Cara Mengatasi Sinyal 4G Hilang Untuk Pengguna Telkomsel

Cara Mengatasi Sinyal 4G Hilang Untuk Pengguna Telkomsel, Pasti anda sering mengalami ini bukan? Sinyal Internet Telkomsel Hilang, Jaringan 4G pada operator Telkomsel tiba-tiba hilang kadang ada tapi terasa lemot banget. Bukan cuma anda ini sudah menjadi masalah untuk banyak orang.

Simpelnya saja kalau gak mau pusing kita tinggal bilang, Telkomsel adalah operator pertama yang bisa menjangkau sampai ke desa terpencil, karena dia yang pertama maka towernya sudah mulai karatan sementara yang lain karena masih baru ya belum karatan hehehehe…. (Bercanda saja…)

Sinyal 4G Hilang Telkomsel, kalau boleh jujur sebenarnya bukan telkomsel saja yang bisa hilang mendadak Jaringan 4G nya, operator lain juga banyak yang seperti ini, tapi pada artikel yang kita bagikan kali ini mencoba untuk fokus pada satu operator saja dan kali ini kita angkat Telkomsel sebagai bahan pembahasan untuk mencari solusi Cara Mengatasi Sinyal 4G hilang atau lemot.

Penyebab Jaringan / Sinyal 4G Hilang Pada Telkomsel

  • Nomor / Kartu Belum Terdaftar
  • Kartu Belum 4G (Kunjungi Grapari untuk upgrade)
  • Data Paket Tidak Valid
  • Ponsel Belum Support 4G
  • Lokasi Anda Belum Terjangkau Jaringan 4G

Cara Mengatasi Sinyal 4G Hilang Telkomsel

Ada beberapa cara untuk mengatasi sinyal 4g telkomsel hilang secara tiba-tiba diantaranya:

  1. Sinyal 4G internet telkomsel hilang atau tidak muncul biasanya terjadi karena kurangnya ketelitian bisa saja lupa mengaktifkan data internet ponsel yang anda gunakan. Hal ini sudah jelas apabila tidak diaktifkan data intenret telkomsel maka secara otomatis jaringan internet tidak muncul. Penting untuk memastikan lebih dahulu sebelum membaca artikel Sinyal 4g hilang ini.
  2. Jika internet pada android anda sudah dalam keadaan aktif maka cara mengatasi sinyal 4g telkomsel yang hilang bisa anda lakukan dengan menonaktifkan data internet kemudian aktifkan mode pesawat sekitar 5 menit atau lebih, Setelah itu cobalah untuk mengaktifkan kembali data seluler anda dan tunggu logo jaringan 4g muncul.
  3. Biasanya sampai langkah kedua itu Sinyal 4G kartu Telkomsel anda sudah teratasi, namun jika belum muncul juga cobalah untuk mengetik *363*212# fungsinya agar layanan internet dimatikan sementara waktu. Seteah itu silahkan anda ketik *363*213# untuk mengaktifkannya lagi.
  4. Langkah selanjutnya adalah cek nomor telkomseL itu dengan cara melakukan panggilan telepon. Apabila nomor yang anda gunakan itu tidak bisa melakukan panggilan telepon besar kemungkinan nomor tersebut sudah diblokir. hubungi costumer service telkomsel untuk membukanya atau bisa juga melalui facebook fanspage telkomsel / twitter.
  5. Langkah terakhir adalah restart smartphone anda. Karena cara seperti ini merupakan cara yang paling efektif agar sinyal 4g telkomsel bisa muncul kembali.
Cara Kedua Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Hilang
 
1. Restart HP
Dengan merestart HP anda, maka HP anda akan memulai sistem operasi anda dari awal dan secara langsung membangun ulang infrastruktur jaringan internet HP anda dari awal.
2. Disable SIM CARD
Jika dengan merestart HP membutuhkan waktu yang sedikit lama maka dengan cara mendisble simcard yang anda gunakan dan meng enablekan kembali maka itu sama seperti anda merestart HP anda, namun disini hanya jaringan seluler anda saja yang akan dimuat ulang atau di redial.
3. Ubah ke Jaringan 3G terlebih dahulu.
Jika koneksi internet jaringan 4G anda terasa lambat bahkan hilang, maka turunkan kualitas jaringan anda ke jaringan 3G terlebih dahulu, mulailah memakai jaringan 3G terlebih dahulu untuk tes koneksi, setelah itu cobalah untuk langsung berpindah ke jaringan 4G.
4. Cari Jaringan 4G Telkomsel Ke Ruangan Terbuka
Sinyal 4G hilang untuk pengguna telkomsel bisa disebabkan karena sedang maintenance ataupun pengaruh cuaca dan kondisi ruangan yang tertutup beton penghalang lain yang sulit ditembus, cara mengatasinya adalah  pindah ke ruangan atau tempat yang lebih terbuka, lalu restart koneksi anda.
5. Ganti APN (Acces Point Name)
APN standart bawaan dari TELKOMSEL adalah :”internet”, namun kita bisa merubah APN tersebut apabila jaringan internet 4G anda terasa lemot, APN yang bisa digunakan untuk TELKOMSEL
 
6. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal/Optimasi Sinyal/Booster Signal APP
Android selalu membawa menu besutan google yaitu Playstore disana ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal khusus 4G, dan bisa didownload secara gratis, dengan bantuan aplikasi ini anda dapat memaksimalkan jaringan 4G anda, kalau hilang maka bantuan pihak ketiga ini terkadang sangat ampuh untuk mengembalikan Sinyal 4G Telkomsel.

Cara Cek Jangkauan Sinyal 4g Telkomsel

Apabila perdana telkomsel yang anda sudah support jaringan 4G dan ponsel juga sudah mendukung maka untuk menikmati layanan 4G dari telkomsel anda harus berada pada daerah yang sudah terjangkau oleh sinyal 4g, dan itu bisa dicek dengan cara berikut:

1. Bukalah browser anda bisa mozilla, chrome atau yang lain
2. Lalu bukalah situs resmi telkomsel yang beralamatkan http://internet.telkomsel.com/area4g/.
3. Pada web milik telkomsel tersebut dapat anda lihat daerah yang sudah terjangkau sinyal 4g. Masukkan kota atau kecamatan anda, jika telah didukung oleh jaringan 4G maka akan ada data yang terlihat tapi kalau belum maka tidak ada data yang terlihat.

Itulah sedikit tips yang bisa dijadikan solusi saat Sinyal 4g Telkomsel anda hilang, semoga bermanfaat dan bangkit akan sangat berterima kasih jika anda berkenan untuk membagikan pada teman anda yang mungkin sedang membutuhkan Cara Mengatasi Sinyal 4G Hilang

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *