ke perangkat seluler dan mengirim password satu kali waktu (TOTP) untuk otentikasi tambahan. Dengan pembaruan fitur 2FA baru, Facebook telah membuatnya lebih mudah untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor dengan menciptakan aliran pengaturan yang efisien yang memandu pengguna melalui proses tersebut.

Ini juga memberi pengguna lebih banyak opsi di mana mereka dapat mengamankan akun mereka dengan faktor kedua – aplikasi autentikator – sehingga memastikan bahwa bahkan pengguna tanpa nomor telepon dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Otentikasi dua faktor dianggap sebagai standar keamanan emas karena berbagai alasan. Bahkan jika seseorang menebak kata sandi Anda atau bocor sebagai bagian dari peretasan, tidak seorang pun dapat masuk ke akun Anda tanpa akses fisik ke perangkat faktor kedua Anda.

Dalam kasus Facebook, sebelumnya Anda diminta untuk mengirimkan nomor telepon Anda untuk menerima kode enam digit di ponsel terkait Anda melalui pesan teks. Namun, sekarang, ketika Anda mendaftar untuk otentikasi dua-faktor, Facebook akan memandu Anda melalui proses yang menjelaskan cara kerjanya dan menawarkan Anda pilihan untuk menggunakan aplikasi otentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile untuk menghasilkan kode login, bukan hanya opsi untuk pesan teks.

Scott Dickens, Manajer Produk di Facebook, mengatakan “Otentikasi dua faktor adalah praktik terbaik industri untuk menyediakan keamanan akun tambahan. Kami terus mendorong memungkinkan otentikasi dua faktor untuk menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke akun Facebook mereka.”

Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua-Faktor Facebook

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, masuk ke akun Facebook Anda dan masuk ke menu Pengaturan dan klik tab Keamanan dan Masuk. Selanjutnya, pilih opsi untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, kemudian ikuti pengaturan untuk menyelesaikan proses.

Sementara otentikasi dua faktor adalah bagian penting dari melindungi akun online yang menambahkan lapisan keamanan kedua, laporan awal tahun ini mengatakan bahwa lebih dari 90 persen akun Gmail aktif tidak menggunakan fitur ini .

Meskipun fitur keamanan memberikan perlindungan yang berarti, ia memiliki batas – batasnya . Baru-baru ini, pengguna Facebook telah melaporkan bahwa mereka menerima pemberitahuan SMS dari situs web media sosial setelah mendaftar untuk fitur keamanan otentikasi dua-faktor. Namun, Facebook telah menanggapi masalah yang mengatakan bahwa itu adalah bug, dan pemberitahuan semacam itu tidak dimaksudkan untuk dikirim.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *