23 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Buktikan Khasiatnya

23 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Buktikan Khasiatnya – Khasiat Daun sirsak, pasti sudah tidak asing lagi didengar. Selain buah sirsak, ternyata daunnya juga dapat dimanfaatkan. Manfaat daun sirsak ini sudah terkenal di Indonesia. Sebuah penelitian yang dilakukan, ternyata daun sirsak ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Dalam dunia kesehatan, kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada daun sirsak ini sangat baik dan aman di konsumsi. Jadi daun sirsak ini dipercaya dapat memerangi beberapa macam jenis penyakit yang sangat membahayakan kesehatan tubuh. Pohon sirsak ini tumbuh di daerah tropis.

Khasiat Daun Sirsak yang belum anda ketahui Sebagai pengenalan awal, maka kita harus mengetahui beberapa kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada daun sirsak, antara lain:

  • Annonacin yang merupakan sebuah senyawa anti kanker.
  • Acetogenins sebagai senyawa yang dapat membedakan antara sel kanker dengan sel normal, sehingga dapat mengatasi penyakit kanker atau tumor.

Senyawa tersebut merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada daun sirsak. Selain itu ada beberapa senyawa lainnya yang saling berhubungan antara senyawa satu dengan senyawa lainnya.

kandungan senyawa pada daun sirsak, yaitu:

– Annoncatacin
– Linoleic acid
– Anomurine
– Caclourine
– Annol
– Gigantetronin
– Annohexocin
– Annomuricin
– Muricapentocin
– Gentisic acid
– Asam stearat
– Javoricina

Oleh sebab itu daun sirsak kaya akan senyawa alami yang sangat baik bagi tubuh. Orang memanfaatkan daun sirsak sebagai obat herbal yang dapat mengatasi beberapa macam penyakit yang sangat membahayakan. Nah, ingin tahu apa saja manfaat dari daun sirsak?

Khasiat / Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Mencegah dan Mengatasi Kanker
Senyawa kimia annonacin yang terdapat pada daun sirsak mampu mencegah dan memerangi sel penyebab kanker. Daya kerjanya 10.000 lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Beberapa macam kanker yang dapat diatasi dengan daun sirsak antara lain kanker prostat, kanker paru-paru serta kanker payudara. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air. Kemudian rebus hingga menjadi 1 gelas. Saring airnya kemudian diminum dengan dosis 1 kali sehari secara rutin.

2. Mengatasi Wasir
Wasir merupakan salah satu penyakit. Penyakit wasir dapat kambuh sewaktu-waktu ketika mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Makanan tersebut salah satu pemicu terjadinya wasir. Untuk itu, wasir dapat diatasi dengan menggunakan ramuan daun sirsak. Caranya sama dengan pada point ke-1.

3. Mengatasi Diabetes
Kadar gula dalam darah yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit diabetes. Jumlah kadar gula yang normal ialah 70 mg hingga 120 mg. Cara meramu daun sirsak untuk mengatasi diabetes dengan merebus 5 lembar daun sirsak pada 3 gelas air. Diamkan hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin saring. Minumlah 1 gelas setiap hari selama 3 atau 5 hari, kemudian cek kadar gula dalam darah.

4. Mengatasi Rematik
Rematik atau yang dikenal dengan nyeri artritis ini sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi rematik dapat dengan merebus daun sirsak atau menumbuk hingga halus daun sirsak secukupnya. Kemudian balurkan pada bagian tubuh yang sakit dan diamkan sekitar 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Mengobati Asam Urat
Selain rematik, asam urat juga dapat menyerang siapa saja baik usia muda ataupun tua. Untuk mengobati asam urat, maka dapat menggunakan daun sirsak sebagai obat herbanya. Caranya dengan merebus 7 lembar daun sirsak pada 2 gelas air. Kemudian rebus hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya setiap hari pada pagi dan sore selama 3 hari.

6. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang berlebihan dapat menimbulkan sebuah penyakit. Kolesterol yang dimaksudkan ini adalah kolesterol jahat. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh. Caranya dengan merebus 3 lembar daun sirsak pada 2 gelas air, kemudian diamkan hingga tersisa 1 gelas. Minumlah setiap hari secara rutin dalam waktu kurang lebih seminggu.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan senyawa pada daun sirsak ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Untuk itu diperlukan 3-5 daun sirsak kemudian rebus dalam 3 gelas air. Diamkan hingga tersisa 1 gelas. Minum secara teratur, sehingga kekebalan imun meningkat dengan sendirinya.

8. Mengatasi Jerawat
Salah satu manfaat daun sirsak ini dapat mengatasi jerawat yang timbul pada wajah. Caranya dengan menumbuk beberapa lembar daun sirsak kemudia ditambahkan dengan sedikit air. Gunakan sebagai masker pada wajah selama 15 menit. Sesudah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Selain itu kulit wajah terlihat lebih cerah dibanding sebelumnya.

9. Menghilangkan Kutu Rambut
Kutu merupakan parasit yang menempel pada rambut. Nah, untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dapat digunakan air rebusan daun sirsak. Air ini digunakan untuk keramas, hasilnya kutu akan hilang dan rambut terlihat lebih berkilau. Lakukan selama beberapa kali hingga kutu menghilang.

10. Mengobati Sakit Punggung
Sering sekali ketika terlalu banyak mengkonsumsi obat maka akan menimbulkan efek samping, salah satunya sakit punggung. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan kimia yang keras pada obat-obatan tersebut. Untuk mengobati sakit punggung akibat hal tersebut, maka rebuslah 15-20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air. Rebus hingga tersisa 3 gelas. Saring air dan minum setiap hari pada pagi dan sore hari.

11. Mengobati Eksim
Eksim atau eczema merupakan salah satu penyakit kelainan pada kulit. Eksim ini hampir mencakup seluruh kulit yang terlalu kering atau basah. Caranya mengobati eksim dengan daun sirsak yaitu dengan menumbuk daun sirsak secukupnya. Kemudian hasil tumbukan tersebut digunakan sebagai masker. Balurkan pada bagian kulit yang terdapat eksim secara teratur. Lakukan 2 kali dalam sehari hingga eksim menghilang dengan sendirinya.

12. Mengobati Batuk
Batuk yang membandel dapat diobati dengan ramuan daun sirsak. Caranya dengan meremas 5-7 lembat daun sirsak yang telah dicuci bersih. Air remasan tersebut diminum setiap pagi hari sebelum makan.

13. Mengatasi Bisul
Daun sirsak ternyata dapat digunakan untuk mengatasi bisul. Biasanya bisul ini dapat timbul dibagian wajah, leher, dan anggota badan lainnya. Untuk mengatasi bisul caranya dengan menghaluskan 3 lembar daun sirsak kemdian balurkan pada yang terdapat bisul. Lakukan secara rutin hingga bisul hilang dengan sendirinya.

Manfaat Lainnya:

14. Mengatasi kista ovarium

15. Mencegah pertumbuhan bakteri

16. Menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh

17. Mengurangi peradangan karena mengandung senyawa anti-inflamasi

18. Menurunkan panas deman

19. Menormalkan tekanan darah

20. Mengatasi masalah cacingan

21. Melancarkan peredaran darah dan Merelaksasikan otot-otot tubuh

22. Meningkatkan nafsu makan

23. Meningkatkan ASI pada ibu yang menyusui dan Menghambat mutasi gen karena mengandung anti-mutagenetik

Bentuk daun sirsak yang kecil, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar. Ternyata daun sirsak ini dapat dijadikan sebagai minuman seperti teh. Untuk membuat teh dari daun sirsak dapat dilakukan dengan merebus 5 lembar daun sirsak dengan air secukupnya kemudian ditambahkan dengan air perasan lemon.

Untuk menambah rasa manis dapat dicampurkan dengan gula atau madu. Dengan menyedu teh daun sirsak setiap hari, maka tubuh dapat terbebas dari radik bebas. Menggunakan daun sirsak ini sebaiknya dengan kadar yang tepat, artinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap optimal. Demikianlah artikel tentang Khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan, semoga berguna.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *