Cara Membagi Layar Android Menjadi 2, Fitur Split Screen Yang Canggih

Fitur canggih ini sementara hanya bisa dimiliki oleh Android Nougat Berikut adalah Cara Membagi Layar Android Menjadi 2, atau bahasa kerennya Cara mengaktifkan Fitur Split Screen, boleh juga disebut layar terpisah suka-suka anda lah hehehe… Android Nougat diluncurkan dengan berbagai fitur menarik yang bisa memanjakan pengguna. Bukan hanya panel notifikasi yang lebih rapi, data dan optimasi daya, fitur lain yang tak kalah menarik adalah hadirnya mode Split Screen dimana kita bisa membagi layar tersebut untuk mengakses dua halaman berbeda.

Ini menjadi fitur andalan yang belum diterapkan oleh versi sebelumnya, dengan tambahan mode ini sobat bisa membagi layar android menjadi dua bagian atas bawah atau kanan kiri dan tentunya bisa digunakan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Tapi pada kenyataannya para pengguna belum mengetahui fungsi dari fitur Split Screen ini, kalau pun sudah ada yang tahu namun belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan Split Screen pada smartphone yang digunakan. Dengan pertimbangan itulah Bangkit kali ini membagikan Cara Membagi Layar Android Menjadi 2 dengan fitur bawaan yang telah ada yaitu layar terpisah atau Split Screen.

Woke sebelum kita lanjut membahas cara menjalankan Split Screen pada android Nougat, harap dicatat bahwa tidak semua aplikasi akan mendukung mode layar terpisah, ada juga aplikasi yang tak mau diduakan (gak boleh selingkuh). Oleh karenanya, dibutuhkan penyesuaian supaya aplikasi bisa berjalan lancar ketika membagi layar android.

Sebenarnya tak sulit dan tak memerlukan trik khusus yang perlu anda lakukan untuk mengaktifkan Fitur Split Screen pada android anda hanya perlu masuk ke SettingsDeveloper Options, dan About this device. Ketuk Version number beberapa kali sampai muncul notifikasi kamu sudah dikenali sebagai developer.

Setelah itu Kembali ke menu Settings awal dan buka Developer options. Lalu scroll ke bawah dan aktifkan opsi terakhir, yakni Force activities to be resizable.  Selesai,  untuk aplikasi yang belum support atau kompatibel dengan layar terpisah seharusnya sudah bisa berjalan mulus. restart telebih dahulu androidmu sebelum menggunakan mode Split screen ini.

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen / Membagi Layar

Lalu, bagaimana cara menggunakan mode layar terpisah pada Android Nougat? langsung saja anda buka dua aplikasi secara terpisah, setelah terbuka tekan dan tahan tombol task manager (recent apps).

Kedua aplikasi secara otomatis ditampilkan dalam mode layar terpisah. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah menahan dan menggeser aplikasi yang ingin Anda buka, melalui tombol Aplikasi Terbaru. Lalu, geser aplikasi ke bagian atas layar. Setelah itu, aplikasi otomatis akan berada di bagian atas layar dan pilih aplikasi lain untuk ditempatkan di bagian bawah layar.

Metode alternatif yang juga dapat digunakan untuk membuka kunci fitur layar terpisah adalah mengaktifkan System UI Tuner melalui pengaturan. Anda cukup menggeser layar atas, hingga semua notifikasi dan pengaturan cepat terlihat di layar. Tekan dan tahan beberapa detik dari ikon roda gigi di bagian atas hingga berotasi.

Setelah dirilis, Anda akan menerima peringatan di layar bawah, System UI Tuner telah ditambahkan ke opsi pengaturan. Langkah selanjutnya, masuk ke Pengaturan, pilih Sistem UI Tuner dan Lainnya.

Kemudian, aktifkan Aktifkan gerakan swipe-up layar terpisah. Saat fitur diaktifkan, Anda cukup menyeret aplikasi yang ingin Anda buka ke atas dengan memulai dari tombol Aplikasi Terbaru.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *