Cara Mudah Menyambungkan Android ke TV

Cara Mudah Menyambungkan Android ke TV, Untuk Yang Belum Tahu Saja

Cara Menyambungkan Android ke TV – Menjadi Kelebihan ponsel Android terbaru, bisa langsung disambungkan ke TV, sering orang menyambungkan android ke tv saat ingin nonton film streaming atau bermain game, tentu akan lebih puas jika layarnya lebih besar. Yang Jadi pertanyaan Bagaimana cara menghubungkan hp android ke TV?, Cara menampilkan layar Android di TV ada yang menggunakan kabel dan ada pula yang nirkabel. Di bawah ini, kami menjelaskan cara menyambungkan hp ke TV yang dapat digunakan di hp ASUS, Samsung, Xiaomi dan ponsel lainnya.

Cara Menyambungkan Android ke TV

Sebagai Persiapan yang perlu dilakukan untuk menghubungkan hp ke TV yang pertama dilakukan adalah mencari tahu dulu tentang spesifikasi hp Android dan TV yang akan digunakan. Untuk mengetahui spesifikasi hp dan TV lengkap dengan harga Anda dapat mengunjungi Pricebook.

Bagi yang ingin menghubungkan hp ke TV tanpa kabel, pastikan ketersediaan fitur Miracast pada hp Android dan TV Anda. Sedangkan untuk menghubungkan ponsel Android ke TV, Anda harus melihat ketersediaan port output video di ponsel Android dan mengetahui jenis port yang digunakan.

Sejauh ini, hp berjalan di OS Android 4.2 Jelly Bean dan sudah dilengkapi dengan fitur default Miracast. Beberapa dari mereka memiliki penamaan yang berbeda seperti Samsung Galaxy yang disebut Samsung Galaxy dengan All Share atau Samsung Link, sementara di Android hp sebagian besar fitur Miracast disebut “Wireless display”.

Jika ponsel Android Anda telah dikonfirmasi untuk memiliki fitur Miracast, saatnya untuk melihat dukungan fitur pada perangkat TV Anda. Jika TV rumah Anda tidak memiliki Miracast, maka Anda perlu membeli dongle tambahan.

Jika persiapan di atas sudah Anda lakukan, saatnya untuk menghubungkan ponsel Android ke TV. Tiga opsi di bawah ini dapat Anda gunakan untuk menghubungkan ponsel Android ke TV, termasuk:

Untuk menghubungkan ponsel ke TV dengan cara ini, tidak perlu aplikasi TV. Anda hanya menyediakan kabel tetapi tidak sembarang kabel. Periksa jenis kabel apa yang berakhir dengan port di ponsel Android Anda. Perhatikan dua jenis kabel di bawah ini yang sesuai dengan hp Anda.

  • Kabel Micro HDMI ke HDMI
  • Kabel MHL yang memiliki dua konektor, Micro USB ke HDMI. Pastikan pula hp Android kamu mendukung fitur MHL, karena tidak semuanya menyediakan dukungan teknologi ini.

Langkah atau cara menghubungkan hp Android ke TV menggunakan koneksi kabel :

  • Matikan dulu TV kamu dengan menekan tombol on/off.
  • Hubungkan TV ke hp Android dengan memasukkan ujung pipih kabel ke hp, sementara ujung berukuran besarnya kamu masukkan ke socket TV bertuliskan HDMI.
  • Aktifkan kembali TV kamu dan pindahkan saluran ke opsi HDMI.
  • Beralih ke hp, silahkan beri centang pada opsi yang bertuliskan “HDMI Connection”. Di proses ini, pastikan hp kamu tidak dalam mode lock agar lebih mudah mengaturnya.
  • Sekarang, tampilan layar di hp Android bisa kamu lihat di TV. Kamu bisa pindah ke orientasi landscape agar sesuai dengan bidang layar TV dan lebih nyaman untuk dilihat.

Cara menampilkan layar Android di TV

Menampilkan atau memunculkan layar hp android ke TV tanpa kabel, bisanya memakai fitur Miracast atau Wireless Display yang sudah tersedia di hp kamu. Sebelum memulainya, silahkan periksa ketersediaan fitur Miracast pada hp dan TV. JIka TV tidak memiliki fitur ini, kamu bisa membeli Miracast dongle atau receiver.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *