Cara Mengatasi Layar HP Error, Touchscreen Bergerak Sendiri Tanpa Disentuh

4 Cara Mengatasi Layar HP Error, Touchscreen Bergerak Sendiri Tanpa Disentuh

4 Cara Mengatasi Layar HP Error, Touchscreen Bergerak Sendiri Tanpa Disentuh, saat ini hampir semua Smartphone menggunakan layar sentuh bahkan ada yang bilang sudah gak jaman tekan keypad lagi. Tetapi dibalik kecanggihan yang diberikan selalu ada kekurangan yang mengikuti dimana Touchsreen sering error bisa bergerak sendiri meskipun tak tersentuh tangan kita.

Kejadian Touchscreen Error seperti itu tak dialami oleh satu atau dua orang saja tetapi sudah menjadi keluhan semua pengguna smartphone karena memang perintah melalu sensor bisa dibilang lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan tombol keypad seperti hp jaman dulu.

Pernahkah Anda mengalami masalah ini?, layar hp anda bergerak sendiri meski tak tersentuh jari kita? Jika begitu, maka sobat tak salah mampir ke halaman ini untuk mencoba beberapa cara sederhana mengatasi Touchscreen hp error sebelum mengambil langkah terakhir yaitu membawa ke tempat service.

Masih bingung dengan cara mengatasinya? Mari kita lihat diskusi lengkap tentang Cara Mengatasi Kesalahan Layar Sentuh dan Pengecatan Diri.

4 Cara Mengatasi Layar HP Error, Touchscreen Bergerak Sendiri

Periksa Kondisi Pengisian Daya
Masalah pertama terletak pada komponen charger yang digunakan, jika tidak menggunakan charger original maka kita tidak tahu berapa tekanan yang diberikan saat ini sehingga jika berlebihan akan merusak komponen display, baterai dan semacamnya, tetapi jika terlalu lama juga Smartphone bisa mempersingkat masa pakai baterai terlalu lama terhubung ke catu daya.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan charger asli ya guys untuk mencegah kejadian seperti itu. Untuk masalah ini lebih jelas terlihat pada perangkat daripada Laptop Smartphone.

Perhatikan Pelindung Layar
Ketika layar itu sendiri, dapat menyebabkan kerusakan pada pelindung layar atau mungkin ada kotoran di bawahnya. Untuk itu, cobalah untuk menghapusnya sebentar, dan jika dikontrol tanpa lapisan anti gores, Anda harus mengganti pelindung layar baru.

Hp Overheat atau terlalu panas
Cara Mengatasi Kesalahan Layar Sentuh dan Mengambil Berikutnya adalah mendinginkan perangkat yang terlalu panas. Ini karena ketika Smartphone melebihi batas suhu normal, maka berbagai masalah akan dihasilkan dan salah satunya adalah layar. Jika perangkat panas, Anda harus menghentikan semua kegiatan terlebih dahulu dan tunggu hingga suhunya normal kembali.

Kalibrasi Layar
Dengan cara ini kita memerlukan aplikasi khusus seperti MultiTouch Tester atau Kalibrasi TouchScreen untuk memeriksa apakah layar masih bisa bekerja dengan baik dan normal atau tidak.

Cara Lain Mengatasi Layar Hp Error

1. Bersihkan layar Hp Anda
Bisa jadi layar tidak berfungsi dengan baik karena noda atau kotoran yang mencegah sentuhan pada layar yang menyebabkan tidak ada respons dari layar. Meski Anda memiliki hp paling mahal di Indonesia atau hp terlaris di dunia meski harus tetap dibersihkan. Caranya, Anda hanya perlu membersihkan layar dengan kain microfiber khusus untuk ponsel.

2. Mengecek Kapasitas RAM
Ada yang aneh dengan layarnya, karena sudah tersentuh tetapi tidak bergerak alias tidak responsif. Jangan terburu-buru untuk memutuskan kerusakan apa pun di layar, tetapi periksa RAM yang ada dihapus. Sistem Android berbasis seluler mencakup sistem yang menghabiskan banyak ruang dalam RAM. Jika banyak aplikasi yang memenuhi RAM, dan layarnya juga tidak responsif, bisa jadi karena kinerja RAM itu. Hapus aplikasi yang jarang digunakan dan sering memeriksa kinerja RAM ya. Kecuali, Anda memiliki hp RAM terbesar di dunia.

3. Gunakan Multitouch tester
Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi android yang berguna untuk pelajar. Jika merasa layar sentuh mulai error, lamban dan banyak lag, kalau yang gampang panik dan banyak uang langsung bawa ke tempat service, kan? Anak yang masih minta uang dari orangtua mana bisa. Jadi jangan beranggapan mulai error, lamban dan banyak lag di layar sudah pasti rusak. Coba dulu dengan cara sederhana yaitu men-download aplikasi Multitouch Tester.

Download aplikasi Multitouch tester
Install aplikasi dan tunggu hingga proses instalasi selesai
Jalankan aplikasi, yang di mana akan diminta untuk menempelkan jari ke layar
Jika sudah menempelkan jari ke layar sesuai yang diminta oleh aplikasi, tapi ada yang tidak terhitung. Bisa dipastikan ada yang rusak atau salah di layar handphone

4. Force GPU reading
Salah satu alasan layar memiliki gangguan adalah karena sektor transisi yang buruk. Jadi, gunakan Force GPU reading untuk meringankan elemen yang ada pada layar. Untuk mengaktifkan fitur ini ada dua cara:

Pertama, Settings -> Developer Options -> Force GPU reading.
Kedua, jika tidak ada menu developer options, kamu hanya perlu ke Settings -> About phone -> Developer Options.

Cara Mudah Menyambungkan Android ke TV, Untuk Yang Belum Tahu Saja

Nah jika semua Cara Mengatasi Layar HP Error, Touchscreen Bergerak Sendiri di atas sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, maka tak perlu ambil resiko lagi, langsung saja dibawa ke ahlinya mana lagi kalau bukan tukan service hehehe.

 

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *